ArenaLTE.com – Hari ini, secara resmi Microsoft merilis smartphone yang berjalan di atas sistem operasi Windows 10. Ponsel premium bernama Microsoft Lumia 950 ini mengantongi display 5,2 inci dengan resolusi Quad HD. Memiliki kamera bertenaga dengan resolusi 20MP plus lensa ZEISS dan triple LED flash. Di bagian depan mengandalkan kamera 5 MP yang bisa dipakai selfie. Kamera smartphone ini disempurnakan optical stabilization.

Lumia-950-gallery-1-1Sang vendor sepertinya tak mau kalah set dengan para rival, khususnya vendor lain berbasis Android. Lihat saja, Microsoft Lumia 950 ini membenamkan chipset hexacore Snapdragon 808 sebagai jantungnya. Prosesor Qualcomm Snapdragon 808 berclockspeed 1.8 GHz ini dilengkapi liquid cooling yang membuatnya tetap dingin meski digenjot untuk aktifitas berat.

Microsoft menyisipkan fitur penting pada Lumia 950 berupa sensor infra merah yang mendukung Windows Hello beta. Fungsinya adalah untuk meningkatkan keamanan saat kita meng-unlock ponsel. Hebatnya lagi, ponsel ini bisa dipakai untuk menghidupkan monitor dan menjalankan Windows dengan Continuum dan docking station terpisah.

Secara keseluruhan Microsoft Lumia 950 memiliki spesifikasi yang cukup bertenaga untuk bersaing dengan para rivalnya. Contohnya baterai yang sudah disuplai dengan kapasitas 3000 mAh. Memori internalnya pun sangat lapang dengan ruang penyimpanan 32GB. Belum lagi ditambah slot memori eksternal microSD.

Satu hal yang tak ada dan sekarang mulai banyak diadopsi vendor smartphone adalah pemindai sidik jari. Tapi tenang saja, karena seperti sudah disebutkan di atas, Microsoft Lumia 950 punya alternatif di sektor keamanan yang dinamakan Hello. Ada juga beberapa sentuhan baru seperti shutter kamera terdedikasi yang bisa digunakan untuk memotret atau merekam video tanpa harus repot-repot meng-unlock ponsel.
BacaWindows Store Capai 669.000 Aplikasi Untuk Smartphone, Tablet dan Desktop

Nah, salah satu yang layak disorot dalam ponsel ini adalah keberadaan Continuum. Fitur baru ini sangat menarik karena dengannya, kita bisa mengkoneksikan smartphone ke monitor dan menjadikannya bertugas seperti desktop PC, menjalankan aplikasi desktop (dengan limitasi).

Semuanya bisa dilakukan dengan mudah dengan cara mencolokkan ponsel ke dock khusus yang terdedikasi. Saat kita menjalankan monitor dengan tampilan desktop Windows, ponsel tetap bisa dipakai secara independen dan penuh. Untuk menelpon misalnya atau melakukan aktifitas lain.

Microsoft Lumia 950 kemungkinan dibanderol pada kisaran harga 550 dolar atau sekitar Rp 7,7 jutaan. Cukup menarik, karena harga jualnya masih ada di bawah beberapa smartphone papan atas seperti iPhone 6-nya Apple. Menurut Microsoft, smartphone ini berpotensi dirilis November 2015.

Spesifikasi Microsoft Lumia 950:
Platform: Windows 10
Dimensi: 82.1 x 145 x 73.2 mm
Layar: 5.2-inch AMOLED, resolusi 1440 x 2560 pixels (564ppi)
Prosesor: Qualcomm Snapdragon 808 @ 1.8GHz, liquid cooling
Memori internal: 32GB dengan slot microSD
Kamera utama: 20 MP dengan triple LED flash dan 4K video dengan 5th gen OIS
Kamera depan: 5MP
Konektifitas: 4G LTE, dual-band antenna dan konektor USB Type C
Baterai: 3000mAh, support rapid charging dan wireless charging

Comments

  1. […] Secara keseluruhan ponsel besutan Microsoft ini memiliki spesifikasi yang cukup bertenaga untuk bersaing dengan para rivalnya. Prosesor Qualcomm Snapdragon 808 berclockspeed 1.8 GHz ini dilengkapi liquid cooling yang membuatnya tetap dingin meski digenjot untuk aktifitas berat. Karena fiturnya yang melimpah, tak heran jika harganya pun melambung sebagaimana ponsel premium lainnya. Harga Microsoft Lumia dibanderol IDR 8.999.000. Baca: Microsoft Lumia 950, Ponsel Windows 10 dengan Kemampuan Menyerupai Komputer […]