ArenaLTE.com – Oppo R9S dan R9S Plus, smartphone andalan Oppo yang bocorannya sempat menyedot perhatian selama beberapa pekan akhirnya resmi diungkap. Dalam sebuah perhelatan di Shanghai, Tiongkok, sang vendor memperlihatkan smartphone yang merupakan penerus dari R9 dan RS Plus tersebut.

Seperti diketahui, Oppo R9 mengemas kamera 13MP di bodi belakang dan kamera selfie 16MP. Sementara Oppo R9 Plus memiliki dua sensor serupa 16MP di depan dan belakang. Nah, untuk amunisi anyar Oppo R9S dan R9S Plus ini, sang vendor menjejalkan kamera berkemampuan setara di bodi depan dan belakang, yakni 16MP.

Seperti diketahui, kamera menjadi aspek andalan dari Oppo R9S dan R9S Plus. Kedua ponsel ini memiliki unit kamera belakang dengan dukungan aperture f/1.7. Tapi untuk menstabilkan gambar, Oppo R9S menyematkan electronic image stabilization sementara Oppo R9S Plus didukung dengan optical image stabilization. Kamera utama kedua ponsel terbaru ini bisa dipakai merekam video 4K dan sudah mendukung LED flash.

Oppo R9SKamera belakang (utama) pada smartphone ini menggunakan sensor Sony IMX398 yang memiliki dual focus, 40% lebih cepat dari phase detection autofocus. Sementara di bagian kamera depan, Oppo membenamkan dukungan aperture f/2.0.

Smartphone ini mengadopsi sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow yang bekerjasama dengan antarmuka Color OS 3.0. Tampilan dari smartphone ini bisa dilihat secara optimal via layar sentuh 5,5 dan 6 inci pada resolusi 1080p. Tak hanya itu, touchscreen ini dibungkus dengan panel lengkung 2.5D yang punya lapisan anti gores Gorilla Glass 5 besutan Corning.

Di area dapur pacunya, smartphone ini (Oppo R9S) membenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 625 yang ditandem dengan GPU Adreno 506. Supaya bisa gesit dalam berakselerasi, Oppo menyisipkan RAM 4GB dan memori internal 64GB. Sang kakak, Oppo R9S Plus mengusung chipset Snapdragon 653 dengan dukungan RAM 6GB dan memori internal 64GB.

Oppo berupaya mempermudah pengguna yang memiliki dua kartu operator sekaligus dengan menyuguhkan dua slot SIM card bertipe hybrid. Dimana salah satu slot bisa dipakai bergantian dengan kartu microSD

Urusan teknologi keamanan, Oppo R9S dan R9S Plus mempunyai sensor sidik jari yang ditempatkan di bagian depan. Supaya bisa bertahan lama saat digeber untuk beragam aktivitas, perusahaan menyimpan baterai berkapasitas 3010mAh (Oppo R9S) dan 4000mAh (Oppo R9S Plus) dalam tubuh ponsel tersebut.

Tak hanya itu, Oppo juga menanamkan kemampuan pengecasan cepat dengan teknologi buatan sendiri VOOC fast charge. Hanya dengan mengecas lima menit saja, ponsel ini sudah bisa menghasilkan waktu bicara hingga dua jam.

Bodinya termasuk ramping dan tak terlalu bongsor dengan dimensi 153 x 74.3 x 6.58 mm dan berat 145 gram. Oppo mengklaim jika R9s memiliki bezel layar 1,66mm dan disokong screen –to-body-ratio sekitar 77.5%. Sementara dimensi R9s Plus (163.63 x 80.8 x 7.35 mm) dan berat 185 gram. Lebih besar dengan bentang layar 6 inci pada resolusi full HD. Bezel layarnya 1.78mm dengan screen-to-body ratio 79%.

Oppo R9S antenaDevice ini memiliki garis antena yang sudah diperbaharui di belakang, sehingga terlihat lebih ciamik dan tipis. Berkat perubahan desain ini pula Oppo bisa meningkatkan porsi komponen logam pada bodinya mencapai 98.8%.

Oppo R9 tersedia di Tiongkok mulai 28 Oktober seharga 2800 yuan atau setara IDR 5,6 juta (kurs 2000). Hadir dalam pilihan warna black, gold dan rose gold. Sementara Oppo R9s Plus dipatok sekitar 3500  yuan atau IDR 7 juta mulai Desember.

Sekedar informasi saja, Oppo R9 dijual di luar Tiongkok dengan nama Oppo F1 Plus. Tapi untuk seri Oppo R9S terbaru masih belum diketahui nama yang bakal diusung. Kalau sang vendor masih memakai pola yang sama berarti kemungkinan namanya Oppo F1s Plus.