ArenaLTE.com – Menyandang predikat sebagai perangkat wireless sudah barang tentu antena menjadi komponen yang paling vital di perangkat mobile, termasuk laptop. Selama ini adopsi antena laptop terpisah-pisah seperti antena Bluetooth, WiFi dan 3G/4G. Maka dengan integrasi ke semuanya dalam satu paket antena, selanjutnya potensi adanya interferensi antar sinyal dapat dikurangi, dan kinerja perangat sampai konsumsi energi baterai pun dapat dihemat.

Terkait dengan teknologi antena laptop, belum lama berselang para ilmuwan dari University of Birmingham di Inggris telah menghadirkan sosok antena laptop multi fungsi. Antena laptop ini mampu ‘membungkus’ modul untuk WiFi (wireless fidelity), GPS (global positioning system), Bluetooth, dan 3G/4G LTE (long term evolution) dalam satu unit. Terobosan ini menjadikan sosok laptop yang ringan dan tipis punya peran yang amat powerful.

Seperti dikutip dari newsatlas.com, inovasi para peneliti dari University of Birmingham tak lagi berstatus prototipe, melainkan antena laptop dan aplikasinya sudah siap dipasarkan secara komersial lewat produksi Smart Antenna Technolgy (SAT).

Sebagai konsekuensi harus mampu menanamkan antena di perangkat yang lumayan tipis, maka desainer harus memutar otak untuk melakukan rekayasa. Maka jadilah posisi antena laptop ditanam pada sisi ronggal engsel. Namun karena keterbatasan space, pihak pabrikan hanya memasukkan antena WiFi dan 3G/4G LTE. Pihak SAT tidak hanya menggabungkan fungsi antena untuk laptop high end dengan WiFi, GPS, Bluetooth dan 3G/4G LTE, namun lebih dari itu juga dimungkinkan penambahan fitur seperti asupan teknologi multi Input-multi-output (MIMO) fungsi, yang meningkatkan tingkat download data.

Menurut para peneliti di University of Birmingham, penggunaan antena tunggal SAT dapat menggantikan lima fungsi antena yang terpisah pada laptop/notebook. Selain itu, untuk urusan tenaga, ternyata konsumsi energinya tidak ada perbedaan jauh dengan penggunaan baterai pada laptop konvensional. SAT yang berlaku sebagai vendor pemasok perangkat, kini sedang melakukan penjajakan pemasaran solusi smart antenna ke Sony di salah satu pabriknya yang terletak di Cardiff, Wales, Inggris.