ArenaLTE.com – Di era digital seperti sekarang ini, kegiatan pemasaran untuk usaha tidak lagi terbatasi kondisi geografis, jarak dan waktu. Bisa dibayangkan, sekarang ini ada 3,2 miliar pengguna internet di seluruh dunia, maka sebesar itu pula potensi pemasaran untuk usaha online yang kita miliki. Tentu saja hal yang paling penting dalam membuat sebuah usaha online yaitu memilih nama domain yang baik, unik dan menarik.

Hampir semua brand produk kini mulai merambah platform online untuk mesarkan produk dan layanan yang mereka miliki. Persaingan semakin ketat dan kompetitif, oleh karena itu usaha online kita harus memiliki keunikan sebagai faktor pembeda dengan yang lainnya. Memilih nama domain brand yang unik bisa menjadi modal awal untuk menuju kesuksesan dalam usaha online.

nama domain internetMemilih nama domain untuk usaha online yang unik dan menonjol memang tidak mudah, oleh karena itu Verisign sebuah perusahaan penyedia nama domain dan keamanan Internet membagikan beberapa tips dalam memilih nama domain untuk usaha online yang tepat dan ideal.

  1. Gunakan pengubah. Jika ide awal nama domain yang kita inginkan sudah ada yang menggunakannya, maka pertimbangkan untuk menggunakan kata pengubah. Misalnya, jika nama domain yang akan digunakan adalah untuk bisnis, tambahkan kata-kata yang menggambarkan pekerjaan kita atau tentang perusahaan kita; misalnya seperti konstruksi, kedokteran gigi, mitra atau rekan. Kemungkinan yang ada tidak terbatas.
  2. Masukkan lokasi Usaha. Banyak bisnis dan usaha yang beroperasi lokal namun melayani wilayah geografis lain secara spesifik. Dengan menyertakan informasi lokasi usaha di dalam nama domain dapat membantu membuat website kita lebih relevan secara lokal serta akan menunjukkan bahwa kita bangga menjadi bagian dari komunitas pada lokasi tersebut. Memilih nama domain .com yang terasosiasi dengan lokasi akan meningkatkan jumlah pencarian secara organik.
  3. Tambahkan kata kunci. Penelitian terbaru dari Verisign dan comScore mengungkapkan bahwa memilih nama domain yang kaya akan kata kunci dapat membantu mendapatkan lebih banyak klik. Hal ini karena pengguna pencarian internet hampir dua kali lebih mungkin untuk meng-klik nama domain yang setidaknya memiliki salah satu kata kunci yang sering digunakan para pengunjung, dibandingkan dengan nama domain yang tidak memiliki kata kunci.
    kecanduan internet
  4. Muncul dengan cara yang unik untuk menggambarkan atau mem-branding bisnis kita. Banyak perusahaan sukses muncul dengan nama unik dengan menambahkan atau menghilangkan sebuah huruf dari kata yang umum, seperti yang telah dilakukan oleh Tumblr dengan menghilangkan huruf ‘e’ pada kata ‘tumbler’. Cara lain adalah dengan mengkombinasikan dua kata umum atau menggabungkan dua kata menjadi satu, misalnya seperti yang dilakukan oleh Facebook dan Instagram.Menggunakan kata-kata umum dalam konteks baru juga bisa menarik perhatian audiens online seperti yang dilakukan oleh Yahoo. Berpikir kreatif dapat membuka banyak pilihan kepada nama domain .com yang ada yang dapat membantu untuk lebih menonjol. Inilah yang dilakukan para pelaku usaha online di Indonesia seperti vendor inspirasi pernikahan Bridestory, dan perusahaan jam tangan lokal, Matoa.
  5. Tanya:Apa yang akan di ketik pelanggan dalam mesin pencarian untuk menemukan bisnis saya? Sebagai contoh, sebuah bisnis layanan kebersihan asal Jakarta bernama “Bersih Fitri,” tetapi nama domain yang digunakan untuk memasarkan usaha tersebut adalah “jasapembersihrumah.com,” sebuah frasa yang mudah diingat yang akan lebih mungkin dicari oleh orang dan membawa mereka ke bisnis kita.

    Ilustrasi belanja online (Foto: istimewa)
    Ilustrasi belanja online (Foto: istimewa)
  6. Gunakan akronim. Perusahaan seperti OLX, AXA dan MOL menggunakan akronim dalambranddan nama domain mereka. Kita juga dapat mempersingkat negara, negara bagian dan profesi dalam nama domain kita, seperti JKT, BDG dan SMG.
  7. Gunakan media sosialBanyak orang dan bisnis memulai perjalanan digital mereka di media sosial. Coba gunakan branding yang sama dengan nama domain .com yang telah dikenali oleh audiens kita. Arahkan nama domain kita ke website atau laman media sosial yang sesuai dengan nama domain kita tersebut, seperti misalnya cara mengarahkan batikpekalongan.com ke akun Twitter batik pekalongan.
  8. Gunakan alat pengusulan nama domain. Situs penyedia layanan nama domain memiliki fitur usulan nama domain yang bisa dijadikan pilihan. Seperti fitur DomainScope dari Verisign yang akan merekomendasikan pilihan nama domain yang tersedia. Kita cukup mengetik kata kunci yang menarik dan selanjutny akan muncul daftar pilihan nama domain yang relevan secara otomatis, atau menggunakan alat pengusulan untuk menemukan nama domain yang telah kadaluwarsa yang baru saja tersedia kembali dan jika kita beruntung mungkin sudah mendapatkantraffic pengunjung di dalamnya.

Memang untuk, menemukan dan memilih nama domain yang baik memerlukan perpaduan antara fleksibilitas dan kreativitas. Dengan menggunakan beberapa tips di atas kita sudah berada di jalur yang benar. Menemukan nama domain .com yang tepat bisa menjadi sebuah langkah penting dalam menceritakan kisah kita atau cerita usaha online yang kita jalankan.