ArenaLTE.com – Zuk Z1 sepertinya bakal menjadi ancaman serius buat para rival seperti Alcatel One Touch Idol 3 atau Asus Zenfone 2. Pasalnya, versi ZUk Z1 untuk pasar global mulai diungkap. Zuk sendiri adalah brand garapan Lenovo yang diposisikan sebagai handset dengan harga terjangkau.

Dilansir dari Android Authority, keberadaan Zuk 1 sebenarnya sudah diketahui sejak awal bulan. Disebutkan jika Zuk 1 merupakan smartphone baru yang disokong Lenovo. Diposisikan menantang pemain yang sudah eksis di segmen pasar smartphone ‘murah tapi powerful’.

Awalnya, Zuk Z1 hanya berpotensi debut di Tiongkok saja. Tapi  versi globalnya ternyata tengah digarap dan bakal mengusung Cyanogen OS 12.1 berbasis Android Lollipop 5.1.1. Berbeda dengan model standar, Zuk Z1 dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 801 quad core .

Spesifikasi ZUk Z1 lain yang tersingkap antara lain 3GB RAM, layar 5,5 inci 1080p, memori internal 64GB, kamera utama 13 MP Sony IMX214 dan kamera sekunder 8 MP, baterai berkapasitas 4100 mAh dan fitur seperti fingerprint scanner.

Hebatnya lagi, Zuk Z1 bakal menjadi salah satu smartphone pertama yang menggunakan Type-C USB port mendukung kecepatan standar USB 3.1. ZUk Z1 juga sudah siap mendukung jaringan 4G, 3G, 2G serta disokong konektifitas lengkap seperti Bluetooth, GPS dan Wi-Fi.

Tapi belum ada bocoran lebih detil negara mana saja yang bakal dibidik Zuk Z1 versi global ini. Kemungkinan sebagian Asia dan Eropa bakal menjadi target pasarnya. Zuk Z1 akan mulai dijual pertengahan Oktober. Ritel online Gearbest memajang smartphone ini dalam warna putih dan abu-abu di kisaran harga 340 dolar AS. (bda)