ArenaLTE.com – Sudah agak lama kita tak mendengar update terkait Bluetooth, semenjak fitur WiFi eksis di smartphone, pamor Bluetooth harus diakui agak menurun. Namun pada akhir tahun ini dijadwalkan SIG (Special Interest Group) akan merilis versi terbaru Bluetooth, yang diberi kode Bluetooth 5.0. SIG menyebut bila tak akhir tahun ini, versi terbaru Bluetooth ini akan diluncurkan pada awal tahun depan. Ketimbang versi Bluetooth terdahulu, maka di Bluetooth 5.0 SIG sengaja menyasar koneksi WLAN ini untuk kebutuhan segmen Internet of Things (IoT).

Menurut Special Interest Group (SIG) Bluetooth, Bluetooth 5.0 akan memiliki jangkauan dua kali lebih luas dan empat kali lebih cepat dari Bluetooth 4.2. Selain itu, teknologi ini juga memberikan kapasitas lebih banyak untuk transmisi periklanan.Direktur Eksekutif SIG Bluetooth, Mark Powell  mengatakan, “Bluetooth 5.0 akan menyediakan fungsi layanan tanpa koneksi yang baru seperti informasi tekait lokasi dan navigasi. Dengan menambahkan kapasitas lebih banyak bagi transmisi periklanan, akan mendorong adopsi dan penerapan suar serta layanan berbasis lokasi untuk pengguna di seluruh dunia.”

Selain itu, ada pula penambahan kapasitas yang jauh lebih besar saat melakukan transmisi. Dengan demikian, informasi dari sebuah perangkat yang belum tersambung akan jauh lebih cepat sehingga memudahkan pengguna. Belum dapat dipastikan berapa besaran yang akan digunakan pada paket transmisinya. Namun, akan lebih dari kemampuan paket saat ini, yakni 47 bytes yang 31 di antaranya tersedia untuk data.

Sayangnya, belum dipastikan daftar perangkat yang akan kompatibel dengan Bluetooth versi terbaru ini. Namun, umumnya versi terbaru dari Bluetooth membutuhkan perangkat Bluetooth yang baru juga, tak sekadar pembaruan lewat software. Di sisi lain, perangkat yang dilengkapi Bluetooth 5.0 seperti laptop, tablet, smartphone, dan aksesoris lain akan dirilis mulai tahun 2017.