ArenaLTE.com – Oppo sampai saat ini dikenal sebagai vendor asal Cina yang memproduksi smartphone Android di kelas middle-end dan high-end. Kabar terbaru menyebut, Oppo mulai melirik segmen entry level smartphone untuk mengisi ceruk pasar yang belum dijamahnya. Sebagai wujud keseriusan Oppo, TENAA, lembaga sertifikasi dan regulasi Cina mengungkap sosok smartphone Oppo A33.

Dikutip dari GSMArena.com (28/9/2015), identitas A33 merupakan model number produk yang didaftarkan di TENAA. Dilihat dari spesifikasinya, Oppo A33 merujuk ke kelas entry level phone dan kini sedang dalam proses uji sertifikasi di Negeri Tirai Bambu.

Dari dokumen yang ada, terungkap bila spesifikasi Oppo A33 mengusung layar 5 inchi (540 x 960) capacitive touch screen. Kamera utamanya punya bekal resolusi 5 megapixels plus flash LED dan kamera sekunder (front camera) dengan resolusi 5 megapixels selfie snapper. Menyesuaikan dengan target harga jual, kapasitas RAM (random access memory) dipatok 1GB saja, sementara kapasitas memori internal disediakan 16GB, kalau masih kurang masih ada slot kartu microSD.

Dan seperti seri-seri terdahulu yang membawa sukses Oppo ke pasar global, A33 juga menggunakan fasilitas dual SIM card GSM – GSM. Bagi penikmat mobile broadband 4G tak perlu khawatir, Oppo A33 sudah mendukung koneksi 4G LTE (Long Term Evolution).

oppoa-33Dapur pacu Oppo A33 berasal dari keberadaan prosesor CPU (central  processing unit) Qualcomm Snapdragon 410SoC dengan quad core Cortex-A53. Sebagai ponsel generasi anyar, Oppo A33 sudah berjalan di OS Android 5.1.1 Lollipop. Dari TENAA, diperoleh informasi A33 punya dimensi 142,7 x 71,7 x 7,55 mm dan berat 145 gram. Dari foto, terlihat bila desain Oppo A33 sekilas mirip Sony Xperia E3.
BacaPabrik Oppo di Indonesia Mampu Produksi 400 – 600 Unit Ponsel Sehari

Harga yang dipatok Oppo A33 dibuat sangat terjangkau, spekulasi media di Cina menyebut harga produk ini ada dikisaran 800 yuan, atau setara 125 dollar AS.  Dilihat dari spesifikasinya yang cukup ‘merakyat,’ maka besar kemungkinan smartphone ini juga akan ditawarkan di luar Cina. Kita tunggu saja.