ArenaLTE.com – Pekan ini adalah hari yang bersejarah bagi Microsoft. Raksasa teknologi yang bermarkas di Redmond Campus, Washington, Amerika Serikat ini mengumumkan sejumlah perangkat baru yang berbasis sistem operasi Windows 10. Dua di antaranya telah kami ulas di artikel sebelumnya yakni Lumia 950 dan Lumia 950 XL. Masih ada satu lagi perangkat yang menjadi jagoan untuk bertarung di segmen tablet yaitu Microsoft Surface Pro 4.

Perangkat Surface generasi keempat merupakan tablet gahar yang berorientasi pada produktivitas. Microsoft Surface Pro 4 menghadirkan desain elegan dan premium bersenjatakan prosesor Intel, didukung sebundel aksesori, seperti type cover, dock station dan stylus guna meningkatkan user experience. 

Ada hal yang menarik saat peluncurannya. Adalah Panos Panay, tokoh pencipta Surface yang menjabat sebagai Corporate Vice President Microsoft dengan lantang mengklaim bahwa tablet besutannya ini lebih bertenaga dibanding produk besutan Apple. “MacBook Air adalah produk yang hebat, tapi Surface Pro adalah produk terbaik,” ujarnya. Panos mengklaim, Microsoft Surface Pro 4 50 persen lebih bertenaga dibanding MacBook Air. Benarkah klaim itu? Mari kita teliti.

Microsoft Surface Pro 4 VS MacBook Air

Berangkat dari sektor layar, MacBook Air memiliki layar berukuran 13,3 inchi yang terbilang standar untuk ukuran laptop. Layar menghasilkan resolusi 1440 x 900 pixel yang tidak dibekali kemampuan touchscreen dan teknologi Retina Display. Sementara itu di kubu penantang, Microsoft Surface Pro 4 dijejali dengan layar berukuran 12,3 yang sedikit lebih kecil. Namun memiliki resolusi yang jauh lebih tinggi yakni 2736 x 1824 piksel dan memiliki kemampuan touchscreen serta mendukung stylus pen untuk melukis. Selain itu, layar juga diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 4. Di sektor layar, Surface Pro 4 unggul telak dibanding MacBook Air.

Kemudian beralih ke bagian port. Surface Pro 4 telah dibekali dengan beberapa port mencakup satu port USB 3.0, card reader micro SD dan port Mini Display. Sedangkan MacBook Air memiliki dua koneksi USB 3.0, slot kartu SDXC dan port Thunderbolt 2. Di sini, MacBook Air menang tipis.

Masuk ke bagian jeroan. MacBook memakai prosesor Intel Core i5-5250U yang sebenarnya sudah cukup cepat. Namun, Surface Pro 4 dibekali dengan prosesor Skylake terkini dari Intel yang lebih kencang dengan pilihan konfigurasi Core m3, core i5, dan core i7. Kinerja prosesor disempurnakan dengan grafis terintegrasi Iris Pro. Meskipun belum dicoba secara head to head dalam aktivitas sehari-hari, tapi para pemerhati teknologi mempercayai penggunaan prosesor tersebut memiliki dampak signifikan terhadap kinerja Microsoft Surface Pro 4.

Di sektor memori, keduanya memiliki beberapa pilihan. Microsoft Surface Pro memiliki pilihan RAM 4 4GB, 8GB, dan 16GB serta media penyimpanan 128GB, 256GB, 512GB, dan 1TB. Sedangkan MacBook Air 8 dan 16 GB dengan media penyimpanan 128GB dan 256GB.

Jika dikomparasi satu per satu, secara umum Microsoft Surface Pro 4 menang. Namun menurut PC Mag, ada satu area yang MacBook Pro menang telak yakni pada ketahanan baterai. Microsoft mengklaim tablet besutannya sanggup bertahan hingga 9 jam penggunaan. Sementara dari pengujian, MacBook Air bertahan jauh lebih lama yakni sampai 17 jam.

Pada dasarnya, sah-sah saja Microsoft membuat strategi langsung menghajar kompetitor utamanya. Meski jika dilihat dari jenis perangkatnya, kedua produk tersebut berbeda dari tujuan penggunaan dari awal dirancang berbeda. Sehingga cukup aneh Microsoft mencari musuh yang produknya sendiri tidak head to head.

 

surface pro1

Ketersediaan dan Harga Microsoft Surface Pro 4

Harga Microsoft Surface Pro 4 kemungkinan dipasarkan dengan banderol 899 dolar AS dan sudah mulai bisa dibeli secara pre order sejak 7 Oktober. Selanjutnya Microsoft Surface Pro 5 akan mulai dikapalkan 26 Oktober.

Spesifikasi Microsoft Surface Pro 4
Software: Windows 10 Pro, (Office 30-day trial)
Security: TPM chip for enterprise security
Prosesor: 6th Gen Intel® Core™ m3, i5, or i7
Memori: 4GB/8GB/16GB RAM
Eksterior: Casing Magnesium, tombol fisik Volume, Power
Konektivitas: 802.11ac Wi-Fi wireless networking; IEEE, 802.11a/b/g/n compatible, Bluetooth 4.0 wireless technology
Dimensi: 292.10mm x 201.42mm x 8.45mm
Port: Full-size USB 3.0, microSD™ card reader, Headset jack, Mini DisplayPort, Cover port, SurfaceConnect™
Grafis: m3: Intel® HD graphics 515; i5: Intel® HD graphics 520; i7: Intel® Iris™ graphics
Sensor: Ambient light sensor, Accelerometer, Gyroscope
Display: Layar 12.3” PixelTouch display, resolusi 2736 x 1824 (267 PPI), Aspect Ratio: 3:2, layar Sentuh: 10 point multi-touch
Kameras/video/ audio: 5.0 MP front-facing HD camera, 8.0 MP rear-facing autofocus camera, with 1080p HD video recording,
Stereo microphones, Stereo speakers with Dolby® audio
Baterai: 9 Jam Video playback
Opsi SSD: 128GB, 256GB, 512GB, or 1TB
Berat: m3: 1.69lbs (766 gram); i5: 1.73lbs (786 gram); i7: 1.73lbs (786 gram)

Comments

  1. […] Andreas menambahkan bahwa dalam proses pembuatan generasi terbaru Windows, Microsoft melibatkan lebih dari 5 juta pecinta Windows dari 100 negara dalam program Windows Insider. “Dengan memperhatikan jutaan saran yang masuk ke Microsoft, menjadikan Windows 10 sistem operasi yang lebih personal, natural, dan aman sehingga dapat membantu konsumen, pelaku bisnis kecil menengah hingga perusahaan berskala besar untuk melakukan banyak hal hebat,” ungkapnya. Baca: Microsoft Sesumbar Tablet Surface Pro 4 Lebih Bertenaga dari Macbook Air, Benarkah? […]