Bootstrap Slider
Home > Review > Smartphone > Review Asus ZenPad 7.0 Z370CG: Tablet Dengan Berbagai Back Cover Unik

Review Asus ZenPad 7.0 Z370CG: Tablet Dengan Berbagai Back Cover Unik

REVIEW SECTIONS

RELATED REVIEWS

Review ViVo V5 : Senjata Komplit Penggemar Selfie
Review POLYTRON PRIME 7S : Sentuhan Bergaya Dari Dalam Negeri
Huawei P9: Standar Baru Fotografi Smartphone
Review LG V20: Smartphone Serba Premium, Termasuk Harganya
Review Motorola Moto E3 Power: Murah Tapi Kurang Powerful
Review Samsung Galaxy J3 2016: Sederhana, Biasa, Tapi Ini Samsung
Review LG X Power: Smartphone  4G LTE Menengah dengan Baterai Ekstra Tangguh
Review Lenovo Vibe K5 Plus: Smartphone 4G LTE Dengan Fitur Virtual Reality
PLUS
/ Ukuran layar 7 inchi tidak terlalu besar, cukup nyaman dengan kualitas display bagus. Memiliki desain unik dengan back cover yang bisa diganti sesuai keinginan kita.
MINUS
/ kualitas kamera kurang maksimal namun bisa diatasi dengan memotret secara outdoor

TREND HARGA

EDITORS' RATING
7.0
OVERALL
DESAIN 8
LAYAR 7
KAMERA 6
MULTIMEDIA 7
PERFORMA 7
VALUE FOR MONEY 7
USER'S RATING
0.0
OVERALL
DESAIN 0.0
LAYAR 0.0
KAMERA 0.0
MULTIMEDIA 0.0
PERFORMA 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Tablet masih menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna smartphone, apalagi jika memiliki berbagai kelebihan unik yang tidak dimiliki oleh tablet lainnya. Memang salah satu fungsi dari hadirnya tablet yaitu untuk mengisi celah kekosongan antara smartphone dan notebook. Dengan fungsinya yang fleksibel dan sangat portabel namun juga bisa tampil intuitif layaknya notebook dengan penambahan aksesoris. Peluang ini dilihat oleh Asus dengan menghadirkan tablet terbaru mereka melalui seri Asus ZenPad 7.0 Z370CG.

Asus memang terkenal dengan produk notebook merka yang mengandalkan performa dan tampilan menarik dengan mengadopsi gaya Zen. Nah kemampuan desain laptop dan smartphone ini digabungkan dalam Asus ZenPad 7.0 Z370CG yang diposisikan untuk pasar menengah (mid-end) yang membutuhkan tablet dengan kemampuan mantap namun dengan harga rasional.

Asus-ZenPad-7.0-Z370CG-1Desain

Asus berusaha menampilkan filosofi desain “ZEN” dengan mengkombinasikan keindahan bentuk, fungsi dan kekuatan fisik sebuah produk, terlihat dari garis yang bersih, desain yang unik, serta kontur elegan yang membuatnya berbeda dibanding produk lainnya. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar untuk sebuah tablet hanya 11 x 19 cm dengan ketebalan 8,7 mm saja, tablet yang berbobot 272 gram ini nyaman ketika digenggam.

Meski bukan yang paling tipis namun bentuk ini sudah sangat ergonomis untuk memudahkan penggunaan dan juga mudah diselipkan dalam tas. Disepanjang tepian tablet juga dipasangkan frame metal sehingga menambah kesan mewah sekaligus kokoh. Frame metal ini juga berfugsi untuk menahan tekanan dari tangan atau benda lain ketika dimasukkan dalam tas.

Keunikan Asus ZenPad 7.0 Z370CG jika dibandingkan dengan tablet lainnya yaitu memungkinkan kita untuk menggonta-ganti back cover dengan berbagai casing fungsional sesuai kebutuhan kita. Sepertinya Asus sengaja menghadirkan konsep yang berbeda agar pengguna ZenPad 7.0 Z370CG mendapatkan sesuatu yang baru dan tidak banyak ditawarkan oleh tablet umumnya.

Disediakan dalam paket pembelian, back cover ini tersedia dalam beberapa model yakni Zen Clucth cover dengan material kulit, Zen Case pilihan cover punggung dalam 5 warna atraktif yang bisa dilepas-pasang. Sedangkan Power Case merupakan cover yang juga berfungsi sebagai baterai tambahan dengan kapasitas 3450mAh, bisa dibilang powerbank dalam bentuk back cover.

Back cover yang paling unik yaitu ASUS Audio Cover yang merupakan back cover dengan speaker surround 5.1 terintegrasi pertama di dunia khusus untuk tablet ZenPad. Didalam back cover seberat 211 gram terdapat 5 buah speaker mini dan sebuah subwoofer untuk menghadirkan tata audio lebih realistik dari tablet ZenPad 7.0 Z370CG. Cover audio yang juga mengusung baterai yang mampu memainkan audio hingga 6 jam ini juga berfungsi sebagai dudukan tablet, speaker eksternal ini cocok digunakan untuk mereka yang butuh output audio lebih bertenaga kala ZenPad 7.0 Z370CG digunakan untuk keperluan multimedia.

Asus ZenPad 7.0 Z370CGDisplay

Salah satu faktor penting dari sebuah tablet terletak pada kualitas layarnya, karena tujuan kita memiliki tablet yaitu ingin mendapatkan tampilan layar yang luas. Ukuran layar 7 inchi memang termasuk dalam ukuran ‘tanggung’, secara tampilan sulit menyebutnya sebagai tablet tapi juga kurang pas memasukkannya dalam kategori smartphone.

Asus sepertinya sangat peduli terhadap fasilitas utama dari sebuah tablet ini, tidak main-main, layar 7 inchi Asus ZenPad 7.0 Z370CG dilengkapi dengan teknologi VisualMaster untuk mengoptimalkan seluruh aspek tampilan, termasuk kontras, ketajaman, warna, kejernihan dan kecerahan. Salah satu komponen dari VisualMaster yaitu penggunaan panel IPS yang memberikan sudut pandang lebar hingga 178o sehingga reproduksi warna serta gambar terlihat natural dan tetap nyaman dilihat dari viewing angle berbeda.

Komposisi layar juga cukup luas dengan porsi 72% dari keseluruhan permukaan bodinya. Untuk pengaturan warna diserahkan pada komponen ASUS Splendid yang dapat mengatur intensitas warna yang ditampilkan ke layar sesuai kebutuhan. Solusi VisualMaster lainnya yaitu ASUS TruVivid yang berguna dalam meningkatkan kejernihan sekaligus respon sentuhan pada layar.

Tampilan layar dibawah terik matahari juga masih dapat terlihat dengan nyaman karena penerapan fitur ASUS Tru2Life yang mampu mendeteksi kondisi cahaya sekitar untuk kemudian melakukan pengaturan display otomatis. Keseluruhan kinerja komponen dan fitur layar ini mampu berkolaborasi dengan baik sehingga tampilan layar 7inchi IPS beresolusi 1280×800 dengan kedalaman 216 Pixel per inch masih bisa tetap terlihat tajam dan bisa dimaksimalkan buat bermain game dan  menonton film. Layar ini pun diperkuat lapisan Gorilla Glass untuk mencegah goresan benda tajam.

Asus ZenPad 7.0 Z370CGMultimedia

Tidak hanya layar yang tajam, salah satu elemen penting yang banyak diharapkan oleh pengguna gadget adalah pada kualitas suara. Apalagi tablet yang banyak digunakan untuk memutarkan file multimedia sudah pasti kita berharap akan kualitas audio yang bagus. Untuk urusan audio, ASUS ZenPad 7.0 Z370CG mengandalkan teknologi SonicMaster namun sayangnya, kualitas suara yang terpancar dari speaker bawaannya masih kurang begitu memuaskan. Namun berbeda ketika menggunakan back audio cover, bantuan speaker yang besar di back cover mampu menyemburkan suara yang jauh lebih baik.

Menggunakan headset juga lebih enak terdengar, mungkin karena teknologi DTS-HD Premium Sound yang mampu mengubah suara stereo menjadi suara surround virtual (suara dari banyak arah) sehingga suasana akan lebih realistis. Suara surround inipun bisa dinikmati hingga 360o penuh dengan memakai headphone. Inilah tablet pertama didunia yang mengusung teknologi DTS-HD yang umumnya muncul di perangkat premium.

Untuk meningkatkan kemampuan audiolebih lanjut, ASUS juga menyertakan aplikasi AudioWizard yang menawarkan konfigurasi khusus sesuai kebutuhan kita. Pengaturan audio dapat dioptimalkan secara otomatis ketika kita ingin nonton film, bermain game, atau merekam percakapan. Selebihnya, kita bisa menemukan radio FM dan pemutar video untuk melengkapi sektor hiburan berbasis audio dan visual.

Asus-ZenPad-7.0-Z370CG-3OS dan Antarmuka

ASUS ZenPad7.0 Z370CG hadir dengan platform Android versi Lollipop (5.0.2) yang disempurnakan dengan antar muka khas buatan Asus yang bernama “ZenUI”. ZenUI ini tampil dengan layar pengunci dan wallpaper baru, launcher dan icon lebih segar, hingga tampil berbeda dibandingkan kompetitor. Konsep ZenUI dirancang agar navigasi menjadi lebih efisien, menampilkan sentuhan icon-icon bergaya flat moderen, warna-wana cerah, animasi, ringtone, dan notifikasi terbaru.

ZenUI hadir dengan 35 aplikasi standar bawaan yang menerapkan icon beranimasi pada beberapa aplikasi yang dapat memberikan informasi seketika (realtime) pada desktop seperti cuaca dan kapasitas baterai. Jika sudah terlalu banyak aplikasi yang ter-install, kita juga bisa mengaktifkan Smart Folders/Groups dimana berbagai aplikasi akan dikumpulkan sesuai kategorinya seperti Bisnis, Komunikasi, Fotografi, hingga Game. Cara ini relatif membuat tampilan setiap aplikasi lebih ringkas.

Salah satu fitur menarik yang sebelumnya hanya terdapat pada smartphone kini juga dihadirkan dalam tablet ZenPad 7.0 Z370CG yaitu fitur ZenMotion, dengan fitur ini kita bisa langsung mengaktifkan fungsi/aplikasi tertentu cukup dengan melukiskan kode huruf di layar meskipun tablet dalam kondisi layar off, kita juga bisa mengetuk ganda layar untuk membuka (Screen on) atau menutup layar dengan cepat (Screen off).

Jalankan aplikasi Kids Mode untuk membuat area khusus bagi anak saat menggunakan tablet ZenPad. Mode ini juga menyertakan browser ter-filter yang dapat diawasi dan juga kode PIN untuk mengunci akses penuh. Kita juga bisa mengatur batas pemakaian bagi anak. Kids Mode juga membatasi akses pada YouTube, menghilangkan pornografi, atau pun layanan jual-beli online seperti eBay yang tergolong beresiko pada anak.

Fitur lain yaitu SnapView, yang memungkinkan kita untuk membuat 2 akun dengan tampilan berbeda namun tetap dapat saling berpindah satu sama lain. Misalkan, akun satu untuk keperluan personal dan akun lainnya untuk pekerjaan. Aplikasi dan file seperti foto, video, musik, dan email pada akun pemilik (owner’s) tak akan bisa diakses ketika tablet dalam mode SnapView. Meski begitu, notifikasi pesan dari kedua akun ini tetap akan muncul agar kita tetap bisa memantau kedua akun secara bersamaan.

Asus-ZenPad-7.0-Z370CG-7Kamera

Meski didesain sebagai tablet entry level yang terjangkau, ZenPad 7.0 Z370CG tetap dibekali kamera untuk kebutuhan fotografi ringan dengan kamera depan 2MP dan kamera belakang 5MP (autofocus). Untuk mendukung kamera yang beresolusi kurang tinggi tersebut, tablet ini mengadopsi teknologi kamera PixelMaster. Dengan sistem PixelMaster ini, kita bisa memaksimalkan pemotretan termasuk melakukan proses editing secara langsung dan dibagikan (share) ke cloud, antar perangkat, atau ke social media.

Kamera utama (belakang) ZenPad 7.0 Z370CG dilengkapi dengan 15 mode foto dan 8 mode untuk kamera depan. Masing-masing mode ini menawarkan fitur seperti “Low-Light”Mode untuk memotret dalam pencahayaan rendah, “HDR” untuk menghasilkan foto lebih cemerlang, “Beautification” untuk meningkatkan kualitas foto portrait/wajah dan mempercantik area tertentu seperti bagian kulit, mata, dan bagian dagu.

Para penggemar selfie juga bisa memanfaatkan mode “Selfie” dengan jangkauan yang luas melalui kamera depan sehingga banyak orang yang bisa masuk dalam fokus foto Anda. Beberapa mode kamera lain yang disediakan yaitu mode “Time Rewind” untuk merekam adegan beberapa detik sebelum dan setelah tombol rekam ditekan. Cocok buat mereka yang sering ketinggalan momen saat memotret atau antisipasi agar tidak kehilangan momen terbaik saat memotret. Lalu ada juga mode “Smart Remove” yang bisa menghapus obyek yang tak diinginkan selain hanya obyek pilihan kita.

Hasil Foto:

#leaf #yellow #green #arenalte #asuszenpad7 #asusindonesia

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

#breakfast #coffee #sandwich #arenalte #asuszenpad7 #asusindonesia

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

Asus ZenPad 7.0 Z370CG

Performa

ASUS ZenPad 7.0 Z370CG ditenagai oleh prosesor Intel generasi terbaru Atom x3-C3200 Quad-Core yang dikenal dengan nama kode SoFIA. Inilah SoC (System on Chip) 64-bit yang hemat daya dan khusus ditujukan bagi perangkat bermobilitas tinggi seperti smartphone dan tablet. Dengan dukungan dapur pacu kelas menengah, kita harus maklum jika smartphone ini cukup gesit untuk menjalankan aktivitas yang tak terlalu berat. Tapi begitu sudah berhadapan dengan grafis berat serta aplikasi yang bobotnya tinggi maka bakal ada gangguan seperti lagging.

Untuk memperkuat kinerjanya, ASUS ZenPad 7.0 Z370CG didorong dengan RAM 2GB, sementara untuk penyimpanan file, musik atau video, Asus menyediakan memori penyimpanan internal 16 GB dan dukungan slot memori eksternal hingga 128 GB. Asus juga menyediakan layanan penyimpanan berbasis cloud di ASUS WebStorage dengan kapasitas gratis sebesar 5GB yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai data termasuk foto dan video.

Untuk daya tahan, tablet ini mengusung baterai Li-Polymer 3.450 mAh yang memiliki daya tahan pemakaian 8 jam. Dengan modul ASUS Power Case pun membuatnya mencapai pemakaian hingga 14 jam.

Asus ZenPad 7.0 Z370CGKonektivitas

Untuk urusan konektifitas, ASUS ZenPad 7.0 Z370CG sudah mendukung koneksi data sekelas HSDPA (900/2100/850/1900 MHz) yang bisa ngebut hingga kecepatan maksimal 21 Mbps. Namun sangat disayangkan tablet ini belum mendukung jaringan 4G LTE yang sudah mulai ramai di pasar Indonesia. Selain itu, konektivitas seperti Bluetooth 4.0, AGPS, and 802.11 b/g/n/a Wi-Fi pun sudah terintegrasi dalam tablet ini.

Asus ZenPad 7.0 Z370CGValue for Money

ASUS ZenPad 7.0 Z370CG bisa dibilang merupakan posisi ditengah-tengah antara tablet dengan smartphone karena hanya memiliki layar berukuran 7 inchi saja. Posisi ini menjadikan ASUS ZenPad 7.0 Z370CG sangat cocok dipakai untuk menonton video dan dipakai bermain game. Apalagi tablet ini benar-benar fokus pada performa display dan keluaran audionya khususnya jika menggunakan back audio cover dan headset. Dengan bandrol harga hanya sekitar 1,5 jutaan rupiah saja dan spesifikasi yang dimilikinya, tablet ini masih cukup pantas untuk dijadikan pilihan bagi kalian yang membutuhkan tablet.

USER REVIEWS

sort by | date | rating