ArenaLTE.com – Apple hari ini mengumumkan hadirnya aplikasi iPad Swift Playgrounds. Hadirnya aplikasi terbaru ini menjadi inovasi baru bagi pengguna iPad untuk dapat mempelajari cara melakukan coding dengan menyenangkan dan mudah untuk semua orang. Aplikasi iPad Swift Playground ini menghadirkan antarmuka untuk melakukan coding yang mudah dimengerti oleh para pemula dan pelajar.

Aplikasi yang memberikan kemudahan dalam mempelajari bahasa coding ini juga banyak digunakan oleh para professional untuk membuat aplikasi kelas dunia. Aplikasi Swift Playgrounds ini juga dilengkapi dengan progran pembelajaran yang akan memberikan panduan dalam proses pembelajaran melalui dunia grafis, pemecahan teka-teki dan penyelesaian tantangan selama proses pembelajaran coding.iPad Swift PlaygroundsBaca juga: Yuk Intip Kelebihan 10 Fitur Baru iOS 10 yang Impresif

Fitur dari aplikasi ini dilegkapi dengan template built-in yang akan mendorong pengguna untuk mengekspresikan kreativitas dalam menciptakan berbagai program yang bisa di share ke teman lain menggunakan email atau pesan atau bahkan di-posting ke website.

Seperti yang dilansir laman resmi Apple, Craig Federighi, Apple’s senior vice president of Software Engineering mengungkapkan andaikan aplikasi iPad Swift Playgrounds memang dihadirkan untuk mempermudah dalam proses pembelajaran coding, tidak hanya tingkat awal namun juga bisa digunakan untuk benar-benar menuliskan coding tingkat tinggi sekalipun. Aplikasi ini diharapkan mampu menjadi sarana untuk mengekspresikan kreatifitas para generasi berikutnya.

Proses pembelajaran coding dengan aplikasi iPad Swift Playgrounds memungkinkan kita untuk belajar tentang konsep coding seperti membuat perintah kerja, menciptakan fungsi, menampilkan kinerja sistem yang kita buat dan menggunakan berbagai conditional code dan variabel sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri kita.

Nantinya Apple akan secara rutin mengeluarkan beberapa tantangan kecil kepada para pengguna aplikasi ini secara rutin untuk meningkatkan kemampuan coding penggunanya. Para pelatih dan pengembang lainnya juga bisa mengguna Xcode untuk membuat tantangan coding yang diinginkannya.

iPad Swift PlaygroundsKarena aplikasi aplikasi iPad Swift Playgrounds ini menggunakan basis sitem interface iPad yang multitouch, maka kita bisa membuat sebuah program hanya dengan beberapa kali sentuhan saja. Dan hadirnya sebuah keyboard coding khusus memungkinkan kita untuk menambahkan beberapa karakter yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah.

Preview aplikasi aplikasi iPad Swift Playgrounds ini sudah tersedia mulai hari ini untuk Apple Developer Program members sebagai bagian dari kegiatan iOS 10 developer preview yang akan mulai tersedia versi beta nya pada bulan Juli nanti. Dan versi final dari aplikasi iPad Swift Playgrounds ini rencananya akan tersedia pada bulan September mendatang. Aplikasi iPad Swift Playgrounds ini bisa kompatibel dengan semua tipe iPad Air, iPad Pro dan iPad mini.