Bootstrap Slider
Home > Review > Aplikasi > Google Photos: Solusi Instant Backup dan Edit Foto Sekaligus

Google Photos: Solusi Instant Backup dan Edit Foto Sekaligus

RELATED REVIEWS

Review Aplikasi MySmartfren: Permudah Nikmati Layanan 4G LTE
Aplikasi Lagidi: Info Event Hiburan dan Promo Terbaru Dalam Smartphone  
WPS Office: Aplikasi Olah Dokumen Paling Komplit
SHAREit, Solusi Transfer File Cepat Antar Gadget
Doctor Gratis Plus, Konsultasi Dokter Secara Virtual
StealthChat: Solusi Chatting Dan Telepon Anti Sadap Buatan Indonesia
Game Recorder+: Screen Recorder Buatan Samsung Khusus Game
MySmartfren, Solusi Pelanggan Menikmati Semua Layanan Smartfren
PLUS
/ Tampilan Interface yang bersih dan mudah dioperasikan. Kapasitas penyimpanan foto secara online dengan ukuran resolusi foto hingga 16 Megapiksel. Efek foto yang kreatif dan pencarian foto yang mudah.
MINUS
/ Aplikasi ini tidak mendukung kemampuan untuk tag image atau pengaturan ulang kategori foto. Batasan 16 Megapixel ukuran maskimal foto upload. Terbatasnya fitur editing animasi dan movie.
EDITORS' RATING
6.4
OVERALL
INSTALASI/ SETUP 7
FITUR & SUPPORT 6
INTERFACE 6
KINERJA / KUALITAS 7
VALUE FOR MONEY 6
USER'S RATING
0.0
OVERALL
INSTALASI/ SETUP 0.0
FITUR & SUPPORT 0.0
INTERFACE 0.0
KINERJA / KUALITAS 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Pernah liat ikon gambar kincir angin kertas warna warni di Smartphone Android kita? Apakah fungsi sebenarnya dari aplikasi foto buatan Google tersebut? apakah cuma sekadar untuk melihat gambar?

Google PhotosDengan teknologi 4G LTE yang menawarkan koneksi internet super cepat dan stabil, melakukan backup file penting termasuk foto secara online menjadi hal sangat mudah dilakukan. Hampir setiap bulan bermunculan aplikasi upload foto otomatis secara online ke Dropbox, Facebook, Flickr, OneDrive dan beberapa layanan backup data cloud lainnya.

Google pun memiliki aplikasi cloud yang dikenal dengan nama Google Drive. Kita bisa menyimpan berbagai file di sini. Tapi khusus untuk yang gemar memotret, raksasa mesin pencari ini menciptakan aplikasi khusus bernama Google Photos  yang terintegrasi dengan Drive dan Google Plus. Aplikasi tersebut tersedia untuk pengguna Android dan iPhone. Aplikasi Google Photos tidak hanya secara otomatis upload foto ke cloud storage, namun juga menyertakan fitur canggih seperti Google’s intelligent image search, kolase foto dan GIF Tools.

Setup Google Photos

Seperti aplikasi lainnya, untuk menghadirkan ikon Google Photos cukup download dan install dari Google Play. Namun ada beberapa smartphone yang sudah menawarkan aplikasi ini secara default, jadi sudah otomatis terinstal. Setelah memperbolehkan status privacy permission akan muncuk fitur utama dari aplikasi ini yang meminta ijin untuk automatically backup foto, pemeberian label dan kemudahan dalam pencarian dan share foto.

Google PhotosTekan “Get Started” dan aplikasi akan mulai melakukan proses backup. Pada tampilan berikutnya kita akan diminta untuk menentukan pilihan akses internet yang diminat untuk melakukan proses backup, apakah menggunakan jaringan selular atau koneksi WiFi. Selanjutnya pilihan proses backup foto bisa dipiliha apakah dalam bentuk High Quality atau original foto (kualitas foto menggunakan kamera di atas 16 Megapixel akan dikompres maksimal beresolusi 16 Megapixel saja).

Jika kita memilih “full size” maka kapasitas penyimpanan cloud yang tadinya unlimited akan berubah menjadi maksimal 15 GB saja. Sebagai perbandingan saja, fitur auto upload milik flickr menawarkan kapasitas penyimpanan foto online cloud hingga 1 TB. Untuk memperoleh penyimpanan 1 TB di Google Drive kita harus merogoh kocek sebesar $9.99 perbulan.

Interface Google Photos

Tampilan utama dari aplikasi ini jelas berupa galeri foto (Photo views) yang memungkinkan kita untuk melihat semua hasil foto secara berurutan. Fitur menu pojok kiri atas berisi Assistant, Foto dan Collections. Kemudian berjejer dengan fitur lain di bawahnya seperti shared links, device folders, trash, settings dan help. Trik sentuhan pinch untuk zoom foto, tampilan foto dapat diubah termasuk aktifitas untuk memilih beberapa foto sekaligus, berpindah foto, melihat koleksi dan batuan asisten untuk menghentikan dan memulai proses backup.

Google-Photos-2Pengelompokan foto dapat dilakukan berdasarkan periode waktu, sedangkan proses pencarian foto berdasarkan fitur Google Image Search. Pilih ikon loop untuk mencari foto berdasarkan informasi foto seperti nama dan juga caption yang pernah kita buat. Fitur pencarian foto otomatis ini akan mendeteksi kelompok foto berdasarkan People, Places, dan lain-lain selama beberapa tahun. Dengan teknologi Google face detection’s prosesnya sangat cepat dan mudah meskipun ribuan foto yang sudah di-upload.

Hal menarik lainnya adalah photomap, yang memudahkan kita menemukan foto yang diinginkan bahkan foto yang kita sudah lupa pernah menguploadnya.

Fitur Google Photos

Google Photos dilengkapi dengan tools editing dasar seperti cropping, vignette dan lain sebagainya. Bahkan disediakan 14 filter seperti Instagram. Proses membuat Album baru, Movie, Story, animasi atau kolase foto bisa dilakukan dengan mudah dan hasil groupingnya akan secara otomatis tersimpan dalam tab collection yang dapat langsung di-share dengan teman menggunakan jejaring sosial foto seperti Flickr, Instagram dan PicsArt.

Menampilkan kolase group foto secara animasi sangat mudah terutama dengan fitur Google’s new tap-and-drag untuk memilih beragam file sekaligus. Kita juga bisa menambahkan berbagai filter dan background musik untuk movie. Namun, kita tak bisa mengubah waktu tampilan animasi di layar smartphone, termasuk posisi dan ukuran kolase foto.

Performance

Aplikasi Foto buatan Google ini sangat powerful terutama untuk proses backup foto dan menyimpannya secara online di cloud. Kapasitas penyimpanan yang disediakan tak terbatas (unlimited) dan proses backup yang dilakukan berjalan mulus (tergantung koneksi internet yang dipilih). Koneksi dengan jaringan 4G LTE yang menawarkan akses data super cepat bisa menjadi solusi utama atau koneksi WiFi yang cenderung lebih stabil.

Tampilan antar muka khas Google Photos yang bersih menawarkan inovasi navigasi yang baik ketika melakukan pencarian foto yang tersimpan dalam Google Drive. Sayangnya tambahan fitur aplikasi asistant cukup mengganggu. Namun secara keseluruhan Google Photos merupakan sebuah solusi yang jitu untuk backup hasil foto kamera smartphone sekaligus melakukan beberapa perubahan menarik pada foto.

Google Photos

SPESIFIKASI
 Genre  Photography
 Operating System  Android
 Publisher  Google Inc.
 Updated  Juni 24, 2015
 Size  12 MB
 Install  50,000,000 – 100,000,000
 Current Version  0.0.24
 Content Rating  Rated for 3+
 Require Android  4.0 and up
 Download Link  Google Play Store

 

USER REVIEWS

sort by | date | rating