ArenaLTE.com – Di era digital seperti sekarang ini, dimana akses internet cepat sudah dapat dinikmati dengan mudah melalui jaringan 4G LTE memiliki sebuah website adalah hal yang wajib bagi pelaku usaha. Pelaku usaha yang berwawasan digital, tentu paham bahwa sebuah website merupakan sarana kunci untuk menjalin hubungan dengan konsumen dan memilih nama domain website yang tepat dapat berdampak besar terhadap kesuksesan bisnis.

Memilih nama domain website merupakan tantangan tersendiri bagi pelaku usaha, sebuah nama mencerminkan brand usaha yang dijalankan. Terkadang nama yang cocok sudah dimiliki oleh orang lain, karena dalam tiga tahun terakhir saja ada sekitar 100 nama website populer baru atau disebut generic top-level domain (gTLD) baru yang memasuki pasar. Jumlah ini meningkat hampir 5.000 persen dari jumlah sebelumnya dimana hanya ada 22 pilihan gTLD seperti.com, .net dan .org. Berikut ini tips dan trik dan beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih nama domain website yang tepat untuk pelaku usaha.

  1. Menentukan ekstensi domain yang tepat, populer dan terpercaya

Terdapat berbagai ekstensi nama domain terpercaya yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Kebanyakan orang memilih ekstensi domain terpercaya seperti .com dan .net ketika membuat nama domain website. Hal ini mungkin terjadi karena mayoritas situs berita, perdagangan, komunikasi, dan hiburan telah menggunakan ekstensi domain tersebut selama lebih dari 30 tahun.

Namun tidak hanya .com saja, beberapa gTLD baru tidak diragukan akan menjadi domain yang terpercaya di ranah global suatu saat nanti. Namun, para pelaku usaha harus berhati-hati dalam mempertaruhkan brand online mereka pada gTLD baru. Menggunakan ekstensi nama domain yang unik dan berbeda dari yang lain dapat menjadi daya tarik, namun kepercayaan dan perilaku pengguna terhadap ekstensi domain seperti .com dan .net yang sudah tertanam lebih dari tiga dekade akan sulit dipatahkan.

Ilustrasi kunci keberhasilan blogger Indonesia

  1. Mendaftarkan nama domain website dengan berbagai ektensi

Merupakan sesuatu yang umum jika para pelaku usaha dan individu mendaftarkan beberapa nama domain dan menciptakan portofolio domain dalam memaksimalkan strategi digital mereka. Hal ini disesuaikan dengan target lokasi dan kriteria pelanggan tertentu dan memiliki beberapa nama domain yang dapat mencerminkan penargetan tersebut, baik berdasarkan lokasi, produk, maupun demografi.

Beberapa pebisnis dan individu juga dapat memperbanyak portofolio domain dengan mendaftarkan ektensi nama domain yang berbeda-beda. Sementara ekstensi .com menjadi pilihan utama bagi sebagian besar bisnis, terdapat pula berbagai ektensi domain lain yang dapat menjadi pilihan.

  1. Memastikan nama domain website yang dipilih memang tepat

Setiap ektensi domain dioperasikan oleh domain registry yang bertanggung jawab untuk memelihara dan mengoperasikan infrastruktur, sehingga domain dapat berfungsi dengan baik dan dapat diakses secara global. Sebagai contoh, perusahaan Verisign merupakan domain registry untuk beberapa TLDs, termasuk .com dan .net. Kemampuan sebuah domain registry dalam mengoperasikan ekstensi domain akan berpengaruh langsung pada kinerja nama domain yang menggunakan ekstensi tersebut. Keahlian, investasi, serta track record yang diperlukan untuk memastikan kinerja website merupakan faktor yang penting namun seringkali dilupakan.

Banyak pemilik situs website mungkin berpikir penyedia layanan internet bertanggung jawab untuk menghubungkan pengguna ke website mereka, namun itu tidak sepenuhnya benar. Selain koneksi internet, sebenarnya domain registry lah yang menavigasikan pengunjung dengan website, sehingga penting bagi Anda untuk mempertimbangkan pengalaman dan sejarah domain registry gTLD yang Anda inginkan. Memilih penyedia layanan dengan track record stabil dan sukses merupakan langkah cermat bagi bisnis Anda.

  1. Memilih ektensi nama domain yang memiliki tingkat keamanan tinggi

Dengan semakin banyaknya ekstensi domain baru, para scammer memanfaatkan kebingungan konsumen tentang ektensi domain baru ini dengan melakukan serangan berupa phishing dan kejahatan cyber lainnya. Beberapa organisasi keamanan dunia maya telah memantau tren kejahatan ini dan merekomendasikan kepada para pengguna internet untuk memblokir gTLD tertentu dari jaringan mereka, sementara pengguna lainnya sudah melakukan pemblokiran tersebut karena tingginya tingkat spam. Mungkin akan lebih baik jika kita tetap menggunakan ekstensi domain yang telah diketahui oleh banyak orang dan terpercaya, sampai gTLD yang baru dapat membuktikan keamanan dan keandalannya.

  1. Pemilihan ekstensi dan nama domain yang tepat dapat meningkatkan popularitas

Search engine atau mesin pencari memiliki metode untuk menentukan peringkat website dari relevansi dan  konten. Meskipun banyak variabel penentu seperti kualitas konten, inbound link, struktur website, dan kecepatan download, salah satu variabel yang paling penting adalah jumlah pengunjung dari suatu website. Semakin banyak pengunjung website maka search engine akan menilai website kita lebih relevan dan populer dibandingkan dengan website lain.