ArenaLTE.com – Semenjak kehadirannya beberapa waktu silam, ada tumpuan harapan dilimpahkan Oppo di pasar Tanah Air. Persaingan pun bukan hanya dari produsen global saja, gempuran produk dari negeri yang sama, China, ikut menyesaki kehadiran smartphone Oppo Indonesia. Meyakini akan kualitas produknya, Oppo kini bisa menyingkirkan semua pesaingnya sehingga menjadi vendor smartphone terlaris kedua di Indonesia.

Smartphone Oppo bisa dibilang sebagai produk yang cukup sukses dalam membuat sejarah keberhasilan dan tercatat sebagai produsen ponsel asal China yang menjadi terlaris kedua Indonesia. Dan tentunya, hal itu bisa dilihat dari keyakinan perusahaan saat pertama kali menghadirkan produknya di Tanah Air yang berbeda dari para kompetitornya. Dimana saat pasar mulai diramaikan dengan ponsel murah dan desain copy paste dari produsen global, smartphone Oppo justru hadir berseberangan sebagai strateginya.

2013 adalah tahun dimana kiprah pertama kali smartphone Oppo di Indonesia dan bila dihitung hingga saat ini, sudah ada 3,5 tahun perusahaan berkompetisi. Pun demikian, meski termasuk sebagai pemain muda di industri smartphone Tanah Air, namun perusahaan memiliki banyak senjata andalan yang telah dihadirkannya. Ada sekira 37 produk dari beragam kategori kelas dihadirkan sang produsen, baik itu untuk kelas menengah hingga tingkatan kelas pengguna atas.tips memotret selfie

Sejarah smartphone Oppo dimulai dengan tidak mengikuti tren pasar yang disesaki oleh ponsel asal China dan notabene bisa dibilang terlalu mainstream. Harga murah dengan desian copy paste, serta spesifikasi sekadarnya banyak diadopsi para pemain ponsel Tirai Bambu di Tanah Air. Oppo tidak mengawali dengan hal tersebut, perusahaan yakin bahwa seri pertama yang dikenalkan dengan nama seri Oppo Find 5 akan lebih dikenal dibanding kompetitornya yang bermain dengan strategi sama.

Namun, bukan hanya Oppo Find 5 saja yang dipersiapkan produsen ini. Ada 36 produk lainnya yang disiapkan perusahaan untuk pasar Indonesia. Berikut kami berikan ulasan jajaran smartphone Oppo dari Awal Kehadirannya Hingga saat ini.

Tahun 2013

Seperti diungkapkan diatas, Oppo Find 5 adalah produk smartphone yang dipercaya akan menjadi awal tonggak sejarah Oppo dikenal di Tanah Air. Berbeda dengan strategi yang dijalankan para kompetitornya, perusahaan justru menghadirkan seri ini dengan tren yang berseberangan.Oppo-Find-5

Oppo Find 5 adalah smartphone basis Android yang dimasa awal pengenalannya dilepas dengan harga yang cukup tinggi, berbanding terbalik dengan produk kompetitor dari negeri yang sama. Pun demikian, ada alasan dibalik banderol IDR6 jutaan tersebut. Find 5 adalah smartphone dengan dukungan memori RAM 2GB  dan prosesor 1,5 GHz Quad-Core yang cukup besar di masanya. Selain itu, kamera utama sebesar 13MP menjadi fitur yang digadangkannya.

Keyakinan Oppo dengan produknnya tak hanya putus pada Find 5, di tahun yang sama perusahaan juga menghadirkan seri lainnya yang digadangkan dengan nama Find Way. Smartphone kelas menengah yang juga masih dianggap mahal di masanya, karena saat rilisnya dilepas dengan harga IDR3,9 juta. Kemudian dilanjuti dengan seri Oppo Find Piano atau Oppo R8113  seri low-end yang ditawarkan dengan harga IDR2 juta. Untuk seri lain yang dihadirkannya adalah Oppo Find Muser R821 yang digadangkan dilengkapi fitur smart sleep dengan banderol IDR1,7 juta.

Seri yang dihadirkan di tahun yang sama yakni Oppo find Clover, diperkirakan hadir pada bulan April yang diklaim untuk kelas menengah bawah. Find Clover ditawarkan dengan banderol harga IDR2,5 juta, seiring dengan seri lainnya, yakni Find Mirror yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dengan harga IDR4 juta. Seri lain yang juga dihadirkan pada tahun yang sama adalah Oppo Find Way S, dan seri ini juga bisa dibilang sebagai seri premium penutup 2013 yang dibanderol sekira IDR6 jutaan.

Tahun 2014

Nyali besar Oppo untuk bersaing di 2014 dengan Lenovo, Huawei, ZTE, dan Xiaomi dibuktikan dengan baik oleh perusahaan. Pasalnya, di tahun ini dimana para pesaing menggelontorkan smartphone untuk segmen menengah bawah yang berarti hadir dengan harga murah, namun justru Oppo mengawalinya dengan menghadirkan seri premium yang bisa terlihat dari harganya yang tinggi.

Oppo N1 adalah seri yang mengawali 2014 dengan harga yang tinggi dibanding kompetitornya, seri ini dibanderol dengan harga IDR7 juta digadangkan memiliki kamera putar 180 derajat. Dan tentunya, meski tidak bisa dibilang sebagai pelopor smartphone selfie, tapi produk ini menjadi produk terbaik dimasanya untuk urusan pengambilan foto diri sendiri tersebut.oppo-n1

Selanjutnya ada seri Oppo Find 5 Mini yang dibanderol IDR3,7 juta yang disusul dengan kehadiran seri N1 Mini yang diklaim versi lebih kecil dari pendahulunya dibanderol seharga IDR5 juta. Tahun 2014 juga dipenuhi Oppo dengan kehadiran Oppo Neo dengan hargar IDR2,7 juta,  Oppo Yoyo seharga IDR3 juta, Oppo Joy dibanderol IDR1,7 juta, Oppo R1 , Oppo Neo 3, Oppo Find 7, Oppo Find 7a, Oppo R5, Oppo N3.

Tahun 2015

Seperti pada tahun sebelumnya, 2015 juga diawali dengan produk yang memiliki spesifikasi tinggi. Tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya yang dihadirkan perusahaan, Oppo Mirror 3 adalah produk yang datang pada awal 2015 dengan spesifikasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Seri ini dibanderol dengan harga IDR3 jutaan yang diklaim memiliki kinerja yang responsif dengan prosesor Quad Core dari Qualcomm Snapdragon 410. Serta urusan kamerea yang digadangkan hadir dengan dukungan sensor kamera dari Sony IMX 179 backside Illuminated.

Oppo Joy Plus adalah produk kedua yang sekaligus menjadi produk penerus dari seri yang dikeluarkan terlebih dahulu pada 2014. Seri ini hadir dengan harga IDR1,5 juta, kemudian disusul dengan seri kandungnya dari nama yang tak jauh berbeda yakni Oppo Joy 3 seharga IDR1,9 juta.oppo r7s gold

Di tahun yang sama produk-produk Oppo berikutnya mulai digelontorkan dengan varian harga yang beragam. Seperti Oppo Neo dibanderol IDR2,5 juta, serta Oppo R1X seharga IDR4,3 juta, juga jajaran Oppo 7R series seharga IDR4,9 juta. Sedangkan seri kandung Oppo R7 Lite seharga IDR3,9 juta dan Oppo R7 Plus dengan banderol IDR6,9 juta. Selain itu juga ada Oppo R7 S yang dibanderol seharga IDR5 juta, serta Oppo Neo 7 seharga IDR2,4 juta yang sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Tahun 2016

Menjelang awal 2016 Oppo mempersiapkan seri F1 sebagai senjata andalannya bertarung di awal tahun. Seri ini kabarnya menguatkan sisi kamera, meski tidak menutup kelebihan lainnya seperti desain dan spesifikasi yang diungkapkan mumpuni di jajaran smartphone sekelasnya.

Oppo F1 hadir dengan kekuatan kamera utama sebesar 13MP yang didukung dengan sensor F/2.2, yang diklaim mampu menangkap cahaya lebih banyak untuk memberikan image terbaik. Saat ini, di pasaran Oppo F1 dibanderol dengan harga IDR2,6 juta. Selain itu juga disusul dengan kehadiran dari seri Oppo F1 Plus yang dibanderol dengan harga IDR5 jutaan.oppo F1 Plus b

Meski dikenal dengan banyak kategori produk premiumnya, tidak lantas membuat Oppo lupa menghadirkan seri menengah dengan harga terjangkau. Salah satunya adalah Oppo A37 yang dibanderol seharga IDR2,7 juta dan fitur yang diandalkan pada seri ini adalah kamera sehingga membuatnya dijuluki sebagai smartphone selfie kalangan menengah.

Nah, di pucuk tertinggi hingga 2016 ini yang notabene sedang mewabah smartphone selfie, Oppo F1 S adalah persenjataan yang dimiliki perusahaan. Tentu alasan kamera adalah salah satunya, seperti pada bagian depan yang hadir dengan kekuatan 16MP dan kamera belakang 13MP. Seri ini hadir dengan banderol harga IDR3,8 juta.