ArenaLTE.com – Oppo menggelar acara pers khusus saat ajang MWC (Mobile World Congress) 2016 di Barcelona hari ini, vendor asal Cina ini baru saja mengumumkan teknologi pengisian baterai super cepat baru, Super VOOC Flash Charge. Sayangnya, Oppo belum memiliki produk yang memenuhi standar untuk menggunakan teknologi tersebut saat ini.

Super VOOC Flash Charge mampu mengisi penuh baterai 2.500 mAh hanya dalam waktu 15 menit dan 45 persen hanya dalam waktu 5 menit. Teknologi baru ini bekerja baik pada microUSB dan port USB Type-C dan membutuhkan plug Super VOOC Flash Charge yang baru, kabel khusus baru, dan konektor yang terbuat dari bahan berstandar militer berkualitas tinggi.

Oppo kabarnya akan menambahkan dukungan untuk Super VOOC Flash Charge pada smartphone mendatang, setelah teknologi ini siap untuk produksi massal. Super VOOC hanya bertegangan 5V tapi mampu mentransmisi power pada baterai secara langsung tanpa mengkonversi tegangan. Dengan cara ini mereka mampu mencapai efisiensi pengisian hingga 97 persen.

Oppo

Saat ini Super VOOC Flash Charge masih berupa teknologi eksperimental, namun perusahaan berharap dapat menerapkannya pada smartphone Oppo dalam waktu dekat. Pada tahun 2014, Oppo pernah mengenalkan VOOC rapid charge technology yang disandang oleh varian Oppo Find 7 dan 7a.  Saat itu teknologi VOOC rapid charge menjadi pengisian baterai yang lebih cepat dari charger biasa. Dengan adanya teknologi ini, pengisian baterai selama 5 menit digadang-gadang Oppo bisa digunakan untuk menelpon selama dua jam.

Sementara pengisian selama 10 menit bisa mengisi baterai hingga 25 persen. Isi selama 30 menit, baterai terisi 75 persen. Tambahkan 15 menit lagi dan baterai terisi 90 persen. Perlu sekitar satu jam untuk membuatnya terisi 100 persen.

Teknololgi VOOC rapid charge yang telah memiliki 16 hak paten. Maka tak heran jika banyak yang berbeda dengan charger cepat milik Oppo ini. Pengisian cepat ini dimungkinkan karena Oppo menggunakan charger khusus. Hanya dengan charger miliknya inilah pengisian cepat dapat dilakukan. Charger ini punya bentuk yang lebih besar dari ukuran charger smartphone lainnya. Didalam charger ini ditanam MCU smartchip untuk mengatur arus. Disertakan juga teknologi yang Oppo sebut voltage open loop dan multi-step constant current charging.