ArenaLTE.com – Xiaomi benar-benar seperti produsen palugada alias “apa lu mau gue ada”. Tak hanya smartphone, namun merambah ke berbagai jenis produk mulai dari action cam, CCTV, dash cam, kipas USB mungil, sepeda listrik, segway atau electric scooter, rice cooker, VR headset, earphone, power bank, televisi, gelang pintar, dan sebagainya. Kini, produsen asal Tiongkok tersebut lewat sub brand Yi masuk ke lini kamera digital mirrorless lewat debut Xiaomi Yi M1.

Kamera digital yang disebut-sebut mirip Leica T tersebut diluncurkan pada bulan September yang lalu. Tak perlu menunggu lama, kini Xiaomi Yi M1 telah beredar di Indonesia. Dari penelurusan ArenaLTE.com, produk tersebut dijajakan di salah satu situs e-commerce yang cukup populer di kalangan pecinta gadget yaitu JakartaNotebook.com.

Fitur dan Spesifikasi Xiaomi Yi M1

Xiaomi-M1-1Kamera mirrorless ini menggunakan sensor Sony IMX269 dengan sensor efektif 20MP. Ini diklaim sebagai standar tertinggi dalam segmen MFT (Micro Four Third system) yang memastikan kamera mampu menghasilkan gambar dengan warna paling akurat dan detail. Kamera dapat mengambil foto RAW dan JPEG dan kemampuan merekam video dengan kualitas 4K 30FPS.

Dalam paket penjualan, terdapat lensa Yi 12-40 mm f/3.5 – 5.6 serta pilihan lensa prime Yi 42.5 mm f/1.8. Selain kedua lensa tersebut, pengguna juga dapat menggunakan lebih dair 50 lensa lainnya berkat mount lensa universal yang digunakan. Sebagai pemain baru, mau tak mau strategi ini harus diterapkan.

Xiaomi Yi M1 memiliki layar LCD 3 inch dengan resolusi 720 x 480 untuk menampilkan gambar dengan jelas dan detail langsung dari body kamera. Layar LCD sudah dilengkapi dengan teknologi touch screen. Sehingga menavigasi menu dan setting semakin gampang, baik untuk fotografer profesional maupun pemula.

Desainnya dibuat minimalis dan elegan berkat tubuh unibody metal yang digunakannya. Konstruksi dan material yang dipakai terasa kokoh dan tidak ringkih. Kamera ini hanya memiliki berat 280 gram sehingga ringan dan nyaman dibawa berpergian saat hunting foto.

Tak ketinggalan, sebagai kamera kekinian, Yi M1 memiliki konektivitas yang memadai. Pengguna dapat melihat semua hasil foto dan juga mengelola gambar-gambar melalui aplikasi smartphone. Kamera Xiaomi ini terhubung ke smartphone menggunakan koneksi Bluetooth maupun WiFi.

Harga Xiaomi Yi M1

Ciri khas jajaran produk Xiaomi adalah spesifikasi yang tinggi dengan harga miring. Begitupun dengan Xiaomi Yi M1. Dengan spesifikasi terbilang tinggi yang kalau dari produsen kamera terkemuka bisa di atas IDR 10 juta, Yi M1 menurut harga yang tercantum di situs tersebut hanya IDR 7.999.000. Bahkan masih diberi diskon sehingga harga

Jika dilihat dari foto-foto resmi yang dirilis dari pihak Yi, kualitas foto yang dihasilkan memang terlihat tajam dan detail. Bagaimanapun, ketangguhannya masih perlu dicoba lebih jauh. Karena Yi M1 masih terhitung pemain baru. Tetapi jika melihat harga jualnya yang terhitung sangat terjangkau dengan spesifikasi tinggi dan fitur menggiurkan, Xiaomi Yi M1 cukup menggiurkan.

Hasil Foto: