ArenaLTE.com – Jika kalian penggemar game Clash of Clans (CoC) harus mencoba game yang satu ini. Tak perlu lagi repot-repot membangun markas dengan proses upgrade yang lama, tak perlu lagi mencuri harta koin dan elixir orang dan menyerangnya dikala tidak sedang online. Langsung perang one on one dan real time melalui games Clash Royale.

Ya, sama-sama dibuat oleh developer Supercell, games Clash Royale ini sangat cocok bagi para pemain game COC yang sudah mulai jenuh dan membutuhkan tantangan game baru yang bisa membuat kecanduan seperti COC, sepertinya Clash Royale sang adik COC ini bisa jadi pilihan.

Games Clash Royale ini merupakan game yang juga memanfaatkan beberapa karakter yang mirip dengan COC dengan menambahkan konsep kerajaan dengan pertempuran realtime dengan lawan, multiplayer sekaligus game strategi. Game ini menggabungkan tiga genre game, yakni trading card game, tower defense, dan MOBA (Multiplayer Online Battle Arena).

Game bertipe RTS (Real Time Strategy) dan MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) biasanya jenis game ini membutuhkan reaksi yang cepat sedangkan tipe game trading card membutuhkan strategi yang cukup serius, nah bagaimana memainkan games Clash Royale yang merupakan gabungan semuanya? Ikuti Review games Clash Royale berikut ini.

games clash royale (6)Setup Games Clash Royale

Games Clash Royale bisa kita nikmati secara gratis bagi pengguna Android dan iOS dengan mendownloadnya di Google Play Store dan itunes App Store. Dengan ukuran file hanya sekitar 87 MB saja untuk android sedangkan untuk iOS sekitar 93 MB. Ketika selesai mendownoad dan proses instalasi game ini secara keseluruhan membutuhkan space ruang kosong sekitar 105 MB jadi pastikan ketika proses download tidak menguras kuota internet kalian. Dengan kategori rated 7+ menjadikan game ini cukup aman dimainkan oleh anak-anak tanpa harus khawatir banyak kekerasan yang berbahaya didalamnya.

Seperti CoC, meskipun gratis Clash Royale memiliki skema In App purchase didalamnya untuk membeli gold atau gems. Tak perlu bingung jika ingin memainkan games ini, seperti ciri khas game buatan Supercell lainnya, diawal permaianan merupakan tutorial yang akan membuat kita mengerti memainkan games Clash Royale ini. Meskipun merupakan gabungan beberapa tipe game reaksi cepat dan berpkir serius, Clash Royale sama sekali bukanlah sebuah game yang sulit untuk dimainkan.

games clash royale (3)Interface Games Clash Royale

Hal yang menarik dari Clash Royale dan segera kita sadari ketika mulai memainkan game Clah Royale adalah tampilan games yang memiliki basis view secara portrait, bukannya posisi landscape, seperti game Clash of Clans. Pada tampilan awal games tidak terlihat sebuah area yang luas seperti CoC, namun sebuah arena medan perang yang berukuran cukup kecil dimana pada bagian bawah adalah kastil dan tower kita sedangkan dibagian area atas adalah lawan.

Pada tampilan awal games juga disajikan beberapa menu dan info yang mudah dipahami, seperti infomasi level kastil kita, uang (gold), gem, informasi karakter, dan trophies. Sebelum ke medan perang, pada menu utama, terdapat sebuah menu deck, dimana pada menu ini kita dapat mengatur pasukan kita yang akan terjun ke medan pertempuran nanti.

Pemilihan pasukan ini berupa kartu yang mengidentifikasi jenis pasukan dan bangunan yang kita miliki dan bisa kita bawa untuk bertempur, namun sayangnya dalam setiap peperangan kita hanya bisa membawa 8 kartu saja yang berarti hanya bisa memilih 8 pasukan untuk diluncurkan ketika berperang dan mempertahankan kastil dari serangan lawan.

Jenis pasukan yang kita miliki dalam bentuk kartu. Kartu ini menjadi pusat permainan kita, semakin variatif dan banyak kartu yang kita miliki maka pasukan juga semakin beragam. Untuk meluncrukan kartu menjadi pasukan dibutuhkan mana (elixir). Nah berbeda dengan CoC, kita tidak perlu mengumpulkan elixir untuk merekrut pasukan, pada Clash Royale ini kita hanya perlu memilih pasukan, sehingga tidak perlu lagi yang namanya training.

Dan elixir akan terisi otomatis dengan kapasitas maksimal 10 elixir, ketika meluncurkan satu jenis pasukan atau bangunan maka elixir akan berkurang sesuai kebutuhan dari kartu tersebut. Dan elixir akan terus kembali terisi kembali secara otomatis. Kebutuhan elixir setiap kartu berbeda-beda sesuai dengan jenis dan kemampuan pasukan dari kartu tersebut.

games clash royale (9a)Disinilah kemampuan strategi kita dibutuhkan untuk dapat meluncuran pasukan sesuai dengan kebutuhan serangan atau pertahan di medan perang yang disesuaikan dengan status elixir yang sedang terisi.

Tipe pasukan dalam Clash Royale familiar dengan CoC, ada Giant, Goblin, mini P.E.K.K.A, skeletons, Barbarian juga dragon. Tampilan grafis cukup baik karena ukuran karakternya lebih besar dan efek peperangan juga menarik baik ketika bangunan hancur atau efek ledakan yang muncul dengan dukungan suara yang sesuai menambah seru peperangan.

Pada awal pertempuran area kita terbagi dari bagian bawah hingga setengah bagian dan setengahnya hingga keatas adalah area lawan. Masing masing dilengkapi dengan dua menara arena dan satu kastil dibagian tengah.

Setelah selesai mengatur siapa saja yang akan turun ke medan perang, saatnya kita mencari lawan. Untuk lawan yang akan dihadapi ini adalah pemain acak dipilih oleh sistem game yang disesuaikan dengan level dan kemampuan kita, juga arenanya.

Menariknya adalah, karena game ini berbasiskan Real Time Strategy alias RTS, lawan yang kita hadapi ini juga real time, alias sama-sama online pada saat bersamaan. Sistem pertarungan pada game ini cukup simpel, kita hanya perlu menurunkan pasukan kita dengan cara slide kartu ke area pertempuran.

games clash royale (4)Fitur Games Clash Royale

Pada Clash Royale, tujuan utama kita yaitu menghancurkan kastil musuh untuk memenangkan pertandingan. Namun pasukan hanya akan mengikuti jalan yang disediakan menuju kastil lawan dimana harus melewati menara arena yang melindungi kanan-kiri kastil. Jadi sebelum pasukan berhasil mendekati kastil kita harus menghancurkan menara arena terlebih dahulu.

Ketika sedang berperang kita harus memperhatikan waktu. Setiap pertandingan mempunyai batas waktu empat menit saja. Dua menit pertama akan diisi dengan tahap permainan awal, Setelah dua menit berlangsung dan salah satu pemain berhasil menghancurkan menara lawan, maka pemain tersebut yang akan menjadi pemenangnya.

Jika tidak ada pemain yang berhasil menghancurkan menara lawan, atau posisinya berimbang permainan akan bertambah selama satu menit, menjadi total tiga menit. Pada tahap tengah ini, setiap pemain akan menghasilkan dua kali lebih banyak elixir daripada di tahap awal. Pada tahap tengah ini, biasanya pertandingan menjadi semakin panas, karena setiap pemain akan menjadi semakin gencar untuk mengeluarkan pasukannya.

Jika beulm ada yang menang, ungul hancurnya menara atau berhasil menghancurkan kastil permainan akan terus berlanjut ke tahap sudden death tambahan waktu satu menit saja, menjadikan total permainan secara keseluruhan menjadi empat menit. Pemain pertama yang bisa menghancurkan menara mana pun terlebih dahulu akan keluar sebagai pemenang, dan jika masih belum ada yang dapat menghancurkan menara musuh dalam waktu empat menit ini maka pertandingan akan dihitung sebagai seri.

Jika memenangkan pertempuran kita akan mendapatkan sejumlah mahkota yang akan dihitung berdasarkan berapa menara yang berhasil dijatuhkan. Untuk setiap kastil raja yang berhasil dihancurkan berarti pemain telah mengantongi tiga mahkota. Menghancurkan menara raja berarti menghancurkan kedua menara (tower arena). Sehingga menghancurkan kastil raja berarti secara otomatis pemain akan mendapatkan tiga mahkota sekaligus.

Bila kita menang, kita juga akan mendapatkan sebuah peti yang berisi macam-macam, mulai dari gold, gems hingga kartu untuk meningkatkan kekuatan pasukan kita. Setiap peti memiliki kelas yang berbeda-beda. Mengumpulkan sepuluh mahkota dalam sehari berarti kita dapat membuka peti mahkota yang berisi sejumlah kartu dan juga uang. Ada juga peti gratis yang terbuka setiap 4 jam sekali. Semakin baik kotak maka semakin baik kartu yang berada di dalamnya, tetapi juga waktu yang dibutuhkan untuk membuka kotak akan menjadi lebih lama.

games clash royale (8)Satu peti Silver butuh waktu 3 jam untuk membukanya, sedangkan peti Gold butuh waktu 8 jam belum lagi peti Giant yang butuh 12 jam untuk membukanya. Sedangkan sot untuk menyimpan peti hanya tersedia 4 buah. Jadi ketika slot peti sudah penuh untuk pertempuran yang kita mainkan maka tidak akan mendapatkan hadiah peti selama belum tersedia slot kosong untuk menyimpan peti kemenangan. Hal ini yang membuat saya terpaksa meninggal kan games ini dan kembali lagi nanti ketika sudah tersedia slot kosong untuk menerima peti hadiah.

Faktor keberuntungan juga menjadi penentu dalam Clash Royale, terkadang baru tahap awal memainkan games ini kita sudah bisa mendapatkan kartu pasukan yang hebat seperti baby dragon dan mini P.E.K.K.A yang tangguh untuk menerobos lawan dan menghancurkan tower. Kartu yang pemain dapatkan dari kotak sifatnya acak, sehingga sangat memungkinkan bagi pemain untuk mendapatkan beberapa kartu yang sama.

Tapi tidak perlu khawatir, karena kartu pasukan yang sama dapat digunakan untuk menaikkan level dari pasukan itu sendiri. Semakin banyak kartu pasukan yang sama terkumpul, maka pasukan tersebut akan menjadi lebih kuat. Selain dari hadiah peti, kita bisa mendapatkan kartu dengan cara membelinya dengan gold dan salah satu cara termudah yaitu dengan meminta donasi kartu dari pemain lain melalui clan. Mekanisme clan juga tetap diperthankan dimana kita bisa bertanding langsung antara teman didalam clan.

games clash royale (5)Performance Games Clash Royale

Kesimpulan game ini memang dibilang seru, karena kita bisa bertarung dengan lawan secara real time. Karena bukan AI yang kita hadapi, orang memiliki strategi khusus dalam mengatur serangan yang kadang tidak bisa kita duga hal inilah yang membuatnya seru. Menurut saya Supercell kembali berhasil membuat sebuah game yang berhasil membuat banyak pemain ketagihan untuk terus memainkannnya.

Dengan grafis yang bisa dibilang sedikit lebih baik dari Clash of Clan, nampaknya Supercell tidak ingin meninggalkan bayang-bayang Clash of Clans, sehingga mereka menciptakan game serupa namun dengan bumbu gameplay yang lebih menarik. Meskipun faktor lamanya membuka peti hadiah menurut saya sangat kurang nyaman dan membuat pemain games Calsh Royale terpaksa menghentikan permainannya untuk kembali setelah tersedia slot kosong untuk menerima peti kembali.

SPESIFIKASI
Genre Strategy
Operating System Android dan iOS
Publisher Supercell
Updated March 2, 2016
Size 87 – 93 MB
Install 10,000,000 – 50,000,000
Current Version 1.2.3
Requires Android 4.0.3 and up
Content Rating Rated for 7+
Price Gratis (IDR15,000 – IDR1,499,000)
Download Link Google Play Store dan itunes App Store