ArenaLTE.com – Banyak orang mungkin berpikir, memainkan game sebagai aktivitas yang individualis dan membuat kita menyendiri. Dengan layanan internet yang cepat seperti yang ditawarkan 4G LTE, saling terkoneksinya perangkat games PC kemudian games konsol dan smartphone mampu meghadirkan pengalaman bersosialisasi lebih banyak. Hadirnya teknologi 4G LTE untuk games menawarkan pengalaman yang lebih interaktif.

Bayangkan kita bisa terkoneksi dengan 4 orang gamer lainnya ketika memainkan konsol Nintendo 64 atau memainkan game Doom mode Death Match yang saling terkoneksi berdasarkan IP Adress teman-teman kita. Kini dengan games interaktif online kita dapat memiliki komunitas teman, keluarga, dan sesama gamer yang hidup dalam konsol Xbox 360 dan PS3/PS4.

Kini, penyebaran layanan teknologi 4G LTE untuk games juga mulai membawa pengalaman sosial yang sama. Seperti yang disarankan teori games yang diungkapkan James Morrow di Qualcomm.com, kadang-kadang justru elemen interaksi sosial sesama manusia itulah yang membuat sebuah game menjadi benar-benar menarik.

James mencontohkan keluarganya ketika pindah dari Texas ke California, anaknya marah karena harus meninggalkan sahabatnya. Jadi setiap malam, mereka selalu bermain video game online bersama-sama, jadi walaupun berjauhan mereka bisa tetap saling berhubungan. Berkat game online tersebut, mereka tetap bisa melakukan hal yang biasa mereka kerjakan bersama dalam satu ruangan namun dari jarak jauh.

Mereka memiliki headset Bluetooth untuk chatting, dan bersenda gurau seperti yang biasa mereka lakukan secara pribadi, termasuk saling berkirim pesan dengan teman-teman lainnya agar bergabung memainkan game secara online, jadi mereka tidak pernah benar-benar bermain secara sendiri.

James juga memberikan contoh lain paling nyata dari sosial games yaitu game online World of Warcraft dan Vendetta Online. Menurut James ada seseorang yang sudah lebih dari 10 tahun memainkan games online ini, anaknya hingga cucu nya juga main games ini, hingga akhirnya tercipta komunitas keluarga diantara mereka melalui games online sederhana tersebut.

Games tersebut merupakan game sosial pertama yang medukung koneksi internet dial up (kabel telepon). Kini game online canggih bergenre Massively multiplayer online role-playing game (MMORPG) makin berkembang dan semakin mudah dengan koneksi super cepat braodband yang memungkinkan interaksi pertemuan para pemain secara virtual terasa sangat realistis seperti layaknya berinteraksi di dunia nyata.

Namun pengalaman interaksi yang luar biasa seperti ini belum terintegrasi sempurna ke dalam smartphone. Koneksi layanan internet setara 3G belum sanggup untuk mengatasi tingkat interaktif yang sama luar biasanya dengan koneksi WiFi atau Broadband.

teknologi 4G LTE games online
thenextweb

Itulah mengapa game mobile masih cenderung menghadirkan games sosial online dengan metode interaksi turn base seperti Words With Friend dan draw something. Koneksi internet lambat masih menjadi dua kendala utama untuk para mobile gamers:

  1. Tingkat Responsivitas Kendali: Internet yang stabil dan lancar menjadi jaminan utama. Misalnya kita sedang memainkan games menerbangkan pesawat angkasa dan mencoba untuk menembak musuh. Jika ada jeda waktu (lag) ketika kita menekan tombol fire (tembak) dengan keluarnya laser dari pesawat untuk menembak musuh bahkan sepersekian detik saja praktis pengalaman multiplayer game akan rusak dan game ini gak akan seru untuk kita mainkan.
  2. Pergerakan Lawan: Karena internet yang lambat, ada jeda lagi sebelum laser kita mengenai pesawat lawan. Dan tantangan dengan 3G bahkan terkadang WiFi yaitu pergerakan pesawat lawan terkadang lebih cepat daripada kemampuan jaringan operator untuk menghantarkan tembakan laser, jadi tidak ada sinkronisasi. Gaming online yang diutamakan yaitu harus ada koneksi sinkronisasi yang sangat tepat dan sesuai atara pemain supaya dapat menampilkan pengalaman dan tampilan yang sama antara pemain online lainnya.

Kehadiran teknologi 4G LTE untuk games memiliki potensi untuk menyelesaikan kedua kendala tersebut. Layanan seluler generasi keempat ini menawarkan revolusi baru bermain game online melalui smartphone dengan pengalaman yang sama dengan game online melalui konsol maupun PC game.

Dengan kecepatan mobile internet yang bisa dikebut hingga 25 Mbps, maka teknologi 4G LTE untuk games mampu memberikan pengalaman game interaktif online yang setara. Cukup dengan menggunakan smartphone, para game mobile bisa benar-benar saling berinteraksi satu sama lain.

Ketika menambahkan fitur konektivitas didalamnya, Konsol game juga melakukan revolusi, bukan karena gamer yang melakukan koneksi ke website namun mereka saling tekoneksi ke sesama gamer konsol lainnya. Hal yang sama juga akan terjadi dalam smartphone dengan hadirnya teknologi 4G LTE untuk games. Cukup menggunakan smartphone dengan teknologi 4G LTE, mobile game akan menawarkan sebuah pengalaman bermain games yang benar-benar baru.

Tidak seperti konsol dan game PC, game sosial interaktif mobile online tidak akan lagi terikat dengan ruangan, fleksibilitas menjadikannya bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Sambil sambil menunggu kereta, perjalanan dalam kendaraan umum, atau bahkan sedang mengantri kita bisa selalu terkoneksi dengan game sosial interaktif tersebut.

Dan tak perlu menunggu waktu lama, revolusi game sosial interaktif versi mobile ini akan segera terjadi. Ketika penerapan layanan 4G LTE merata diseluruh wilayah Tanah Air, akses internet super cepat akan mengubah cara kita memainkan sebuah game.