ArenaLTE.com – Sistem operasi jadul keluaran Microsoft, yakni Windows 95 dikabarkan dapat berjalan di perangkat Apple Watch. Berita ini ibarat kawin silang, pasalnya dua elemen ini berbeda platform luar dalam. ni dibuktikan sendiri oleh Nick Lee, seorang developer dari Amerika Serikat.

Nick sebelumnya sudah banyak pengalaman eksperimen dengan beragam “device” dan gadget. Seperti yang terlihat di video, OS Windows 95 berhasil dijalankan di Apple Watch. Nick juga mampu membuka “Start” menu dan memuat program.

Lebih lanjut dia menunjukkan bahwa prosesor 520 MHz yang tertanam dalam Apple Watch kecepatannya sekitar 25 x lebih cepat daripada prosesor 386, syarat minimum prosesor yang wajib dimiliki untuk menginstal platform PC lawas besutan Microsoft itu.

windows 95 apple watch

Nick menjelaskan bagaimana caranya dia bisa  mengaplikasikan suatu sistem operasi untuk dijalankan pada perangkat yang kecil, dia mengatakan bahwa sangat mungkin untuk meng”patch” file tertentu ke dalam WatchKit app, dan kemudian “load” pengguna.

Windows 95 adalah produk pertama yang dikeluarkan oleh Microsoft dengan kernel monolotic yang berjalan ±60% tanpa DOS (tetapi tetap membutuhkan DOS) pada tahun 1995. Windows 95 merupakan sistem operasi hibrida 16-bit/32-bit yang diproduksi oleh Microsoft. Di dalamnya telah berisi Microsoft Office 1995. Produk inilah yang membuat nama Microsoft Windows besar.

Windows 95 pertama kali diperkenalkan ke publik pada 14 Agustus 1995, menyusul kampanye iklan yang agresif dari Microsoft. Windows 95 diperkenalkan dengan menggunakan rancangan menu “Start”, menu yang inovatif untuk mengakses grup program (pengganti Program Manager).

Selain itu, dengan Windows 95 ini Microsoft juga memperkenalkan Windows Explorer sebagai pengganti File Manager, dukungan “plug-and-play”, dukungan program aplikasi MS-DOS dan Windows 16-bit dan Windows 32-bit, dan juga dukungan bagi nama-nama berkas (file) yang panjang, yang mendukung penamaan hingga 256 karakter, serta browser opsional Microsoft Internet Explorer.