ArenaLTE.com – Sudah bukan rahasia lagi jika yang namanya Windows Phone mensyaratkan perangkat dengan spesifikasi tinggi. Tapi belakangan, Microsoft mulai membuka diri dengan menyambut pihak ketiga dalam menjalin kerjasama. Beberapa produsen ponsel asal Tiongkok pun merespon dengan cepat, salah satunya Umi yang merilis Umi Touch, sebuah seri murah yang menjanjikan sistem operasi besutan Microsoft sebagai amunisi utamanya.

Umi Touch adalah sebuah smartphone yang dipersenjatai dengan chipset besutan MediaTek. Tapi Umi Touch bakal mengantongi sistem operasi Windows 10 (juga sudah dibekali dengan Android). Hmm. Kombinasi seperti ini memang masih belum begitu populer tapi memiliki potensi besar.  Harga jual handset ini juga relatif ramah di kantong kok, yakni sekitar 149 dolar AS atau setara IDR 1.937.000 (kurs 13000).

umi touchWindows 10 sendiri sampai saat ini lebih cenderung jalan bareng dengan chip Intel dan Qualcomm. Tapi sekarang mulai merapatkan diri ke MediaTek yang secara tipikal lebih murah dari Snapdragon. Umi Touch ditenagai prosesor octa core MediaTek MTK6753 yang memiliki clockspeed 1.5GHz. Disokong juga dengan pengolah grafis Mali T720.

Buat mendongkrak performanya, Umi Touch sudah menanamkan RAM dengan besaran 3GB. Paket dapur pacu yang terbenam dalam ponsel ini termasuk powerful dan sangat siap mendukung akselerasi Windows 10. Apalagi, Touch juga sudah dibekali dengan memori internal berkapasitas 16GB.

Di sektor display, perangkat ini menyiapkan layar LTPS seluas 5,5 inci dengan resolusi 1920×1080 piksel. Supaya terlihat lebih premium dan berkelas, area layar sentuhnya dilapisi dengan 2.5D curved glass. Tak terlalu buruk dan siap bersaing dengan rival sekelasnya.

umi touch 1Buat yang menyukai fotografi, Umi Touch juga memiliki kamera Sony IMX328 dengan sensor 13MP yang berduet dengan kamera selfie 5MP. Smartphone ini juga akan mengusung baterai berkapasitas 4000mAh serta dibenami dengan sensor sidik jari sebagai fitur pelengkap yang cukup menarik.

Umi Touch saat ini sudah mulai dipasarkan secara pre order dan dikapalkan dengan Android 6.0 Marshmallow di dalamnya. Saat ini, dukungan Windows 10 masih sekedar janji dari Umi sebagai ROM yang bisa didownload gratis. Jika benar ditepati sepertinya Touch bisa menjadi ponsel cerdas yang layak diburu.