ArenaLTE.com – Kemajuan teknologi terus merambah ke berbagai perangkat dalam kehidupan sehari-hari termasuk kendaraan sebagai alat transportasi. Modul GSM/ GPS yang terpasang di mobil dan motor sudah banyak dilakukan, bagaimana jadinya jika Modul GSM/GPS ditancapkan pada sebuah sepeda? Mari kita simak bagaimana kecanggihan sepeda pintar WiBike.

sepeda pintar WiBikeBagi penggila Vespa dan penikmat olahraga sepeda, kini ada sebuah produk yang mungkin bisa menyatukan minat Anda. Produsen Vespa, yakni Piaggio dari Italia telah meluncurkan sosok sepeda pintar yang diberi label sepeda pintar WiBike. Dari spesifikasinya, ini merupakan sepeda listrik yang menghadirkan solusi hybrid, bisa dijalankan manual atau pun lewat elektrik baterai. Lain dari itu, sepeda pintar WiBike sudah terintegrasi dengan perangkat modul GSM dan GPS (Global Positioning System) untuk menunjang keselamatan pengendaranya.

sepeda pintar WiBikeSeperti yang dilansir oleh Gizmag.com, dalam teknis penggunaanya, perangkat GSM dan GPS dapat terhubung ke smartphone lewat akses Bluetooth. sepeda pintar WiBike ini sudah dilengkapi perangkat Bluetooth LE enable lengkap dengan panel instrumen LCD. Bahkan jika diperlukan bisa ditambahkan perangkat seperti sensor NFC (Near Field Communication). Ada juga panel USB sebagai cara untuk melakukan charging pada smartphone, atau USB dapat digunakan untuk transfer data ke sistem software WiBike. Mendukung aktivitas luar riuangan, segala jenis perangkat diatas sudah dirancang anti air sesuai standar IP65.

Sebagai sumber tenaga, sepeda pintar WiBike disematkan konsol baterai lithium ion berkapasitas 418 Wh pada bawah sadel. Proses pengisian baterai dilakukan otomatis sembari pengguna mengayuh sepeda. Khusus untuk keselamatan pengendara, modul GSM/GPS juga sudah terintegrasi dengan baterai, dengan ini pengguna dapat selalu memantau dan meng-observasi rute perjalanan.

sepeda pintar WiBikeDengan disambung lewat Bluetooh ke smartphone, sistem modul dapat memberi peringatan real time tentang posisi kendaraan pada pengguna lewat peta. Aplikasi ini juga menunjukkan status pengisian (charging) saat ini, menawarkan fungsi navigasi, mengumpulkan data rute dan statistik, dan memungkinkan pengguna untuk berbagi rincian perjalanan, dan sharing target kebugaran dengan teman-teman melalui media sosial.

Ingin lihat jelas kemampuan sepeda pintar WiBike, simak videonya dibawah ini.