ArenaLTE.com – Saat era smartphone dengan layar sentuh belum menjadi trend, ponsel dengan konsep lipat (flip) sempat populer dan memiliki penggemarnya sendiri. Sekarang, kita semakin kesulitan mencari ponsel baru yang bisa dilipat, apalagi memiliki layar ganda. Hal ini karena kebutuhan di pasar yang kian sedikit.

Nah, jika Anda ingin bernostalgia dengan ponsel flip ataupun yang berlayar ganda, namun tidak ingin kehilangan fitur-fitur canggih yang kekinian, berikut ini kami hadirkan 6 ponsel pilihan. Meski demikian, patut diperhatikan bahwa daftar 6 ponsel baru dengan desain unik ini masih belum beredar di pasar Indonesia secara resmi. Sehingga jika Anda benar-benar menginginkannya, bisa membelinya di situs belanja luar negeri.
Baca juga: Tujuh smartphone 1,9 Jutaan yang laris di pasar

YotaPhone 2

yotaphone

Seperti telah diberitakan banyak media Online, YotaPhone 2 adalah ponsel dua layar basis Android yang sangat cantik. Dua layar diletakkan dalam satu bodi, sehingga menghilangkan kekuatiran ponsel akan mengalami patah karena mengadopsi desain ‘flip’. Namun begitu, dua layar yang ada pada satu tubuh tersebut memiliki fungsi yang berbeda, salah satu layar utama menggunakan teknologi AMOLED dengan kerapatan piksel mencapai 441 ppi dimensi 5 inci. Sedangkan pada layar tambahan lainnya, menggunakan dimensi lebih kecil 4,7 inci yang hanya menggunakan teknologi monochrome.

Meski demikian, spesifikasi yang diusung ponsel ini cukup menggiurkan, seperti halnya dapur pacu dari prosesor Qualcomm Snapdragon 800 dengan RAM 2GB. Sedangkan pada bagian memori penyimpanan menggunakan kapasitas 32GB. Untuk kamera, YotaPhone 2 dibekali dengan resolusi 8MP pada bagian utama dan kamera depan resolusi 2MP.

Samsung Galaxy Gold 3 (W2016)

Samsung Galaxy Gold 3

Untuk urusan desain, Samsung Galaxy Gold 3 memang perlu diacungi jempol. Pasalnya, ponsel baru ini hadir sebagai ponsel clamshell atau flip pertama di dunia yang hadir dengan dukungan OS Android Lollipop. Elegan, karena ponsel pintar ini hadir mirip dengan desain Galaxy S6 maupun Note 5, namun memiliki dua layar yang bisa difungsikan berbeda. Pada bagian layar luar menggunakan dimensi 3.9 inci, sedangkan layar dalam berukuran 4,6 inci.

Tak hanya desain, dapur pacu yang dimiliki seri W2016 ini juga cukup gahar seperti prosesor Octa Core Exynoss seri 7420, serta RAM sebesar 3GB. Sedangkan untuk memori penyimpanan internal, menggunakan kapasitas 64GB. Pada bagian kamera, menggunakan resolusi 16MP untuk sisi utama dengan kamera bagian depan resolusi 5MP.

LG V10

LG V10

Sebenarnya LG V10 bukanlah ponsel flip, namun sistem didalamnya mampu membuat ponsel membuat layar menjadi ganda. Ponsel baru yang sempat mengejutkan dunia ini, hadir menggunakan dimensi layar 5,7 inci Quad HD pada utama, serta layar tambahan 2,1 inci resolusi 1.040 x 160 piksel. Berbeda dari layar utama yang difokuskan untuk aplikasi dan menu dasar, layar tambahan kecil tersebut difokuskan LG untuk meletakkan ikon menu sehingga pengguna bisa mengaksesnya meski saat sedang menjalankan aplikasi atau beraktivitas di layar utama.

Untuk dapur pacunya sendiri, seri ini hadir dengan prosesor Snapdragon 808 dengan memori RAM kapasitas 4GB. Sedangkan memori penyimpanan internal menggunakan kapasitas 64Gb yang bisa diperluas melalui slot micro SD. Saat ini, ponsel hadir dengan sistem operasi Android Lollipop dan dukungan kamera utama 16MP dan kamera depan 5MP.

Kyocera DuraXA

Kyocera DuraXA

Produsen ponsel ini dengan kerendahan hati menyebutnya sebagai ponsel sederhana, karena hal yang difokuskan adalah sebuah ketangguhan. Meski sebenarnya ini masih dalam produk kategori feature phone, namun pengguna tetap bisa menggunakannya secara pintar. Kyocera diklaim mampu bisa dimanfaatkan sebagai navigator atau penunjuk arah, selain itu juga difungsikan sebagai walkie talkie untuk ketersambungan komunikasi satu arah.

Untuk spesifikasinya, Kyocera DuraXA dibekali dengan layar 2.4 inci yang difungsikan untuk layar utama, dengan layar depan dimensi 1.8 inci. Seri ini diklaim memiliki ketangguhan karena telah tersertifikasi Militer 810G dan IP68 untuk cipratan air, dan digunakan dalam suhu ekstrim. Menggunakan kamera utama dengan resolusi sebesar 5MP.

Samsung Rugby 4

Samsung Rugby 4

Seperti halnya dengan ponsel produksi Kyocera, Samsung Rygby 4 juga hadir dengan fungsi sederhana. Namun, ponsel ini menawarkan dua fungsi layar berbeda, dimana pada bagian depan difokuskan untuk layar notifikasi yang mencakup untuk informasi waktu, serta pemberitahuan masuk lainnya. Sedangkan pada layar utama, diletakkan pada bagian dalam yang difungsikan untuk penyajian menu.

Fungsi sederhana tentunya juga dengan piranti keras sederahana, seperti dimensi layar yang mengguaan dimensi 1.3 inci pada bagian depan. Serta bagian layar utama yang sedikit lebih luas, yakni 2,4 inci. Seri ini juga hadir dengan persenjataan kamera utama hanya sebesar 3MP, dengan kemampuan merekam video QVGA mencapai 15 frame per detik (fps).

Tag Heuer Meridiist

Tag Heuer Meridiist

Dibuat oleh produsen jam tangan mewah Tag Heuer, seri ini hadir dengan desain yang berbeda dari beberapa seri ponsel layar ganda lainnya. Layar utama menggunakan dimensi 2,4 inci yang difungsikan untuk mengolah menu, sedangkan layar tambahan yang lebih kecil yang difokuskan untuk layar pemberitahuan.

Selain layar ganda, ponsel baru ini juga hadir dengan tambahan piranti ‘photovoltaic cells’ sebuah teknologi yang dapat mengubah sinar matahari menjadi listrik, bahkan sinar lampu biasa juga bisa diolah menjadi sumber tenaga baru untuk membuatnya hidup lebih lama. Namun sayangnya, seri ini hany dibekali dengan kapasitas memori penyimpanan internal terbatas, hanya dibekali kapasitas 8GB.