ArenaLTE.com – Berkat teknologi baru Qualcomm yang disebut WiPower, Qualcomm mengatakan telah memecahkan masalah yang memungkinkan pengisian nirkabel pada smartphone dengan kasing logam, yang sampai sekarang tidak mampu mendukung teknologi tersebut. HTC One M9, ZTE Axon, P8 Huawei, dan Apple iPhone tidak dapat melakukan fitur wireless charging, bahkan jika mereka menginginkannya karena terbuat dari bahan logam pada luaran perangkat.

Qualcomm mengatakan WiPower adalah yang pertama di dunia, dan kemunculannya tepat dengan semakin banyak produsen yang memilih untuk membuat perangkat dengan tubuh terbuat dari bahan selain plastik, dalam upaya mengambil hati pasar smartphone premium.

Laporan itu mengatakan bahwa perusahaan telah mematenkan teknologi wireless charging baru yang mereka sebut WiPower. Hal ini memungkinkan pengisian nirkabel untuk ponsel yang memiliki penutup belakang logam.

Sistem ini menggunakan teknologi pengisian WiPower Qualcomm, dan sistem pengisian ponsel dengan bodi logam memiliki nilai plus. WiPower dapat mengisi baterai perangkat keras tanpa kontak sama sekali ke bantalan charger, dan dengan menggunakan Smart Bluetooth, dapat mengirim jumlah daya yang tepat untuk perangkat berbeda. Dengan kata lain, jika salah satu perangkat dapat menerima jumlah yang lebih tinggi dari yang lain, pengisi daya akan meningkatkan kekuatan dan mengisi ulang lebih cepat.

WiPower menggunakan teknologi Near Field Magnetic Resonance. Daya sebesar 22 watt dibutuhkan untuk mengisi perangkat yang memiliki kasing logam. Dikatakan bahwa kecepatan pengisian akan sama jika tidak lebih cepat dari teknologi nirkabel saat ini tersedia. WiPower juga akan memungkinkan pengisian simultan perangkat dengan kebutuhan daya yang berbeda.

Sayangnya, Sistem WiPower Qualcomm belum kompatibel dengan pengisian nirkabel standar Rezence, yang didukung oleh Aliansi untuk Alliance for Wireless Power. Ini tidak sama dengan standar Qi yang milik Wireless Power Consortium. Saat ini kebanyakan perangkat pengisian nirkabel menggunakan Qi.

Namun, kita dapat berharap daya tarik pengisian nirkabel ke ponsel berbofi logam menggiurkan banyak pihak. Apple, misalnya, sampai saat ini belum menerapkan pengisian nirkabel pada iPhone dan iPad mereka. Sekarang ada setidaknya pilihan yang tersedia berkat WiPower. (bda)