Bootstrap Slider
Home > Review > Operator > Loop, Kartu Andalan Telkomsel untuk Anak Muda

Loop, Kartu Andalan Telkomsel untuk Anak Muda

RELATED REVIEWS

Review MyXL, Aplikasi Self-Care Untuk Jelajah Paket Layanan XL Axiata
True Unlimited Smartfren, Paket Data Sepuasnya Layaknya Restoran All You Can Eat
MyTelkomsel: Aplikasi Informatif Pengguna Kartu Telkomsel dengan Dua Sistem Keamanan
Aplikasi BimaTRI, Pengingat Digital untuk Pelanggan Operator Tri  
SmartCall: Aplikasi VoIP untuk Panggilan Telepon dengan Nomor Virtual
Dompetku, Permudah Transaksi Keuangan Non Tunai Pelanggan Indosat
Langit Musik, Nikmati Musik Digital Secara Legal
MySmartfren, Solusi Pelanggan Menikmati Semua Layanan Smartfren
PLUS
/ Paket layanan yang ditawarkan cukup menggiurkan, bisa berbagi kuota akses data sesama komunitas. Tarif yang ditawarkan masih terbilang terjangkau, dilihat dari jangkauan koneksi diluar kota yang sudah lebih baik dari operator lain.
MINUS
/ Tarif masih ditawarkan berdasarkan zonasi atau perwilayah, membutuhkan registrasi ganda tidak bisa hanya melalui registrasi nomor ponsel saja. Sulit menjangkau pengguna lain untuk gabung dalam komunitas.
EDITORS' RATING
7.1
OVERALL
AKTIVASI/SETUP 7
FITUR/LAYANAN 7
VALUE/MANFAAT 7
KINERJA / KUALITAS 7.5
USER'S RATING
0.0
OVERALL
AKTIVASI/SETUP 0.0
FITUR/LAYANAN 0.0
VALUE/MANFAAT 0.0
KINERJA / KUALITAS 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Anak muda dianggap sebagai segmen yang unik. Penggunaan perangkat dan pendayagunaannya memiliki ciri khas tersendiri. Telkomsel melihat ceruk pasar ini belum terjamah maksimal padahal potensinya besar. Terlebih operator lain ada yang sudah kuat di segmen ini. Untuk itu, mereka menghadirkan Telkomsel Loop, kartu prabayar baru yang dirancang khusus untuk anak muda.

Telkomsel Loop dihadirkan sejak 2014 lalu. Dilihat dari layanan yang ditawarkan, menyiratkan bahwa pengguna muda dan komunitasnya memang menjadi target perusahaan. Pasalnya, dalam promo yang ditawarkan operator menyajikan paket berbagi akses internet serta tarif yang dianggap masih terjangkau oleh pengguna muda, sebanding dengan loyalitas yang dimiliki pengguna muda mengenai pemakaian pulsa.

Keberadaan Loop berarti menambah jajaran kartu perdana Telkomsel yang sudah ada yakni Kartu Halo (paska bayar), simPATI (prabayar), dan Kartu As (prabayar). Seperti halnya paket layanan dari operator lain, produk inipun memiliki kelebihan dan kekurangan baik dari pemakaian maupun besar tarif yang digunakan. Namun, itu tidak menjadi fokus yang perlu dikhawatirkan, karena Telkomsel Loop juga menawarkan fitur lainnya yang memang bersegmentasi untuk kaum muda.

Registrasi

Kartu perdana Telkomsel Loop tentu saja bisa digunakan untuk semua jenis ponsel. Namun jika ingin mendapatkan dan menjalankan fitur maupun melakukan aktivitas dalam forum komunitas pengguna Loop, smartphone merupakan perangkat yang paling direkomendasikan.

Registrasi yang digunakan juga tidak berbeda jauh dengan aktivasi pengguna kartu lainnya. Pelanggan diwajibkan terlebih dahulu mendaftarkan biodata lengkap. Halaman aktivasi biodata akan tampil pada tampilan utama saat ponsel aktif, dengan melampirkan beberapa form halaman menu untuk meminta data pengguna diisi. Pendaftaran aktivasi kartu bisa dilakukan dengan cara lainnya, seperti mengirimkan data lengkap melalui SMS ke 4444.

Setelah melakukan aktivasi biodata dan nomor pengguna, langkah selanjutnya pengguna bisa mengaktifkan akun dalam situs loop.co.id. Aktivasi dalam laman situs ini diperlukan agar pengguna bisa mengikuti promo maupun layanan yang disediakan oleh operator langsung.

Fitur Telkomsel Loop

Loop reviewSaat mengaktifkan kartu perdana dan selesai melakukan aktivasi layanan, pengguna akan diberikan gratis akses internet sebesar 3MB selama sebulan. Namun, bila paket gratis ini telah habis kuota atau masa aktifnya, pengguna akan diberikan informasi dan jika ada penggunaan akses data maka akan dikenakan tarif layanan standar yang akan memotong pulsa pengguna.

Untuk daftar produk layanan Loop, Telkomsel menyajikan akses layanan melalui dial nomor ke *567#. Kode USSD ini, akan menampilkan informasi seputar layanan yang dapat digunakan oleh pengguna, namun perlu dipastikan bahwa nomor ponsel yang didaftarkan sudah teregistrasi oleh sistem sehingga pengguna bisa mengikuti beragam promo yang disajikan.

Akan muncul informasi pemberitahuan perihal nomor yang belum teregister tersebut, pengguna bisa mengaktifkannya melalui profil akun yang dimiliki pada situs Loop. Biasanya, nomor ponsel yang diregisiter ulang atau diaktivasi ulang akan membutuhkan waktu 1×24 jam untuk aktif.

Paket layanan Loop

Untuk mengetahui paket layanan yang diberikan operator, pengguna bisa mengaksesnya melalui kode USSD melalui akses dial ke *567# maka daftar paket layanan akan tersaji dalam menu pop-up tersebut. Ada delapan menu paket layanan yang dapat digunakan khusus oleh pengguna kartu Loop, diantaranya adalah :

Loop Sharing-an

Paket layanan sharing-an ini hadir untuk berbagi koneksi data kepada grup pengguna, mirip seperti fungsi berbagi pulsa yang ada dalam paket layanan produk operator lainnya. Hanya saja, dalam paket sharing-an ini pengguna hanya diberikan akses berbagi data koneksi yang akan dibeli. Untuk berbagi akses data tersebut, pengguna diberikan pilihan untuk maksimal 5 pengguna dan minimal untuk 3 pengguna.

Caranya cukup mudah, masuk kemenu USSD dengan tombol dial *567# kemudian pilih menu 1, kemudian akan tampil halaman pop-up baru untuk meminta pengguna membuat grup Loop Sharing-an.

Buat nama grup pengguna atau edit grup yang ada, melalui menu yang telah ditampilkan dalam halaman pop-up tersebut. Selanjutnya pengguna akan diperintahkan untuk memasukkan nomor ponsel grup Loop, sesuai dengan jumlah keanggotaan yang dipilih. Berikut daftar biaya atau tarif layanan yang ditampilkan.

Paket value Zone Price/ Tarif (Rp)
Paket InternetSharing-an Grup-5 2.5 GB (kuota berdasarkan kota aktifasi paket oleh ketua grup)  untuk 30 hariKeterangan:500 MB setiap member untuk 5 anggota 1 40000
2 45000
3 50000
4 50000
5 50000
6 55000
7 55000
8 60000
9 60000
10 60000
11 65000
12 70000
5 GB (kuota berdasarkan kota aktifasi paket oleh ketua grup)  untuk 30 hariKeterangan:1 GB setiap member untuk 5 anggota 1 80000
2 85000
3 90000
4 90000
5 90000
6 95000
7 95000
8 100000
9 100000
10 100000
11 105000
12 110000
Paket InternetSharing-an Grup-3 1,5 GB (kuota berdasarkan kota aktifasi paket oleh ketua grup)  untuk 30 hariKeterangan:500 MB setiap member untuk 3 anggota 1 25000
2 30000
3 35000
4 35000
5 35000
6 40000
7 40000
8 45000
9 45000
10 45000
11 50000
12 55000
3 GB (kuota berdasarkan kota aktifasi paket oleh ketua grup)  untuk 30 hariKeterangan:1 GB setiap member untuk 3 anggota 1 50000
2 55000
3 60000
4 60000
5 60000
6 65000
7 65000
8 70000
9 70000
10 70000
11 75000
12 80000

 

Hot Promo

Paket layanan Telkomsel Loop lain yang ditawarkan adalah Hot Promo. Namun sayangnya, sepertinya paket ini tidak selalu menetap setiap bulannya, karena terkadang paket yang disajikan di dalamnya selalu berubah.

Pada bulan ini, paket yang disajikan adalah Loop GigaChat yang menawarkan layanan aktif chating via Line, WhatsApp, BBM dengan tarif Rp30 ribu per bulan. Paket lainnya adalah SODA (Song and Data), Hot Game untuk informasi mengenai game baru yang bisa dimainkan pengguna. Serta paket informasi mengenai artis lainnya, seperti LYLA, dan paket untuk memasang nada sambung pribadi (NSP) yang saat ini sedang memainkan lagu ada apa dengan cinta (AADC).

Internet

Dalam paket layanan Telkomsel Loop selanjutnya yang masih menjadi fitur ini adalah paket layanan Internet. Didalamnya pengguna akan ditawarkan beragam layanan lain, seperti tarif Internet Loop yang akan dikenakan biaya tergantung dari pilihan besaran kuota yang akan digunakan. Serta paket BlackBerry Loop, untuk mengaktifkan layanan BlackBerry dalam masa aktif penggunaan 1 hari, 7 hari, 30 hari.

SmauLOOP

Paket layanan SmauLOOP yang dicantumkan dalam menu layanan adalah paket yang dapat dikombinasikan pengguna. Di dalamnya bisa digunakan untuk memilih kombinasi paket untuk SMS, Internet, dan Telefon yang bergantung dari tarif pemilihan kombinasi paket itu sendiri.

Cara mendaftarkannya  adalah dengan mengakses kembali menu USSD Loop, lakukan dial *567# kemudian pilih menu SmauLOOP lalu buat nama paket yang diinginkan kemudian share di situs media sosial yang dimiliki pengguna seperti Facebook, Twitter.

Namun perlu diingat, paket layanan ini tidak berlaku untuk tiga kota Indonesia, seperti Maluku, NTT, dan Papua.

Hiburan Seru

Seperti halnya Hot Promo, pengguna akan disajikan dengan nama paket yang berbeda dan kemungkinan besar nama paket ini juga akan berganti setiap bulannya. Paket Hiburan Seru sendiri sebenarnya adalah paket value added service, paket tentang layanan informasi seputar selebritis, saat ini yang terdaftar dalam layanan adalah Aliando, Afgan, Raisa, Pevita Pearce, Cita Citata, Denny Cagur, Nikita Willy. Untuk mengaktifkan paket ini, pengguna akan dikenakan tarif layanan informasi sebesar Rp330 per SMS dan pengguna akan mendapatkan 2 kali SMS dalam 90 hari.

Int’l Roaming

Seperti namanya, paket layanan ini lebih diperuntukkan untuk pengguna Tanah Air yang ingin pergi ke luar negeri, seperti mengetahui tarif roaming yang berlaku di suatu negara atau cara melakukan aktivasi layanan di negara tersebut. Menu paket ini memberikan keuntungan dengan memudahkan sistem migrasi nomor dari satu negara ke negara lainnya, sehingga tidak perlu dan lebih mudah mengetahui tentang informasi seputar roaming yang ditetapkan.

Telkomsel Poin

Pada daftar menu paket layanan ini, pengguna hanya akan disajikan mengenai cek poin, hot promo, produk Telkomsel, produk digital, pilihan merchant, merchant setempat, Airport lounge, dan Online shopping yang bisa diakses sebagai informasi layanan menu Loop.

Tcash & Lain

Dalam daftar paket layanan ini, pengguna akan disajikan dua daftar layanan paket. Salah satunya adalah Tcash, dan menu comunnity Namun sayang kedua menu tidak bisa diakses sembarang, seperti halnya Community yang hanya diperuntukkan untuk pengguna Community TMC, sedangkan Tcash bisa digunakan untuk mengisi ulang saldo pembayaran dan melakukan aktivitas pembayaran melalui pembayaran digital Telkomsel tersebut.

Kinerja Loop

Secara keseluruhan promo atau paket layanan Telkomsel Loop, memang cocok digunakan untuk kaum muda adalah akses berbagi kuota Loop Sharing-an. Paket layanan ini cukup menarik karena bisa berbagi kuota data untuk satu grup yang terdiri dari lima atau tiga orang, pas dengan kaum muda yang juga gemar berkelompok.

Akses kecepatan internet yang diberikan juga lumayan kencang untuk diluar kota, rata-rata kecepatan bisa mencapai 2 hingga 4 Mbps untuk download. Sedangkan untuk upload bisa mencapai 1Mbps.

Namun sayangnya, untuk wilayah di Jakarta khususnya daerah Jakarta Timur wilayah Matraman tidak bisa dijangkau dengan baik oleh Telkomsel. Sinyal bar untuk wilayah ini hanya mampu dipenuhi dua atau tiga saja, itu pun jika berada di luar rumah. Mestinya, di daerah yang belum dipenuhi dengan gedung tinggi tersebut, masih bisa dijangkau dengan baik oleh Telkomsel.

Value for Money

Kaum mudi yang biasanya gemar dengan layanan VAS, bisa menjadikan Telkomsel Loop ini sebagai kartu utama. Apalagi ada beberapa Hot Promo yang terkadang memberikan tawaran yang cukup menarik, info mengenai berita terhangat selebritis selalu ter-update. Selain tentunya jangkauan untuk wilayah luar Jakarta memang sudah cukup ter-coverage dengan baik oleh Telkomsel.

Tetapi, Telkomsel yang menerapkan tarif sesuai zonasi atau wilayah dirasa kurang adil. Karena seolah hanya menguntungkan beberapa titik wilayah saja. Meski tarif zonasi itu tergantung dengan seberapa cepat koneksi yang didapat.

USER REVIEWS

sort by | date | rating
0.0
MyTelkomsel: Aplikasi Informatif Pengguna Kartu Telkomsel dengan Dua Sistem KeamananArenaLTE.com 10 Nov 15, 19:19
[…] Setelah proses instalasi berjalan, pengguna bisa langsung menjalankan aplikasi MyTelkomsel. Tentunya dengan syarat pengguna harus terhubung ke internet baik melalui jalur koneksi WiFi Hotspot maupun data operator. Selain itu, kewajiban utama untuk bisa masuk dalam aplikasi ini adalah pengguna harus memiliki kartu Telkomsel. Semua produk kartu operator merah ini yang bisa digunakan dalam aplikasi adalah kartu Flash, AS, Simpati, maupun Loop bisa digunakan di dalamnya. Baca juga: Loop, Kartu Andalan Telkomsel untuk Anak Muda […]
0.0
Telkomsel Gelar Loop Kepo Big Bang 2015, Kompetisi Digital Untuk Anak MudaArenaLTE.com 09 Nov 15, 13:55
[…] Looo Kepo Big Bang diadakan di 4 kota di Indonesia, yaitu di Medan (Santika Dyandra Convention Centre, pada 8 November 2015), Bandung (Trans Studio Mall, pada 15 November 2015), Surabaya (GOR DBL, pada 22 November 2015), dan Makassar (GraPARI,  pada 28-29 November 2015). Di ajang Loop Kepo Big Bang di Bandung (15 November 2015)  dan Surabaya (22 November 2015),  anak muda berkesempatan mengikuti YouTube Broadcast Box dimana para pengunjung dan kreator dapat mempelajari kemudahan membuat dan mengunggah video ke situs YouTube dengan panduan langsung dari pakar video. Baca: Loop, Kartu Andalan Telkomsel untuk Anak Muda […]