ArenaLTE.com – Tampilan mobil masa depan dengan dukungan teknologi 4G LTE memang menggiurkan, dan kini tanpa harus menunggu terlalu lama, mobil Anda sehari-hari juga sudah bisa dicangkokkan kemampuan 4G LTE. Inilah solusi yang ditawarkan Vinli, pengembang solusi aplikasi asal AS. Vinli ingin mengubah mobil Anda hari ini memiliki koneksi 4G yang terhubung pada aplikasi hotspotting Wi-Fi, infotainment, dan driver monitoring system. Caranya cukup dengan menanamkan black box kecil ke port diagnostik.

Onboard vehicle diagnostic (OBD-II) readers memang telah ada sejak awal tahun sembilah puluhan. Namun baru dalam beberapa tahun terakhir menawarkan gelombang pada adapter OBD-II Bluetooth murah, serta tampil sebagai aplikasi untuk mengukur tingkat ekonomis bahan bakar datang dan beragam parameter berkendara yang dapat dipahami pengendara awam. Adaptor Vinli 4G LTE mengambil teknologi yang lebih maju, tidak hanya menghubungkan kendaraan host ke telepon di cupholder, tetapi juga secara nirkabel ke web.

Tentu saja, fungsi utama Vinli ini masih membaca informasi OBD-II dari kendaraan host dan mengirimkan data yang melalui Bluetooth 4.0 dan GPS untuk aplikasi pihak ketiga pada smartphone menggunakan data mentah. Dikutip dari cnet.com (26/7/2015), Vinli adaptor nantinya juga akan didukung sekitar 20 aplikasi. Diantara aplikasinya ada Dash, Flo dan drive – driving untuk memantau efisiensi bahan bakar dan skor mengemudi penghargaan dan prestasi digital. Ada MileIQ, yang melacak perjalanan bisnis dan mengkompilasi laporan jarak tempuh untuk penggantian spare part. Otto dan Layanan Toko untuk bantuan driver menangani masalah kendaraan dan tonggak pemeliharaan, sedangkan e-Call berupa respon kecelakaan otomatis dan Roadside bantuan aplikasi keadaan darurat yang sifatnya segera. Daftar lengkap aplikasi pendukung Vinli untuk perangkat Android dan iOS dapat ditemukan dilihat pada aplikasi My Vinli.

Vinli juga dapat berbagi koneksi 4G dengan perangkat lain di dalam kendaraan berkat fungsi WiFi hotspotting. Data 4G disediakan oleh jaringan T-Mobile dan dipasarkan dalam paket per US$6 untuk  pemakaian data 500 MB. 500 MB mungkin cukup untuk informasi transfer parameter mobil, tapi jika untuk penggunaan video streaming penunjang infotainment, pastinya tidak memadai.