ArenaLTE.com – Di industri kesehatan, sensor ultrasound kerap digunakan untuk mengetahui kondisi janin di dalam kandungan Ibu yang sedang mengandung melalui scan USG. Karena tidak menimbulkan efek samping, tak ayal sensor ultrasound menjadi pilihan utama dalam diagnosa kedokteran. Tapi bagaimana seandainya sensor ultrasound dibenamkan sebagai salah satu fitur di smartphone?

Jawabannya ternyata sudah ada, dan tak lagi dalam tatatanan konsep. Adalah Xiaomi, vendor smartphone asal Tiongkok ini dilaporkan telah meluncurkan Mi Mix, smartphone yang dibuat tanpa bezel (tepian), sehingga layar terbentang sampai ke ujung bodi.

Lantas di mana peran sensor ultrasound? Ternyata sensor ini diangkat Xiaomi sebagai pengganti proximity. Dikutip dari Telecomasia.net (26/10/2016), Xiaomi disebutkan telah menggandendeng Elliptic Labs sebagai pemasok hardware ultrasound di smartphone Mi Mix. Disebutkan standar ultrasound yang ada memang mengacu pada teknologi USG (Ultrasonografi).xiaomi mi mixxasasa

Resminya fitur ultrasound diberi label sebagai Inner Beauty, sistem kerjanya menggunakan ultrasound untuk mendeteksi pergerakan perangkat, singkatnya fitur ini difungsikan pengguna untuk mengaktifkan dan menonaktifkan layar.

Solusi Elliptic Labs ke depan juga dimungkinkan untuk mengatasi permasalahan klasik pada hardware. Lain dari itu kabarnya perangkat ultrasound dari Elliptic Labs juga lebih rendah dari aspek biaya, sehingga dapat mereduksi biaya produksi smartphone.

“Ini untuk pertama kalinya kami berkolaborasi dengan vendor smartphone, dan tentu kami sangat sebang bermitra dengan manufaktur smartphone papan atas. Selama ini produk kami hanya dikhususkan pada kebutuhan USG kedokteran,” ujar Laila Danielsen, CEO Eliptic Labs

Dari segi desain, Mi Mix tampil futuristik, yakni desain tanpa bezel dengan dengan rasio screen-to-body sebesar 91,3 persen. Dari segi spesifikasi pun, Xiaomi tidak tanggung-tanggung dalam memasang yang terbaik. Dengan bentang layar sebesar 6,4 inchi, Mi Mix dimotori chipset Snapdragon 821, RAM 4GB, dan media penyimpanan sebesar 128 GB. Terdapat varian dengan RAM 6 GB dengan 256 GB. Mi Mix akan mengusung dual SIM.

Kamera yang diusung memiliki resolusi sebesar 16 mpix dengan phase-detect autofocus, serta kamera selfie sebesar 5 Mpix. Baterainya berkapasitas 4.400mAh, terdapat fingerprint sensor, dan tentu Xiaomi Mi Mix masih memiliki headphone jack. Untuk desain yang sangat futuristik ini, Xiaomi sengaja merekrut seorang desainer asal Perancis bernama Philippe Starck, di mana kesederhanaan yang diusung sangat membuat smartphone ini berbeda dari yang lain. Xiaomi Mi Mix dibanderol dengan harga 3.499 Yuan atau setara Rp 6.700.000.