ArenaLTE.com – Kapasitas memori SD Card kini terus berkembang tidak hanya puluhan GB tapi hingga ratusan GB bahkan lebih besar dari itu. Seperti yang baru saja dilakukan Sandisk. Perusahaan memori ini meluncurkan SanDisk Pro Extreme SDXC dengan kapasitas penyimpanan yang terbesar. Tak tanggung-tanggung, kapasitasnya mencapai 1TB (Terabyte) yang sudah seperti hard disk eksternal saja.

“Beberapa tahun lalu ini adalah sebuah titik ide tentang memori dengan kaspaitas 1TB dan kemungkinan adalah hal yang futuristik. Namun, sekarang kita sudah berada pada titik itu dan telah menjadi kenyataan yang menakjubkan,” jelas Sam Nicholson, CEO Stargate Studios, seperti dilansir dari dpreview.

Baca :
Samsung Storage Chipset Terbaru Dongkrak Memori Internal hingga 256 GB
Kuasai Pasar Memori Flash, Samsung Tumbangkan Toshiba

Dalam pernyataan resmi, CEO juga mengungkapkan bahwa dibawah bendera SanDisk setelah langkah akuisisi Western Digital resmi, memori ekternarl jenis SD Card SDXC ini hadir dan menyusul dari seri sebelumnya yang memiliki kapasitas sebesar 512GB.

Namun demikian, meski masih dalam bentuk protipe tetapi perusahaan meyakini bahwa kapasitas penyimpanan SD Card yang setara dengan hardddisk 1024GB ini, akan segera meluncur pada 2017 mendatang. Selain itu juga, pihak perusahaan mengklaim bahwa selain kapasitas ada beberapa fitur andalan yang hadir di dalam memori eksternal ini.

Sam Nicholson menjelaskan bahwa SDXC dengan kapasitas 1TB ini bukan hanya akan memberikan penyimpanan yang besar. Namun, di dalamnya juga memiliki teknologi kecepatan baca dan menulis yang tinggi tanpa gangguan. Mampu merampungkan alur kerja tanpa harus direpotkan dengan cara lama, dikarenakan kapasitas yang lebih kecil.

Memiliki kapasitas besar dan kemampuan baca dan tulis yang cepat, memang mengindikasikan bahwa harga jual yang dibanderolnya tidaklah murah. Jika seri yang dikeluarkan pada 2014 lalu, dengan kapasitas 512GB saja ditawarkan sekitar Rp. 10 jutaan. Maka taka menutup kemungkinan bahwa SD Card SandDisk Pro Extreme SDXC 1TB ini ditawarkan dengan harga 2 kali lipatnya.