ArenaLTE.com – Permintaan terhadap smartphone di Tanah Air masih cenderung positif. Meski sempat merosot di awal tahun, namun perlahan kembali tumbuh seiring dengan kehadiran smartphone baru di pasaran. Jika dicermati, dominasi pasar masih tetap dipegang oleh seri keluaran vendor branded yang memiliki penguasaan market share terbesar. Seri smartphone terlaris pun diborong oleh para vendor ini.

Melihat pertumbuhan vendor yang duduk di tiga besar saat ini, sudah bisa dipastikan jika Samsung, Oppo dan Asus menyumbang kontribusi sangat besar terhadap daftar smartphone terlaris di Indonesia hingga paruh kedua tahun ini. Seperti biasa seri di segmen bawah dan tengah menjadi produk yang paling banyak diburu. Tapi ada catatan menarik dimana Oppo berhasil merangsek dengan seri andalan yang membidik segmen menengah atas.

Makin penasaran kan, seri apa saja sih yang masuk daftar produk terlaris pada paruh pertama 2016. Ini dia daftar sesuai dengan riset yang dilakukan Counterpoint.

  1. Samsung Galaxy J1 Mini

galaxy j1 miniHarus diakui, smartphone ini memang salah satu idola saat ini. Selain harga jualnya murah meriah di kisaran sejutaan, pengguna bisa menikmati merek ‘branded’, dukungan fitur memadai serta internetan dengan jaringan 4G LTE. Tak heran jika, penguasaan pasarnya di Indonesia mencapai 5,2%

  1. Samsung Galaxy J2

galaxy-j2-balonUntuk ukuran smartphone menengah bawah, lagi-lagi Samsung juaranya. Dengan pangsa pasar 4,6%, Samsung Galaxy J2 merupakan salah satu seri yang cukup populer buat mereka yang menginginkan smartphone terjangkau dengan seabrek fitur. Dan, tentu saja, hanya dengan merogoh kocek sekitar IDR 1,7 jutaan, ‘gengsi’ tetap terjaga. Pakai merek Samsung gitu lho.

  1. Oppo F1

oppo_f1Oppo sukses menggaet perhatian pengguna ponsel di Indonesia berkat strategi pemasaran yang agresif dan tepat. Pilihan brand ambassador yang jitu serta aktivitas pemasaran offline yang gencar di daerah-daerah membuat Oppo F1 bisa ‘nongkrong’ di posisi ketiga dengan market share 4,4%. Seri menengah ini (seharga IDR 3,5 jutaan) menonjolkan fitur ‘selfie’ sebagai iming-iming menarik minat pembeli.

  1. Oppo Neo 7

Oppo-Neo-7Meski tergolong seri yang belum mengadopsi jaringan 4G LTE, namun Oppo Neo 7 tetap bisa menjaring peminat. Secara fitur sendiri sebenarnya tak ada yang istimewa tapi seri yang dibanderol sekitar IDR 2 jutaan ini bisa menduduki peringkat 4 berkat penguasaan pasar sekitar 4,3%.

  1. Asus Zenfone Go X014D

asus zenfone goHarga terjangkau dengan fitur cukup melimpah. Itulah senjata Asus Zenfone Go X014D dalam merangsek pasar bawah. Harganya sendiri saat ini dibanderol kurang dari sejutaan. Alhasil, Asus mampu meraup 4,0% market share dengan seri ini.

  1. Samsung Galaxy J1 2016

samsung galaxy j1 2016Samsung sengaja menggerojokkan banyak varian di segmen menengah bawah untuk menangkal ganasnya serangan vendor lain. Strategi ini cukup berhasil karena Galaxy J1 2016 yang baru muncul langsung bisa bertahta di posisi enam. Penguasaan pasar seri yang dibanderol IDR 1,5 jutaan ini sekitar 3,6%.

  1. Oppo F1 Plus

oppo F1 plus 2 (2)Ini dia seri yang dibanderol cukup tinggi dengan harga di atas IDR 5 jutaan tapi mampu ‘mejeng’ dalam 10 besar smartphone terlaris di Indonesia. Sebuah prestasi yang layak diacungi jempol dengan penguasaan pasar sekitar 2,9%.

  1. Asus Zenfone Selfie

Asus Zenfone SelfieEmbel-embel ‘selfie’ ternyata cukup membantu mendongkrak popularitas sebuah smartphone. Buktinya, Asus bisa menempatkan Asus Zenfone Selfie di posisi 8 smartphone terlaris. Harga IDR 2,6 juta membuatnya sanggup meraup market share sekitar 2,3%.

  1. Samsung Galaxy J3

Samsung Galaxy J3Samsung menyebar keluarga J Series di berbagai segmen dan celah. Adalah Samsung Galaxy J3 yang cukup membantu sang vendor menjegal langkah rival dalam merangsek pasar Indonesia. Seri ini ada di posisi sembilan dengan dominasi sekitar 2,2%.

  1. Samsung Galaxy J1

Samsung Galaxy J1Di posisi buncit, ada Samsung Galaxy J1 versi lawas yang mencoba menghalau para pesaing supaya tak mendekat ke jajaran 10 besar. Seri papan bawah besutan Samsung ini mendapatkan market share sekitar 1,7%.

Tabel data smartphone terlaris di Indonesia pada kuartal kedua tahun 2016 menurut Counterpoint:

counter point