ArenaLTE.com – Asus tak ingin pengguna smartphone besutannya ketinggalan jaman. Satu per satu sebagian lini produk yang meluncur di 2015 mulai disambangi update Android Marshmallow. Sebelumnya kabar gembira ini datang buat pengguna Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL dan Zenfone Max ZC550KL. Kini, para pengguna Asus Zenfone 2 ZE551ML dan ZE550ML menyusul.

Update dari Android 6.0 Marshmallow ini bergulir via over-the-air (OTA). Menurut informasi yang beredar, update ini menghilangkan bloatware alias aplikasi tak perlu yang selama ini membebani kinerja ponsel. Selain itu, Asus menanamkan bermacam peningkatan serta membuang banyak bug. Update ini sendiri  mengantongi file sebesar 1.1GB, jadi ada baiknya untuk mendownload-nya via Wi-Fi.

android-marshmallow2

Baca: Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL: Sudah Dukung 4G LTE, Kemampuan Kamera Jadi 13MP

Jangan kuatir jika update OTA ini belum mendatangi ponsel kalian, karena update dipastikan
akan segera menyambangi Asus Zenfone 2. Tak jauh berbeda dengan update seri lain, sejumlah perubahan juga dilakukan untuk efisiensi. Beberapa di antaranya adalah tidak disediakannya lagi aplikasi Asus Email, Asus Calendar dan Asus Messaging. Pengguna yang membutuhkan fungsi tersebut bisa memanfaatkan aplikasi bawaan Google yakni Gmail, Google Calendar, dan Google Messenger.

Namun demikian, seperti yang disarankan pihak Asus, sebelum melakukan upgrade sistem operasi, pengguna juga perlu memperhatikan satu hal. Google tidak memberikan dukungan APP2SD pada sistem operasi Android 6 Marhmallow. Artinya, aplikasi yang diinstalasikan ke MicroSD tidak lagi didukung. Jadi, sebelum upgrade, pindahkan lokasi seluruh instalasi aplikasi ke internal storage.

Sebagai informasi, Asus Zenfone 2 sebelumnya berjalan di atas sistem operasi Android Lollipop. Update Android Marshmallow mengemas fitur seperti Now on Tap, Doze Mode, App Permissions dan lain-lain. Kalian bisa mengecek ketersediaan update firmware Asus Zenfone terbaru dari menu Settings – About – System update. Buat lebih mudahnya, Asus juga menyediakan aplikasi khusus bernama ‘System Update’ yang tinggal di-klik di dalam app tray.