ArenaLTE.com –Anda mungkin sering melihat atau menggunakan emoji ‘Tears of Joy’ (ToJ) di jejaring sosial atau aplikasi chatting, dan kabarnya emoji tersebut kini telah terpilih menjadi Word of the Year 2015 versi Oxford Dictionaries. Emoji yang dipilih adalah emoji yang secara resmi disebut sebagai Face with Tears of Joy, seseorang yang tertawa hingga menangis.

Setiap tahunnya, Oxford Dictionaries selalu memilih satu kata atau idiom sebagai Word of the Year (WOTY). Dan tahun ini, Oxford Dictionaries memilih sebuah emoji sebagai WOTY. Dalam sebuah blog post, Oxford Dictionaries menyebutkan, inilah pertama kalinya mereka memilih sebuah gambar sebagai WOTY.

Oxford mengatakan, penggunaan kata emoji dan karakter ekspresif di dalamnya tampak mengalami peningkatan besar pada tahun 2015. Bermitra dengan aplikasi pihak ketiga SwiftKey Keyboard di ekosistem Android dan iOS untuk melihat data penggunaan emoji secara global, Oxford menemukan bahwa wajah sukacita dengan air mata adalah pictograph yang paling banyak digunakan di seluruh dunia pada tahun ini.

Oxford Dictionaries menjelaskan, mereka memilih emoji ini karena di tahun 2015, emoji dan kata emoji semakin sering digunakan. Dan Face with Tears of Joy terpilih sebagai WOTY karena ia adalah emoji yang paling sering digunakan di dunia. Emoji dipilih karena dianggap sebagai sebuah ‘kata’ terbaik yang mencerminkan etos, suasana hati, dan keasyikan dari tahun 2015.

Emoji berasal dari bahasa Jepang yang artinya karakter-gambar. Catatan sejarah menyebutkan, penggunaan karakter wajah seperti itu sudah ada sejak 1940-an. Dulu ia disebut emoticon. Tapi Internet membuat emoji menyebar begitu cepat. Diawali penggunaan karakter emoticon 🙂 di komputer pada 1982. Karakter ini dikirim seorang pria yang frustasi karena seorang koleganya tak kunjung mengerti ketika dia bercanda.

Gambar-gambar emoji yang menyatu dalam pesan teks pertama kali diperkenalkan pada smartphone Jepang. Tapi ketika pesan ini dikirimkan ke seluruh dunia, hasilnya tak dikenali. Emoji kini diklaim sebagai bahasa yang paling cepat penyebarannya di dunia maya. Tapi ukurannya yang kecil kerap membingungkan orang akan arti sesungguhnya ekspresi di wajah-wajah emoji itu.