Awal bulan desember tahun lalu,pembukaan jaringan internet 4G LTE di seluruh Indonesia telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dengan tandatangan dan tulisan pada layar digital yang berbunyi “Revolusi digital, merevolusi ekonomi di Indonesia” menandai telah dimulainya percepatan pembangunan ekonomi nasional dengan fokus pada bidang ekonomi digital

Teknologi digital merupakan salah satu pencapaian terbesar yang pernah dicapai dunia. Perannya untuk membantu mempermudah hampir semua aktivitas masyarakat modern, terbukti mampu menjadi solusi efektif meningkatkan produktifitas, membuat kualitas hidup kita menjadi lebih baik.

Dari teknologi smartphone yang akrab dengan keseharian kita sampai teknologi digital paling mutakhir pada satelit dan sistem navigasi penerbangan. Sejak adanya teknologi telepon seluler/handphone pertama kalinya, kita dapat membangun dan mengembangkan relationship, komunikasi berjalan lancar, dimanapun kita berada, meski hanya sebatas kirim sms dan telepon.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi telekomunikasi digital tersebut, inovasi terbaru para ahli sukses menghadirkan perangkat pintar yang umum disebut smartphone dengan segala keunggulannya. Multimedia mobile telecommunication yang memiliki kemampuan saling mengirim dan menerima file data, foto, audio-video dengan kualitas semakin bagus bisa disebut sebagai filosofi dibuatnya smartphone.

Flashback sejenak, bayangkan bagaimana repotnya kita dulu waktu belum ada handphone/smartphone, meski teknologi internet sudah ada. Awal tahun 2000-an tarif akses internet relatif mahal dan masih jarang kita temui. Mau kirim dokumen, foto, audio, video harus melalui serangkaian proses pada perangkat lain seperti camera, camcorder, facsimile, scanner yang cukup lumayan menyita waktu.

Relationship & Trust Building
Ilustrasi sederhana dan motivasi buat para pembaca ArenaLTE yang setia, sebuah inspirasi kecil tentang perjalanan membangun sebuah usaha:

Teman saya seorang wiraswasta yang tekun, kreatif, berangkat memulai usaha setting komputer/separasi film sablon dan percetakan dengan modal niat belajar yang sungguh-sungguh. Satu unit komputer rakitan, desktop scanner dan satu printer laser kreditan senilai kurang dari enam juta rupiah. Didukung pemahaman pentingnya strategi pemasaran via internet yang tepat sasaran, berhasil memajukan usahanya.

Setelah mempunyai dua karyawan, teman saya mendelegasikan tugas kerja dengan tetap mengawasi, memberikan pelatihan peningkatan kemampuan teknis dan good attitude, bagaimana seharusnya melayani customer dengan baik.

Kemampuan berkomunikasi,negosasi yang baik,pengalaman mumpuni di bidang sablon,teknik percetakan serta relationship building yang kuat antara teman, sahabat, pelanggan dan mitra kerja. Semangat kerja pantang menyerah, sportivitas tinggi serta kepercayaan dari perbankan untuk akses dana pinjaman. Setelah berjalan lebih dari delapan tahun, akhirnya sukses membangun sebuah percetakan dengan dua mesin modern buatan jerman yang handal dan beberapa karyawan tetap.

Tepat sasaran dapat menjadi salah satu faktor penentu berhasil tidaknya pemasaran produk atau jasa kita. Kemudian timbul pertanyaan, bagaimana agar target pasar yang kita bidik dapat tercapai dan produktifitas meningkat?

Tepat sasaran saya definisikan sebagai suatu informasi yang “mudah ditemukan, komunikatif & menarik ” sesuai dengan parameter awal yang telah kita tentukan mengenai ide/konsep, bagaimana/cara dan dimana informasi tersebut akan kita sampaikan. Bentuk dari informasi yang tepat sasaran bisa berupa tulisan, tagline, cerita, poster, gambar banner iklan, review produk, jasa atau bahkan klip video untuk menarik calon konsumen.

Poin utama yang bisa kita pelajari dari cerita singkat diatas adalah bahwa relationship & trust building sangat penting untuk membangun kelangsungan usaha apapun yang nantinya kita bangun. Pemberdayaan UKM berbasis ekonomi digital tak hanya sekedar bisnis semata, melainkan lebih pada trusted relationship, usaha kemitraan yang berkelanjutan,konsisten saling memahami, menghargai pendapat, menyatukan visi dan persepsi.

Komitmen XL Axiata mengembangkan digital solution untuk memperkuat UKM di Indonesia yang mencapai 55 juta unit usaha dengan menyalurkan investasi senilai 500 miliar dalam rentang waktu tiga tahun kedepan,merupakan langkah maju yang harus kita dukung dan apresiasi bersama.

Mencapai trusted relationship antara UKM, stakeholder yang berpartisipasi dan pemerintah melalui kementrian terkait,memerlukan tahapan untuk membangunnya. Berbagai program sertifikasi UKM,pelatihan,bimbingan, pendaftaran hak paten,merek dagang dan kekayaan intelektual,sertifikasi lahan aset UKM, realisasinya perlu dipermudah,sebagai stimulus membentuk UKM yang kredibel dan berkualitas, agar nantinya lebih mudah mendapatkan akses pinjaman modal dari perbankan.

Harapan saya,perlu adanya roadmap produk UKM secara nasional, sebuah sistem pemetaan digital yang terhubung dengan pengolahan data statistik sebagai analisa komprehensif untuk mengambil kebijakan strategi pemasaran.

Branding & Konvergensi Media
Dari pengalaman mencari sebuah USB modem sesuai dengan spesifikasi teknis yang sudah saya tentukan karena pertimbangan kapabilitas di waktu mendatang di sebuah forum jual beli berbagai macam aneka barang.

Kendala terbesar yang pernah saya alami adalah akurasi pencarian, dimana meski di forum tersebut terdapat menu navigasi advanced search dengan relevansi parameter lebih spesifik tentang urutan tayang iklan berdasarkan nama barang, lokasi,rentang harga, tanggal terbit, iklan lama yang sudah tidak relevan lagi dengan batas waktu tayang iklan yang ideal dan telah ditentukan oleh sistem database tetap saja muncul. Dengan kata lain, pada sistem database tidak ada optimasi cache memory secara otomatis atau malah memang sistem databasenya dibuat seperti itu, yang mengakibatkan beban kerja sistem semakin berat.

Contoh sederhananya begini, bila kita mengetikkan keyword search “jual laptop merk b” di Google. Saya yakin, results search yang ditampilkan seringkali tidak relevan lagi dengan apa yang kita cari. Meski berada di halaman pertama pencarian dengan ranking no 1, bisa jadi ketika kita klik link yang tampil tersebut, tanggal penayangannya adalah iklan lama. JJadi kita masih perlu banyak waktu lagi untuk menemukan apa yang kita cari, kecuali promosi sebuah website dengan menggunakan google advertise tentunya.

Ada hal yang menarik perhatian saya dari budaya masyarakat Indonesia dalam prespektif  “modern consumer branding” yang sudah berjalan lebih dari dua dasawarsa. Apa yang ada di benak kita bila ada pertanyaan, pasta gigi apa yang paling terkenal di Indonesia misalnya,tentu anda sudah tahu jawabannya bukan? Secara otomatis, benak kita akan langsung merespon pertanyaan tersebut tanpa harus berpikir panjang, karena edukasi branding sebuah produk telah  berhasil 🙂

Demikian pula dengan integrated system mobile apps yang akan dibuat, alangkah baiknya bila konvergensi digital marketing UKM dibangun dengan konsep branding website sebagai “One Gateway” ujung terdepan yang mampu menampung respon cepat semua transaksi/update dari customer/supplier dengan performa optimal dan efektifitas yang tinggi.

Sebagai contoh, ada sebuah e-commerce terkenal yang dapat menangani transaksi online sampai dengan ratusan per menit dengan omset yang luar biasa besar. Buat orang awam seperti saya, website e-commerce tersebut nampak biasa saja, seperti website2 lainnya. Yang membedakan adalah sistem yang berjalan di dalamnya, yaitu retail atau enterprise, dengan dukungan server beserta networking dan database yang sanggup mengolah data sedemikian besar.

Membangun sebuah sistem mobile apps yang terintegrasi penuh dengan konsep “branding” website “One Gateway” dapat memenuhi kebutuhan proses digital marketing strategist dengan efektif. Sebaiknya menggunakan desain sistem platform baik dari segi hardware maupun software sesuai kebutuhan saat ini dan nantinya bisa dikembangkan untuk masa mendatang.

Bagi saya pribadi yang sudah cukup lama menjelajah dunia internet, waktu adalah segalanya di saat kesibukan menumpuk. Jadi malas browsing di website atau forum tertentu yang tidak mudah menemukan apa yang saya cari dengan cepat dan tepat. Puluhan bahkan ratusan list iklan tersedia,apa harus dibuka satu persatu? ibarat mencari jarum di tumpukan jerami, harus super ekstra sabar.

Hikmahnya, meniru prestasi dari yang terbaik, belajar pengalaman dari yang sudah sukses, adalah lebih bijaksana daripada harus trial and error, sudah ga jamannya broo 🙂
Gampangnya, kalau mereka bisa, kenapa kita ngga?

Wujud nyata istilah konsep branding Website, “One Gateway” yang saya buat sendiri ternyata sudah ada lho. Mau tahu apa mau tahu banget ? Langsung saja meluncur baca artikel menarik dari ArenaLTE tentang program sinkronisasi, konvergensi antar media website organisasi non-profit, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dengan Elevenia yang keren ini 🙂

Percepatan Edukasi
Peran dan eksistensi sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia yang berjumlah mencapai puluhan juta unit usaha di seluruh nusantara telah diakui kontribusinya sebagai penopang pendapatan negara. Sudah selayaknya mendapatkan perhatian khusus dan prioritas terdepan, baik dari segi bantuan pendanaan, bimbingan pelatihan dan pemasaran untuk dapat berkompetisi dalam era perdagangan bebas, membangun ekonomi nasional.

Pemberdayaan manajemen produksi yang lebih efisien, teknik pemasaran, peningkatan kreatifitas melalui pelatihan ketrampilan khusus, seperti desain produk, kemasan, diharapkan dapat membuat marketable product dengan menyasar market yang sudah ada maupun membentuk pasar baru bilamana memungkinkan. Disesuaikan studi perilaku konsumen berdasarkan data riil, demografi dan trend konsumsi masyarakat mengakses informasi digital. Dengan menggunakan hasil traffic profile research, lalu-lintas data pengguna internet  yang mempunyai parameter, variabel lebih spesifik dan tools analisa lebih lengkap, tingkat akurasi lebih tinggi.

Contohnya seperti laporan Persona Pengguna Smartphone di Indonesia di tahun 2015 yang dilansir Vserv, sebuah perusahaan platform smart data untuk mobile marketing & e-commerce yang didasarkan pada studi yang dilakukan oleh Nielsen Informate Mobile Insights. Hasilnya, pengumpulan data penggunaan otomatis dari lebih 1.600 pengguna smartphone selama tiga bulan dengan teknologi smartphone metering inovatif yang dipasang oleh opt-in panelis pada perangkat smartphone tersebut.

Digital Experience bagi seorang pemula yang baru saja mengenal internet. Bagaikan seorang petualang dengan bekal seadanya yang baru tiba di negeri seberang nun jauh disana. Pertama kali tentu merasa asing, perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, dengan tetap melangkah maju, siap menghadapi semua tantangan.

Saya yakin, meski internet sudah dikenal sebagian besar industri UKM sebagai sebuah solusi pemasaran yang efektif saat ini, namun dalam kenyataannya masih sangat banyak yang belum mengerti tentang bagaimana cara, metode terbaik untuk memahami jalur digital marketing strategist di dunia internet, tanpa harus banyak belajar hal-hal bersifat teknis.

Pengetahuan dasar praktis dan teknis yang fokus untuk menunjang proses aktivitas solusi digital, sudah pasti harus dipelajari, seperti cara menggunakan smartphone/tabletpc/laptop dengan baik, bertransaksi internet /m-banking yang aman, cara mengambil foto, membuat klip video berkualitas yang informatif dan menarik tentang produk yang ditawarkan.

Pelatihan workshop yang edukatif dapat dilakukan secara bertahap dengan standar modul yang beradaptasi dengan tren terkini. Contohnya dalam pembuatan presentasi klip video sebuah produk, standar kualitas gambar resolusi minimal 720p misalnya, agar tampilan video jernih, kualitas audio yang bening, dapat memikat perhatian konsumen.
Percepatan langkah maju dengan digital marketing strategist yang smart, reasonable, relationship oriented, fokus serta implementasi teknologi mobile internet 4G LTE yang adaptif merupakan beberapa faktor kunci keberhasilan membangun ekosistem ekonomi digital.

Dan yang tak boleh dilupakan adalah “Social Media Engagement ” untuk edukasi lebih intensif, membangun persepsi publik yang positif, karena feedback dari masyarakat umum adalah suplemen pelengkap untuk meningkatkan kualitas layanan.

Implementasi Cerdas
Kembali pada pembangunan ekonomi nasional yang kita harapkan bersama dapat mengalami percepatan dengan tingkat efektifitas yang tinggi, XL Axiata berkomitmen mendukung pengembangan, pemberdayaan potensi lingkungan dan ekonomi pedesaan melalui program ” Xmart Village 2.0 ” serta UKM dengan menyediakan sebuah platfrom digital solution ” Digibiz ” yang menawarkan tiga manfaat utama, pertama yaitu Product Solution, layanan yang relevan untuk mendukung bisnis UKM.

Kedua, Business Solution, pelanggan akan mendapatkan manfaat yang bersifat non-telco,berupa tempat berjualan, promosi, pinjaman, dan informasi bisnis. Dan yang ketiga, networking/jejaring bisnis yang lebih luas, dimana XL Axiata melalui divisi digital services yang mempunyai kompetensi di bidang teknologi informasi-komunikasi selalu siap untuk mewujudkan Excellent Customer Services, layanan terbaik, mitra solusi usaha kita.
Semoga tulisan ini dapat memberi motivasi dan semangat untuk tetap terus berinovasi lebih baik lagi.  Selamat Berkarya, Salam Sukses 🙂

Referensi:
arenalte.com
www.xl.co.id
http://www.jagatreview.com/2015/11/direct-release-vserv-memperkenalkan-smartphone-user-persona-report-supr-pertama-di-indonesia/
Sumber gambar:
Content Marketing Strategy – Digital Marketing Consultant in Orange County, CA
(https://www.youtube.com/watch?v=fK4KWbJSxTM)

Comments