ArenaLTE.com – BimaTRI awalnya merupakan aplikasi pengingat digital dari operator Tri untuk pelanggannya yang dilengkapi dengan fitur push notification. Sehingga bisa menginformasikan pengguna akan sisa pulsa dan pemakaian kuota data pengguna langsung. Namun pada perkembangannya, aplikasi ini lebih condong seperti pramusaji yang menawarkan beragam  produk layanan bernafas value added services (VAS) yang ada didalamnya. Review aplikasi Bimatri ini akan mengulas lebih detail mengenai berbagai fitur yang disediakan.

Aplikasi BimaTRI sudah tersedia untuk tiga platform mobile yang ada, seperti halnya untuk BlackBerry, iOS, dan Android yang dapat diakses pada layanan toko aplikasi masing-masing platform tersebut. Untuk Android sendiri, BimaTRI sudah mencapai 1 juta pen-download dengan rating bintang tiga. Namun sayangnya, beragam komentar berdatangan perihal aplikasi.

Sistem penggunaan yang merepotkan, hingga beberapa menu yang tidak bisa digunakan, serta tambahan aplikasi pendukung untuk menikmati layanan VAS tersebut banyak dikeluhkan pengguna. Lalu, apa manfaat dari aplikasi dan kinerja aplikasi BimaTRI ini sendiri kepada penggunanya.

Setup BimaTRI

Seperti yang diungkapkan diatas, saya mencoba aplikasi BimaTRI dengan menggunakan platform Android dan men-downloadnya langsung dari PlayStore. Akses aplikasi tersedia gratis dan mudah, pengguna hanya cukup mengetikkan kata kunci nama aplikasi maka aplikasi bisa didapatkan dan terinstal langsung. Tak ada batasan spesifikasi perangkat atau pc recruitment untuk bisa menggunakan aplikasi ini, namun untuk OS Android yang wajib digunakannya adalah versi 2.2 dan keatasnya.

Meski aplikasi berbasis internet, namun BimaTRI tidak bisa sembarang digunakan, bahkan ketika pengguna sudah mendapatkan akses jaringan WiFi hotspot sekalipun. BimaTRI tidak bisa dijalankan jika pengguna tidak melakukan default konektivitas melalui jalur data TRI (3), aplikasi bekerja jika identifikasi settingan APN sudah benar diterapkan.

Jika pengguna menggunakan akses internet dengan koneksi WiFi atau lainnya, tampilan aplikasi tersebut hanya akan menayangkan halaman kolom userid, password yang tak bisa digunakan untuk mendaftar akun baru.

Cara satu-satunya yang bisa dilakukan pengguna setelah mendownload aplikasi dan menginstallnya dalam perangkat, adalah dengan memastikan setting koneksi datasudah  menggunakan jalur koneksi dari kartu Tri (3). Jika koneksi ini tidak bisa terdeteksi secara otomatis atau tidak tersetting secara otomatis oleh perangkat, maka hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan pengaturan manual APN.

Masuk dalam menu pengaturan, kemudian pilih menu general dan masuk dalam menu akses cellular Networks. Pilih APN setting dan pastikan pada langkah ini pengaturan tersebut sudah benar, seperti Nama APN penggunanya berisi 3gprs dengan password 3gprs’ Serta setting proxy dan port yang bisa dikosongkan tanpa diisi apapun.

Jika pengaturan jaringan dan pemilihan penggunaan akses sudah menggunakan jalur data operator Tri langsung, maka pengguna bisa menjalankan aplikasi BimaTRI. Dan perlu diingat, aplikasi yang berbasis internet ini juga bergantung kepada koneksi jaringan yang didapat pengguna, jika full aktivitas atau minimal sudah ter-coverage sinyal 3G maka otomatis aplikasi bisa terbuka langsung.

Sejauh percobaan redaksi, dengan sinyal 3G yang berada pada kondisi tiga bar saja, aplikasi sudah bisa dibuka meski butuh beberapa waktu untuk rendering halaman.

Fitur BimaTRI

Seperti yang diutarakan diatas, BimaTRI memiliki fitur yang sama halnya dengan aplikasi informasi kembangan operator lainnya. Robot Bima yang dijadikan sebagai ikon aplikasi, bekerja mirip pramusaji digital yang akan tampil baku dalam setiap halaman menu aplikasi.

Namun, satu hal yang perlu dicatat oleh pengguna adalah perihal koneksi, jika jaringan yang didapat bisa tertangkap dengan baik maka aplikasi akan menampilkan menu interaktif dengan cepat dan lancar. Berikut akan kami jelaskan satu persatu fungsi yang bisa dilakukan dalam jajaran menu tersebut.

Profile

Layaknya sebuah aplikasi informasi dari bawaan operator kebanyakkan, halaman ini juga memuat sejumlah informasi detail mengenai nomor pengguna, saldo pulsa, masa aktif kartu, sisa kuota internet, pemberitahuan layanan, dan Trims Balance. Pada halaman ini juga, diletakkan tombol pengaturan yang berada di pojok kanan atas untuk digunakan mengubah bahasa menu sajian halaman.

Reload

Seperti namanya, menu ini digunakan untuk melakukan isi ulang pulsa langsung dari aplikasi. Ada dua cara yang bisa dilakukan pengguna untuk melakukan pengisian tersebut, salah satunya adalah dengan memasukkan kode voucher dalam kolom kosong halaman. Sedangkan cara lainnya adalah dengan melakukan pembelian pulsa dengan kartu kredit. Pengguna bisa memilih terlebih dahulu nominal pulsa tersebut, kemudian memilih jenis pembayaran menggunakan kartu kredit dari bank apa.

Package

Halaman ini adalah untuk memberikan kemudahan pengguna kartu Tri (3) untuk memilih paket yang ingin digunakan. Penggunaannya pun lebih memudahkan pengguna tanpa harus melakukan eksekusi kode USSD untuk mengetahui paket layanan yang terdaftar.

Selain nama paket, dalam halaman ini juga disajikan tarif layanan yang akan dikenakan sesuai dengan nama paket itu sendiri. Namun sayangnya, dari empat daftar paket layanan yang disajikan hanya ada dua paket menu yang bisa diakses, yakni internet roaming package, dan internasional call package.

Planet TRI (3)

Seperti yang kami sebutkan diatas, tak hanya sekedar informasi pulsa dan peringatan kuota data internet pengguna. Aplikasi BimaTRI juga menyediakan beragam produk layanan bernafas value added service (VAS) atau  konten layanan langsung dari operator. Beberapa produk yang disajikan didalamnya adalah RBT, SMS konten yang berisikan tentang gosip selebriti, beragam tips. Cerita lucu dan misteri yang disajikan dalam bentuk SMS dengan tarif yang beragam.

Selain kedua produk tersebut, BimaTRI juga menyediakan paket layanan Genflix yang dapat dimanfaatkan untuk menikmati akses tayangan olahraga secara streaming. Namun, sebelum berlangganan aplikasi streaming ini, pengguna sebaiknya download aplikasi Genflix terlebih dahulu karena tayangan tersebut hanya bisa disaksikan melalui aplikasi tersebut.

Selain itu juga, dalam menu ini juga tersedia produk layanan VAS lainnya yang bisa digunakan sebagai sarana promosi digital, yakni boomer marketing.

TRIms

Menu ini sebenarnya mirip dengan bonus yang diberikan operator yang ada, contoh seperti Telkomsel point. Aplikasi akan menghitung bonus dalam bentuk point setiap pengguna melakukan isi ulang dalam satu outlet resmi langsung, bonus ini akan diberikan dalam kode voucher saat pengguna menukarkannya ke outlet resmi Tri (3). Sistem penukaran hadiah sama halnya dengan melakukan sistem pengisian pulsa voucher, pengguna bisa menggosok kode yang ada dibalik kartu kemudian mengetikkan dial code *777*kode voucher lalu tekan tombol dial.

Tips

Dalam kolom menu ini, pengguna akan disajikan beragam menu informasi seputar tips tentang ponsel. Baik itu merupakan tips bermain game ponsel melakukan sistem transaksi beli via mobile acces maupun tips bagaimana mengaktifkan dan memilih RBT yang akan digunakan pengguna.

User Interface

Dalam menjajal aplikasi, kami menilai aplikasi memang cukup userfriendly bahkan terkesan cukup interaktif dengan sajian robot Bima yang bisa bergerak-gerak. Setiap menu disajikan dengan nama yang disesuaikan fungsinya, bahkan jika ada pesan masuk yang belum terbaca maka notifikasi tersebut akan tampil dalam kolom aplikasi.

Beberapa menu yang disajikan memang sesuai dengan fungsinya, meski beberapa menu yang diberikan terkadang tidak bisa diakses. Salah satunya ada dalam menu’special package’ yang tidak bisa menampilkan informasi dengan detail. Sedangkan untuk jajaran menu utama lainnya ditampilkan pada taskbar bawah layar, seperti halnya profil, reload, package, Planet Tri, TRIms, dan Tips.

Value for Money

Meski tidak jauh berbeda dengan aplikasi informasi dari operator lainnya, namun ada kelebihan yang ditawarkan BimaTRI untuk penggunanya. Salah satu tawaran tersebut adalah layanan berbasis VAS, seperti Genflix yang menyediakan akses streaming untuk menonton tayangan olahraga dari ponsel langsung. Selain itu juga, aplikasi menyajikan detail informasi paket yang menampilkan langsung dengan tarif yang akan dikenakan, cukup informatif dan mudah diakses.

Secara keseluruhan kami menilai BimaTRI belum cukup pantas untuk mendampuk menjadi aplikasi asisten digital, pasalnya aplikasi baru akan bekerja memberikan notifikasi saat aplikasi dibuka. Aplikasi tidak akan muncul secara tiba-tiba jika ada notifikasi yang langsung masuk, hal itu juga tidak diberikan untuk mengingatkan pulsa atau kuota yang akan habis seperti yang digaungkan operator.

SPESIFIKASI
Kategori Productivity
Operating System Android 
Publisher PT Hutchison 3 Indonesia
Updated Juli 23, 2015
Size 3.8 MB
Install Free
Current Version 1.6
Requires Android 2.2 and up
Content Rating Rated for 3+
Price Free
Download Link Play Store

Comments