ArenaLTE.com – Pasar smartphone tahun ini sebenarnya cukup menarik karena dihiasi dengan kemunculan beberapa ponsel berkonsep unik. Bukan hanya bentuk saja, tapi beberapa produk ini adalah keluaran vendor ternama namun menyuguhkan penawaran unik yang bisa dibilang sudah menembus batasan sebuah smartphone pada umumnya.

Ponsel apa saja sih? Ayo kita telusuri satu-satu.

Huawei ShotX – Ponsel dengan kamera yang bisa dibolak-balik.

Huawei-ShotXDengan kamera yang cukup unik, Huawei ShotX (Honor 7i) adalah salah satu ponsel berkonsep unik yang layak masuk dalam daftar. Bukan saja karena ponsel ini hadir dengan sistem yang bisa membalikkan atau mengubah posisi kamera belakang 13 MP-nya menjadi kamera depan hanya dengan sentuhan jari. Tapi Huawei ShotX juga merupakan smartphone pertama yang memindahkan posisi pemindai sidik jari ke bagian sisi yakni dipasang di tombol power atau lock.

Unit kamera tunggalnya juga dilengkapi dengan beberapa atribut penting. Mulai dari sensor Sony, aperture f/2.0 serta proteksi lensa dari bahan safir. Buat yang kuatir kalau-kalau sistem rotasi yang bisa memutar kameranya hingga 180 derajat itu rentan, Huawei sudah menjamin kalau mekanismenya bisa bertahan sampai dua tahun pemakaian.

Selain kameranya yang unik – walau konsepnya mengadopsi Oppo N1 – Huawei ShotX adalah smartphone kelas menengah yang didukung layar seluas 5,2 inci resolusi full HD 1080p. Disuntik prosesor Snapdragon 616, RAM 2/3GB dan memori internal 16/32GB. Termasuk baterai berkapasitas 3100 mAh.

LG V10 – Ponsel serba dual.

LG-V10-TickerLG V10 adalah salah satu ponsel berkonsep unik lainnya. LG V10 seolah merupakan jawaban dari ponsel dual edge dengan layar fleksibel yang dirilis Samsung. Smartphone ini disuntik dengan teknologi terkini dimana yang paling meonojol adalah display secondary di bagian depan layar berukuran 2,1 inci. Berfungsi sebagai tempat penampil shortcut, notifikasi dan tanggal serta jam.

Komponen hardware berkonsep dobel bukan hanya di sektor layar saja. LG V10 juga memiliki dual front kamera 5MP (kamera depan dobel) dengan dual tone. Sementara di bagian belakang bodi terdapat kamera 16MP yang didukung OIS serta dilengkapi dual LED flash.

Samsung Galaxy S6 edge – Ponsel dengan sudut menekuk.

Galaxy-S6-EdgeSamsung Galaxy S6 edge adalah ponsel berkonsep unik dengan display berkonsep dual edge. Produk ini memiliki layar fleksibel YOUM yang didukung lapisan plastik dengan teknologi terdepan. Selain smartphone ini sebenarnya hadir pula saudaranya Samsung Galaxy S6 Edge+ yang berukuran lebih besar lagi.

Ponsel ini menawarkan teknologi paling mutakhir yang bisa ditanamkan, mulai dari prosesor 14nm dan kamera 16 MP dengan dukungan OIS. Termasuk panel layar yang menekuk sampai kedua ruas sisinya. Bahkan sisi layar tersebut bisa berfungsi sebagai area untuk shortcut, kontak favorit dan lain-lain.

Sony Xperia Z5 Premium – Pionir 4K.

sony_xperia_z5_premium_gold_officalSony Xperia Z5 Premium muncul sebagai ponsel berkonsep unik pertama di dunia yang menawarkan display resolusi 4K. Ditunjang dengan 8 juta piksel pada layar seluas 5,5 inci. Hasilnya adalah kerapatan piksel mencapai 800 ppi lebih, tertinggi pertama yang pernah ditanamkan dalam sebuah ponsel.

Sony hanya menjalankan layar dalam resolusi penuh 2160×3840 piksel ini saat menampilkan gambar resolusi tinggi di galeri. Atau saat menjalankan video 4K dalam video player bawaannya. Layar 4K bukan hanya keunikan yang ditanamkan dalam smartphone ini. Sony Xperia Z5 Premium menawarkan layar 5,5 inci, dilengkapi pemindai sidik jari di bagian sisi serta material anti air.

Motorola Droid Turbo 2 – The Untouchable.

motorola droid turbo 2 aMotorola menciptakan Droid Turbo 2 sebagai ponsel berkonsep unik dengan yang ditunjang dengan display ShatterShield serta baterai berkapasitas besar yang bisa bertahan super lama. Ini pertama kalinya sebuah ponsel muncul dengan AMOLED fleksibel selain Samsung dan LG yang merupakan produsennya. Hebatnya lagi, seri ini disisipi pula dengan dual digitizer di bagian atasnya. Sehingga saat lapisan layar sentuh pertama rusak oleh benturan, maka lapisan lain akan menggantikannya

Proteksi sebenarnya saat jatuh dalam posisi telungkup di beton misalnya sudah dimiliki kedua lapisan pelindung di atas. Bagian interior yang transparan terbuat dari substrat plastik dan tak akan pecah atau retak saat jatuh. Sementara bagian atas atau layer bagian eksterior sudah dilapisi coating yang bisa tahan terhadap tekukan dan abrasi. Bahkan garansi memberikan garansi empat tahun untuk layarnya.