ArenaLTE.com – Western Digital pekan ini menambah portofolio prosumernya dengan memperkenalkan WD My Cloud EX2 Ultra sebagai sistem network attached storage (NAS) two-bay berperforma tinggi. Perusahaan solusi penyimpanan ini menyebut My Cloud EX2 Ultra NAS didesain dari awal untuk pekerja kreatif profesional dan prosumer.

Perangkat ini bisa untuk mensinkronkan konten antar komputer dengan otomatis, berbagi file dan folder dengan mudah dan menikmati beberapa pilihan backup. Sehingga para profesional bisa dengan mudah membuat perpustakaan digital personal sendiri.

Jim Welsh, executive vice president, WD Branded Products mengatakan para pekerja kreatif profesional saat ini membutuhkan solusi yang komprehensif dan kemampuan streaming terus bisa berkembang. “Dengan WD My Cloud EX2 Ultra, pekerja kreatif profesional dapat menggabungkan kinerja tinggi dengan optimasi multi-tasking dan perlindungan data untuk menciptakan sistem NAS yang menyederhanakan alur kerja serta memberikan rasa aman,” ujarnya.

WD-My-CLoud

WD My Cloud EX2 Ultra memakai prosesor kuat dual-core 1,3 GHz yang memiliki performa handal dengan kecepatan transfer data dan streaming video yang cepat. Sementara itu memorinya 1 GB DDR3. Di dalamnya terdapat beberapa fitur manajemen data dan keamanan memungkinkan untuk memilih metode yang diinginkan untuk mengelola dan melindungi film, foto, musik dan file digital. My Cloud EX2 Ultra NAS sudah dikonfigurasi dalam mode RAID 1 untuk membantu melindungi data mulai dari awal dan dengan mudah dikonfigurasi dalam mode perlindungan data lainnya.

WD My Cloud EX2 Ultra menyediakan beberapa pilihan kapasitas mulai dari unpopulated hingga kapasitas 12 TB. Selain itu, pelanggan dapat menyematkan hard drive USB 3.0 yang kompatibel ke port USB tambahan di perangkat ini untuk memperluas kapasitas penyimpanan mereka dengan cepat.

Dengan mudahnya berbagi file dan folder, pengguna dapat mengirim tautan pribadi sehingga penerima mendapatkan akses baca/tulis ke file-file tertentu pada My Cloud EX2 Ultra. Baik untuk pemotretan, atau editing di rumah, menyimpan ciptaan at full fidelity dan berbagi dengan seluruh jaringan sangat mudah.

My Cloud EX2 Ultra memiliki dashboard intuitif, sehingga membuat akun pengguna, penyesuaian fitur, dan penyimpanan dapat dipantau dengan mudah. WD menyediakan akses web MyCloud.com dan aplikasi mobile My Cloud untuk dapat mengakses dan mengelola media dari perangkat apapun yang terhubungkan dengan internet. Terdapat WD Sync yang secara otomatis mensinkronkan media dan file di komputer dan perangkat My Cloud agar konten komputer tetap up to date. 

My Cloud EX2 Ultra meliputi pilihan-pilihan serving data termasuk FTP yang terintegrasi dan server WebDAV, server backup, P2P download server dan dukungan Microsoft Active Directory. Selain itu, pengguna dapat mengunduh dan menjalankan sejumlah aplikasi pihak ketiga seperti Plex, pengawasan Milestone Arcus, aMule, Icecast, Joomla!, Anti-Virus Essentials, WordPress, SqueezeCenter, dan banyak lagi. Pengguna juga dapat melakukan streaming video dan foto ke TV, media player, konsol game dan perangkat DLNA/UPnP  lainnya yang terhubungkan, termasuk media Server Twonky 7.2 dengan DLNA 1.5 sertifikat, dan dukungan iTunes yang terintegrasi.

My Cloud EX2 Ultra saat ini tersedia di reseller terpilih dan secara online di Amerika Serikat dengan harga IDR 2.856.000 untuk My Cloud EX2 Ultra diskless, IDR 5.904.000 untuk 4 TB, IDR 8.347.000 untuk 8 TB dan IDR11,984,000 untuk kapasitas 12 TB. Perangkat ini kompatibel dengan Windows 10, Windows 8, Windows Vista, OS X  El Capitan, Yosemite, Mavericks, Mountain Lion serta perangkat dengan DLNA/UPnP. Sementara untuk aplikasi mobile bisa diunduh gratis di App Store dan Play Store.