ArenaLTE.com – Lenovo memang tidak mencoba menjadi pusat perhatian di ajang Mobile World Congress (MWC) 2016 yang tengah berlangsung. Tapi sang vendor resmi menghadirkan Lenovo Vibe K5 dan K5 Plus, portofolio baru mereka di segmen kelas menengah yang banderolnya ramah di kantong. Yuk segera intip fitur dan spesifikasi yang dibenamkan dalam dua handset ini.

Sesuai namanya, K5 dan K5 Plus menyuguhkan fitur yang sebenarnya tak terlalu jauh  berbeda. Keduanya memiliki layar seluas 5 inci dengan resolusi HD (720p) untuk seri yang standar dan full HD (1080p) untuk seri Plus.

Buat kamu yang cukup memperhatikan sektor dapur pacu, keduanya ditanami chipset berbeda. K5 mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 415 sementara K5 Plus mengadopsi Snapdragon 616. Soal kemampuan tentu saja berbeda, seri Plus memiliki performa lebih ngebut dari seri biasa.

Selebihnya, kedua ponsel ini memiliki spesifikasi yang nyaris tak jauh berbeda. Soal kamera misalnya, Lenovo Vibe K5 dan K5 Plus sudah menyiapkan sensor utama berkekuatan 13MP dan kamera depan yang resolusinya 5MP.

Untuk mendongkrak kinerjanya, vendor menyuntikkan LPDDR3 RAM sebesar 2GB pada ponsel yang sudah berbasis OS Android 5.1 Lollipop ini. Kita bisa menyimpan file atau data di ponsel dengan leluasa berkat dukungan memori internal 16GB serta slot microSD jika masih membutuhkan ruang lebih buat storage-nya.

Oh ya, keduanya sudah mendukung jaringan 4G LTE yang perlahan tapi pasti mulai menjadi standar buat ponsel generasi sekarang. Internetan dijamin bakal lebih ngebut dari jaringan ponsel yang hanya sekelas 3G/HSDPA. Dua slot kartu SIM sudah tersedia buat yang ingin menikmati layanan operator berbeda sekaligus dalam satu ponsel.

Seperti biasa, Lenovo membenamkan fitur Doubly Atmos dan suntikan dual speaker untuk mendukung multimedia dalam ponsel. Sayang, Lenovo Vibe K5 dan K5 Plus ini hanya membenamkan baterai berkapasitas 2750 mAh yang bertipe removable lho alias bisa dicopot. Harga Lenovo K5 dan K5 Plus diperkirakan sekitar 129 (Rp 1.806.000) dan 149 dolar AS (Rp 2.086.000). Masih belum ada informasi kapan keduanya masuk pasar.

Spesifikasi Lenovo Vibe K5 dan K5 Plus

OS: Android 5.1 Lollipop
Prosesor: Snapdragon 415 (Vibe K5) | Snapdragon 616 (Vibe K5 Plus)
Layar: 5 Inci 720p display (Vibe K5) | 5 Inci 1080p display (Vibe K5 Plus)
Memori: 2GB LPDDR3 RAM, 16GB native storage, microSD card slot
Kamera: 13MP rear camera, 5MP fixed-focus front camera
Konektivitas: Dual SIM slot, 4G LTE
Baterai: tipe removable 2.750 mAh