Bootstrap Slider
Home > Review > Smartphone > Acer Liquid Z320: Harga Terjangkau dengan Fitur Audio Handal

Acer Liquid Z320: Harga Terjangkau dengan Fitur Audio Handal

REVIEW SECTIONS

RELATED REVIEWS

Review ViVo V5 : Senjata Komplit Penggemar Selfie
Review POLYTRON PRIME 7S : Sentuhan Bergaya Dari Dalam Negeri
Huawei P9: Standar Baru Fotografi Smartphone
Review LG V20: Smartphone Serba Premium, Termasuk Harganya
Review Motorola Moto E3 Power: Murah Tapi Kurang Powerful
Review Samsung Galaxy J3 2016: Sederhana, Biasa, Tapi Ini Samsung
Review LG X Power: Smartphone  4G LTE Menengah dengan Baterai Ekstra Tangguh
Review Lenovo Vibe K5 Plus: Smartphone 4G LTE Dengan Fitur Virtual Reality
PLUS
/
  • Dual SIM Card
  • Multimedia berkualitas
MINUS
/
  • Desain standard
  • Kamera biasa
  • Belum mendukung koneksi internet 4G LTE

TREND HARGA

EDITORS' RATING
6.9
OVERALL
DESAIN 6.5
LAYAR 6.8
KAMERA 7
MULTIMEDIA 7.3
PERFORMA 7
VALUE FOR MONEY 7
USER'S RATING
0.0
OVERALL
DESAIN 0.0
LAYAR 0.0
KAMERA 0.0
MULTIMEDIA 0.0
PERFORMA 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Sudah sangat sulit menghitung smartphone terbaru harga sejutaan di pasaran, jumlahnya melimpah. Jangan salah lho, saking banyaknya, memilih yang terbaik sesuai kebutuhan kita pun jadi menguras tenaga dan pikiran. Belakangan, Acer ikut meramaikan hiruk pikuknya smartphone di segmen sejutaan dengan produk terbarunya Acer Z320.

Acer Z320 adalah salah satu seri untuk segmen entry level yang mengandalkan layar seluas 4,5 inci. Acer Z320 adalah salah satu dari sekian produk yang dirilis Acer di ajang IFA 2015, Berlin, Jerman pada September 2015 lalu. Tak menunggu waktu lama, ternyata seri ini sudah masuk Indonesia dan inilah review Acer Liqud Z320.

Desain

acer liquid z320Acer Liquid Z320 menawarkan desain curve yang dinamis namun tetap kompak sehingga nyaman digenggam. Smartphone ini dibalut material casing berbahan plastik dengan lis tipis berkonsep krom mengelilingi bodinya. Bentuk fisiknya biasa-biasa saja, casing belakangnya dirancang dari plastik tipis bertekstur kesat sehingga tak mudah tergelincir saat kita pegang.

Tak ada touch pad untuk navigasi di area bawah layar, jadi fungsi back, home dan recent app/menu langsung menggunakan tombol sentuh virtual yang hanya muncul saat layar ponsel aktif. Oh ya, sidik jari kita sangat mudah membekas di layar, jadi kamu mesti rajin-rajin mengelapnya jika ingin tetap kinclong.

Aspek yang sedikit berbeda adalah earpiece yang posisinya berada di atas layar sentuh. Semula saya mengira itu adalah kamera yang posisinya di tengah atas, dengan bentuknya yang bulat besar. Acer seperti ingin menonjolkan jika kualitas suara menjadi salah satu andalan ponsel ini.

Display

acer liquid z320 (4)Acer mengklaim jika layar pada Liquid Z320 dilengkapi dengan Acer BlueLight Shield. Teknologi ini membuat mata kamu tidak akan cepat lelah saat memandangi layar smartphone dalam waktu yang cukup lama. Dan saya buktikan ternyata memang cahaya yang memancar dari layar pun tak terlalu menusuk dan menyilaukan.

Tampilan yang tercetak di layar 4,5 inci pada smartphone ini bisa dibilang tak terlalu tajam dan detil. Fontasi yang ukurannya kecil terlihat kurang halus dan masih berbentuk grid. Ini lantaran kerapatan pikselnya yang tak terlalu tinggi. Tapi untuk kualitas warna dan tingkat kecerahan layar masih bisa diandalkan.

Acer Liquid Z320 sendiri memang hanya menawarkan resolusi FWVGA (480×854 piksel). Tapi kualitas layarnya masih cukup terjaga karena smartphone ini mengadopsi panel sentuh IPS (In Plane Switching) kapasitif .

Dalam kondisi outdoor di luar ruangan,  pengaturan brightness harus maksimal karena saat tertimpa sinar matahari langsung visualnya jadi kabur kalau tingkat kecerahannya rendah. Layar ponsel masih cukup responsif terhadap sentuhan, cukup dengan menyentuh ringan saja sudah bisa merespon denan baik.

OS & Antarmuka

Tampilan antarmuka pada smartphone ini tetap bernuansa Android, hanya saja ikon dan fontasi dirancang berbeda. Panel homescreen pada Acer Liquid Z320 ini bisa ditambahkan sesuai kebutuhan. Lantas saat mengakses app drawer, kita akan mendapati halaman menu yang berisi koleksi aplikasi dengan ikon yang berjajar dalam skema grid 4×5.

Antarmuka Acer Liquid Z320 bersandar pada OS Android 5.1 Lollipop. Dari pengamatan ArenaLTE.com, tampilannya bersahabat, gampang dikelola dan tak jauh berbeda dengan Android pada umumnya. Smartphone ini mengadopsi Liquid UI terbaru untuk memberikan tampilan antarmuka custom yang berbeda dari Android pada umumnya.

Acer menanamkan juga Wizard Liquid yang memberikan kemudahan setting wallpaper, musik, thema dan lain-lain dari satu tempat saja. Beberapa fitur unik seperti kalkulator mengapung, catatan mengapung dan kalender mengapung membuat kita bisa menampilkan kalkulator, catatan, kalender di jendela kecil yang muncul secara pop up di atas layar utama.

Kamera Acer Liquid Z320

Kamera depannya sudah ditunjang dengan resolusi 5 MP. Selain memotret, kita bisa memanfaatkan kamera ponsel ini untuk melakukan aktivitas video call dan merekam video, tapi kualitasnya hanya standar saja. Gambar yang dihasilkan fokus meski sedikit gelap, ada sedikit noise meski sudah didukung auto fokus. Untung saja dalam kondisi gelap LED flash pada Acer Liquid Z320 bisa membantu.

Di bagian depan tertanam kamera berkekuatan 2 megapiksel yagn sudah dilengkapi fixed focus. Untuk dipakai selfie masih cukup bisa diandalkan. Tapi jangan terlalu mengharapkan hasil yang maksimal dengan jepretan kamera depannya. Tapi kamera depan ini didukung Voice Camera Control sehingga kamu dapat mengambil foto selfie cukup dengan perintah suara saja, tidak perlu repot lagi menekan tombol kamera pada layar.

Multimedia

Acer memang kelihatan ingin menonjolkan sektor audio dari smartphone murah ini. Di sektor multimedia, Acer Liquid Z320 menawarkan performa optimal. Pemutar musik di smartphone ini sudah dibekali dengan DTS studio sound untuk keluaran suara optimal. Kualitas suara dari speaker stereonya menghasilkan suara renyah di telinga dan cukup lantang.

Smartphone ini juga sudah ditunjang dengan equalizer untuk mengatur kondisi suara sesuai selera. Kamu bisa memilih sendiri variasi set suara atau mengatur sendiri fitur seperti peningkatan bass atau surround sound. Beralih pada pemutar video, Anda dapat menonton video dalam beragam format populer. Tak ketinggalan Acer menyelipkan radio FM.

Fitur Acer Liquid Z320

Acer membenamkan beberapa widget khusus dan aplikasi buatan. Dikemas dalam satu folder khusus, Acer menawarkan berbagai aplikasi mulai dari Acer Portal, abFiles, abMusic, abPhoto hingga Quick Guide. Tak ketinggalan disediakan lampu senter serta kumpulan aplikasi standar Google yang berisi YouTube, Chrome, Gmail hingga Maps.

Jika kamu ingin meminjamkan smartphone ke anak-anak, Acer Liquid Z320 memiliki fitur Kids Center yang sudah pre-install di dalam perangkat yang berisi konten khusus anak-anak sehingga anak-anak hanya dapat mengakses aplikasi atau web yang sesuai dengan umurnya.

Performa

Untuk pengoperasian normal, aksi Acer Liquid Z320 masih bisa dibilang cukup handal. Game bawaan yang dibenamkan dalam ponsel ini seperti Dazzle Dash, Ninja Up ! hingga Puzzle Pet bisa dimainkan dengan lancar. Tapi jangan terlalu berharap Acer Liquid Z320 bisa gesit untuk bermain game berat atau menjalankan akfititas multi tasking yang massif. Ada sedikit lag dan tersendat yang kadang-kadang terasa mengganggu.

Mengintip bagian jantung Acer Liquid Z320, maka tersingkap chipset Qualcomm Snapdragon 201 MSM8209 quad-core, CPU ARM Cortex-A7 dan GPU Adreno 304. Memiliki clockspeed 1.1GHz bersanding dengan 1GB RAM dan memori internal 8GB. Sang vendor memberi nafas tambahan buat penyimpanan data dengan menyisipkan pula slot microSD.

Performanya tak terlalu bisa diandalkan namun juga tak bisa dianggap enteng. Lebih jauh lagi, smartphone ini menawarkan baterai Lithium-Polymer berkapasitas 2.000 mAh yang sudah cukup memasok daya untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk pemakaian normal bisa bertahan 9-10 jam.

Konektivitas

Smartphone ini belum mendukung jaringan 4G LTE tapi baru sebatas menawarkan koneksi data 3G/HSDPA. Konektivitas Acer Liquid Z320 antara lain sambungan nirkabel wifi dengan kapabilitas portable hotspot, bluetooth dan tentunya sambungan microUSB.

Buat kamu yang termasuk hobi mengoleksi kartu operator seluler, Acer Liquid Z320 menawarkan dua slot kartu micro SIM. Smartphone ini juga sudah support opsi menjalankan 2 kartu SIM aktif secara bersamaan.

Value for Money

Acer Liquid Z320 menjadi sebuah alternatif segar di segmen entry level dengan harga jual sejutaan. Dengan bujet yang tak terlalu tinggi, Acer Liquid Z320 menawarkan smartphone yang dijejali berbagai fitur yang rasional, sesuai kebutuhan pengguna yang ingin sebuah produk lengkap.

Namun, banyak pesaing lain yang siap mengancam dengan rentang harga tak jauh berbeda. Beberapa keunggulan seperti sektor audio kelas atas serta disain yang tak terlalu mengecewakan bisa menjadi andalan. Selain itu, brand Acer yang dikenal sebagai produsen PC asal Taiwan menambah jaminan tersendiri dibanding seri keluaran lokal atau produk Tiongkok pada umumnya.

USER REVIEWS

sort by | date | rating