ArenaLTE.com – Apple tidak pernah mengiklankan bahwa iPhone punya kemampuan tahan air. Pasalnya, seumur-umur semua seri iPhone tidak ada yang menyandang sertifikasi IP67 atau IP58 yang menjadi standard ketahanan suatu perangkat terhadap air. Dengan banderol rata-rata di atas Rp10 juta, nampaknya Apple ingin memberi yang lebih besar kepada pembeli iPhone 6s dan iPhone 6s Plus meski tidak melalui publikasi resmi. Ternyata, ada pengguna yang berhasil membuktikan iPhone 6S dan iPhone 6S Plus tahan air.

Dalam sebuah unggahan video di YouTube dari Zach Straley, terungkap iPhone 6s dan iPhone 6s plus tahan air. Tetap beroperasi ketika direndam di dalam air, meski air yang dimaksud berada di dalam cawan. iPhone yang tadinya dianggap sebagai perangkat yang rapuh dan halus, terbukti bisa tetap hidup dan aktif selama direndam satu jam di dalam air.

Dalam visualisasi di video tersebut, ponsel dibawa keluar masuk di cawan, dan terlihat tidak ada masalah, layar berfungsi seperti biasa. Straley mengklaim bahwa port seperti jack headphone dan port charging terus berfungsi dengan baik setelah kering. Audionya sempat mati, namun beberapa saat setelah itu bisa berfungsi kembali dengan normal. Ini artinya tidak ada kerusakan langsung pada ponsel.

Bila kita lihat secara keseluruhan, tampaknya ini (penggunaan segel karet) merupakan usaha Apple untuk meningkatkan daya tahan debu/air pada iPhone 6. Sebelumnya tim dari Square Trade juga melakukan tes dengan mencelupkan iPhone 6 ke dalam air selama 10 detik dalam kondisi mati dan menyala. Setelah diangkat, ternyata smartphone tersebut baik-baik saja dan bisa berfungsi dengan normal.

Bahkan tim penguji dari Square Trade juga mencoba mencelupkan iPhone 6 ke dalam air sembari dihidupkan dan memutar video musik. Hasilnya iPhone 6 masih dapat beroperasi normal di dalam air, serta saat dikeluarkan dari dalam air.

Dalam debut pra peluncuran iPhone 6S, memang sempat berhembus kabar bila iPhone 6 S akan punya kemampuan outdoor yang tahan air dan debu. Namun, hal tersebut tidak pernah di-blow-up secara serius hingga akhirnya ada yang melakukan uji coba langsung. Dengan kemampuan tahan air, menjadikan nilai iPhone 6s/6s Plus sebagai smartphone premium kian terdongkrak.
BacaApple Resmi Perkenalkan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus

Meski demikian, sebaiknya Anda tidak ikut mencoba melakukan hal yang sama, kecuali jika memang rela iPhone 6S Anda rusak. Karena ini hanyalah percobaan personal yang tidak ada garansi dari perusahaan. Pengujian pun hanya dilakukan dalam sebuah cawan yang tekanan udaranya rendah. Mungkin saja hasilnya akan berbeda jika dimasukkan ke dalam kolam air yang dalamnya 2 meter. Tapi jika Anda tetap bersikukuh mencoba, tolong direkam dan beritahu kepada kami seperti apa hasilnya.

Untuk mengetahui lebih jelas, silahkan lihat video di bawah ini: