ArenaLTE.com – Tak semua orang memiliki nasib yang beruntung, sebagian dari lainnya bisa saja mendapatkan musibah yang beruntun, termasuk dalam halnya memiliki gadget. Penulis belum lama ini mengalami hal buruk tersebut. Sudah ponsel hilang dan tentu saja kehilangan kartu SIM, dompet dan kartu identitas pun ikut hilang dan sulit ditemukan. Namun, ada satu tips yang perlu diingat untuk mendapatkan kembali nomor ponsel lama tanpa identitas lengkap.

Seperti telah diketahui, saat pertama kali memakai nomor ponsel, hal yang pertama dilakukan adalah melakukan registrasi kartu SIM agar bisa aktif. Inilah yang perlu diingat: lakukan pendaftaran dengan nama yang benar dan alamat yang jelas sesuai identitas. Setidaknya nama kota diketik dengan jelas, kemudian juga dengan nomor identitas misalnya KTP yang diminta saat pendaftaran.

Apa yang harus dilakukan jika karena satu dan lain hal, kita kehilangan kartu SIM atau rusak? Tentu Anda harus segera mengurus ke gerai operator yang Anda pakai. Namun, meski ketika dulu proses mendaftarnya sudah dilakukan dengan benar, Anda tidak bisa datang dengan lenggang tangan ke gerai operator bersangkutan. Pastikan untuk membawa kartu identitas dengan nomor yang sesuai dengan saat pendaftaran. Jika dulu saat pendaftaran memakai KTP, maka pastikan untuk dibawa saat pengurusan SIM card.

Bagaimana jika KTP yang kita miliki ternyata juga hilang? Jika tidak memiliki kartu identitas cadangan di luar kartu yang didaftarkan tersebut, yang harus dilakukan adalah melapor ke pihak kepolisian terdekat untuk meminta surat laporan kehilangan. Kemudian surat ini bisa Anda bawa ke gerai tersebut.

Jika hal sebaliknya tidak berlaku pada Anda, karena mungkin memiliki kartu identitas cadangan di luar kartu identitas yang didaftarkan maka bisa langsung membawanya. Kebetulan, waktu registrasi pertama yang dilakukan redaksi adalah mendaftarkan kartu identitas KTP. Sehingga identitas SIM yang kebetulan tidak hilang, bisa kami bawa ke gerai yang terdekat.

Bawa kartu identitas cadangan tersebut ke gerai terdekat, kemudian laporkan permasalahan yang Anda alami dan pintalah SIM card baru dengan nomor yang lama. Petugas loket akan meminta kartu identitas Anda, berikan kartu cadangan tersebut. Saat proses pengembalian nomor, petugas akan meminta lima nomor panggilan terakhir yang Anda hubungi. Tuliskan lima nomor tersebut, namun jika hanya ada satu nomor yang bisa diingat hal tersebut bisa Anda sebutkan ke petugas langsung.

Lalu berapa biaya pengembalian nomor tersebut? Tenang, biasanya pengguna hanya dikenakan biaya pergantian kartu sekira Rp 10 ribu. Namun, biasanya Anda juga akan diminta biaya tambahan untuk pengisian pulsa langsung, redaksi sendiri diminta biaya tersebut untuk pulsa Rp 25 ribu. Proses pergantian kartu baru dengan nomor lama sendiri juga tidak memakan waktu lama, hanya dibutuhkan waktu sekira 15 menit saja.