ArenaLTE.com – Seiring waktu kita menginginkan berbagai kemampuan yang lebih dan lebih dari sebuah smartphone. Model-model terkini sudah lebih cerdas, bahkan lebih cerdas dibanding pemiliknya yang harus googling untuk tahu titik didih air dalam ukuran celcius. Lenovo mencoba mendorong ponsel agar lebih punya banyak kegunaan dengan ponsel konsep Lenovo Smart Cast, yang antara lain dapat memproyeksikan keyboard virtual ke permukaan apapun.

Ini bukan pertama kalinya kita telah melihat keyboard yang dapat diproyeksikan. Papan proyeksi laser sudah ada, seperti yang dijual  perusahaan bernama Brookstone seharga $120 atau kira-kira 1,5 jutaan dalam Rupiah. Tapi Lenovo Smart Cast jikalau masuk ke tahap produksi massal akan menjadi ponsel pertama yang mengintegrasikan keyboard yang dapat diproyeksikan.

Untuk menggunakannya, pengguna perlu membalik kickstand di belakang Smart Cast dan menopang perangkat pada moda portrait. Di atas adalah proyektor yang akan menembakan keyboard holografik ke meja atau bidang datar apapun yang ada dihadapan pengguna.

Satu hal lagi yang membuat konsep Lenovo Smart Cast ini keren adalah yang ditembakan dari proyektor tidak terbatas hanya keyboard. Namun juga dapat memproyeksikan piano virtual, atau game seperti Fruit Ninja, atau aplikasi khusus apapun yang disediakan oleh Lenovo. Belum ada kepastian dari perusahaan apakah proyektor ini dapat digunakan untuk bermain Clash of Clans.

Menurut perusahaan, saat ini smartphone hanya terbatas mengkonsumsi konten. Lenovo Smart Cast mengubah paradigma dengan memberikan pengguna smartphone berupa tambahan proyektor laser built-in, detektor gerak berbasis inframerah dan algoritma berkinerja tinggi.

Kombinasi teknologi ini membuka dunia baru dalam interaksi: pengguna dapat memproyeksikan layar sentuh untuk mengetik dengan keyboard virtual dan bekerja dengan aplikasi produktivitas tertentu seperti kalkulator, paint dan bahkan mengedit di Microsoft PowerPoint. Lenovo juga mengklaim impian mereka adalah membuat smartphone memiliki kekuatan dan kegunaan seperti PC. Namun teknologi ini baru sebatas konsep. Belum diketahui kapan akan benar-benar dipasarkan ke konsumen.