ArenaLTE.com – Negara India menjadi pasar pertama yang bisa mulai membeli Xiaomi Redmi note 3 terbaru dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 650 secara resmi. Kemarin (3/3/2016) Xiaomi meluncurkan smartphone Redmi Note 3 versi terbarunya di India dengan acara yang cukup megah. Dibanderol dengan harga sekitar USD146 atau sekitar 2 jutaan rupiah, smartphone versi terbaru dari Redmi Note 3 ini sudah bisa dipesan melalui market online Mi.com dan Amazon mulai 9 Maret 2016.

Dengan balutan bahan logam, Xiaomi redmi Note 3 memiliki layar Full HD IPS 5,5 inchi, yang merupakan salah satu ukuran favorit untuk sebuah produk layar sentuh sekarang. Untuk modelnya, Xiaomi Redmi Note 3 varian baru ini menawarkan warna Dark grey, Champagne gold dan silver.

xiaomi_redmi_note_3

JIka dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 3 yang diluncurkan bulan November lalu yang dilengkapi dengan prosesor Mediatek MT6795 Helio X10 octa-core 2.0 GHz Cortex-A53, dapur pacu Xiaomi Redmi Note 3 yang diluncurkan di India ini disuntik prosesor Snapdragon 650 SoC dengan 4 core Cortex A53 1,4 Ghz dan dua prosesor terbaru cortex A72 1,8 Ghz.

Perbedaan lain yang ditingkatkan yaitu, dukungan slot Micro SD hingga 128 GB yang berfungsi ganda sebagai slot 2 Sim Card. Urusan fotografinya juga ditingkatkan, jika versi Mediatek dilengkapi kamera 13 MP untuk versi Xiaomi Redmi Note 3 terbaru ini sudah ditunjang kamera utama 16MP yang menyuguhkan Phase Detection Auto Focus dan aperture f/2.0. Sementara di bagian depan yang biasa dipakai selfie masih sama dengan menyuguhkan kamera berkekuatan 5MP dengan aperture f/2.0. Sebuah sensor sidik jari juga tetap ditanamkan tepat di bagian bawah kamera belakang.

Dibagian software, kita bisa melihat versi terbaru dari MiUI 7 yang berjalan di sistem operasi yang ditingkatkan menjad Android 5.1 Lollipop. Untuk konektivitas, Xiaomi Redmi Note 3 sudah mendukung 4G LTE, 3G HSPA+, Wi-Fi ac,  Bluetooth 4.1 dan baterai Lithium Polymer berkekuatan 4050mAh.

xiaomi-redmi-note-3..Sama seperti Redmi Note 3 versi Mediatek, Redmi Note 3 terbaru ini hadir dalam dua pilihan varian, model pertama dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB dipasarkan dengan harga USD176 (Rs 11,999) atau jika dirupiahkan sekitar IDR2,3 jutaan. Sedangkan versi kedua Xiaomi Redmi Note 3 dengan 2GB RAM dan 16GB ROM dibanderol harga USD146 (Rs 9,999) atau jika dirupiahkan sekitar IDR1,9 jutaan.

Dengan harga yang semurah ini, Xiaomi Redmi Note 3 terbaru ini akan bersaing ketat dengan smartphone kelas menengah lainnya seperti LeEco Le 1S, Lenovo K4 Note, Moto G Turbo dan juga Huawei’s Honor 5X.

Di Indonesia sendiri meskipun belum diluncurkan secara resmi, Xiaomi Redmi Note 3 sudah  bisa kita dapatkan di Indonesia sejak Desember lalu, namun untuk Redmi Note 3 versi Mediatek. Di beberapa toko Roxy dan toko online Redmi Note 3 Mediatek (RAM 2 GB/ROM 16 GB) dijual dengan harga sekitar 2 jutaan sedangkan Redmi Note 3 Mediatek (RAM 3 GB/RAM 32 GB) dibanderol harga 2,8 jutaan.

Seperti yang sudah terjadi sebelumnya dengan smartphone lain, jika Xiaomi Redmi Note3 Qualcomm Snapdragon 650 ini sudah masuk ke pasar India. Sepertinya tidak akan lama lagi Redmi Note 3 terbaru ini akan merambah pasar Tanah Air. Kita tunggu saja.

Comments

  1. Maaf mas, kurang lengkap artikelnya, yang diluncurkan resmi di India yaitu Redmi Note 3 versi Snapdragon 650 (terbaru) , kalo yang sudah sampai Indonesia Redmi Note 3 versi Mediatek Helio (lebih lama) itupun nggak resmi, jadi beda, thanks.