ArenaLTE.com – M1, salah satu operator seluler di Singapura dan vendor jaringan Huawei belum lama ini telah mengumumkan kesuksesannya dalam uji coba jaringan 4G LTE (Long Term Evolution) berkecepatan tinggi. Dalam pengujian yang dilakukan di laboratorium uji M1 Singapura, menghasilkan kecepatan download maksimum lebih dari 1 Gbps (Giba bit per seconds). Selain mencapai kecepatan download yang mengagumkan, dari pengujian ini juga dicapai kecepatan upload hingga 130 Mbps (Mega bit per seconds).

Bagi Huawei, hasil pengujian di atas sangat bernilai strategis. Pasalnya untuk pertama kalinya Huawei dan mitra operator di luar China berhasil mencapai koneksi kecepatan download dan upload tertinggi selama uji coba. Dikutip dari Telecomasia.net (18/1/2016), uji coba 4G LTE ini menggunakan hardware Huawei komersial dan prototipe perangkat LTE-A CAT14.

Selama proses pengujian, antara M1 Singapura dan Huawei terintegrasi dengan four advanced networking technologies, yang terdiri tiga komponen carrier aggregation, dua komponen carrier uplink aggregation, 4×4 MIMO, dan higher order modulation 256 quadrature amplitude modulation (QAM). Chief Technology Officer Denis Seek menyatakan bahwa lewat demonstrasi ini menunjukkan bahwa industri seluler akan dapat lebih menguatkan kemampuan teknologi 4G sebelu hadirnya 5G.

“Dengan lebih banyak pelanggan bisa  meng-upload berbagai konten di media sosial dan saluran lain, maka sama pentingnya untuk memastikan kami dapat memberikan kecepatan upload lebih tinggi. Untuk alasan ini, kami juga menguji teknologi 4G LTE untuk memberikan kecepatan upload seluler yang lebih baik, untuk memastikan kami dapat memenuhi harapan mereka, “ujar Denis Seek. Bagi Huawei, uji coba di Singapura ini telah dianggap memasuki platform 4.5G.