ArenaLTE.com – Eastman Kodak Company dan Bullitt Group baru saja mengumumkan smartphone anyar bernama Kodak Ektra dan memajangnya di event Consumer Electronics Show (CES) 2017 yang digelar di Las Vegas, AS. Sebelumnya, smartphone sengaja dihadirkan dengan fokus di area fotografi ini sudah diungkap bulan lalu di Eropa

kodak ektra 4Komponen terbaik yang jadi andalan dari Kodak Ektra adalah kamera Sony IMX230 21MP yang disokong fast focus plus aperture f2.0. Lantas pada bagian depannya ditancapkan sensor berkekuatan 13MP yang didukung Phase Detection Auto Focus (PDAF) dan aperture f2.2 aperture.

kodak ektra 3
Aplikasi kamera yang dirancang secara kustom dikontrol menggunakan sebuah intuitive haptic touch, SLR-style Scene Selection Dial, dimana pengaturannya dibuat secara real time via rangkaian setting mulai dari HDR, Landscape, Portrait, Macro, Sport, Night-time, Panorama dan Bokeh.

Terdapat juga mode Smart Auto yang secara otomatis bisa memproduksi kondisi terbaik saat memotret. Juga dibenamkan Manual Mode foto dimana pengguna bisa melakukan pengaturan lebh profesional dengan beberapa opsi mulai dari exposure, ISO, focus, white balance dan  shutter speed.

Secara tampilan, Kodak Ektra seolah hadir sebagai kelahiran kembali dari sang legenda kamera tapi dalam bentuk smartphone Android. Kodak sendiri mengklaim jika Ektra menawarkan konsep old-school, menyuguhkan aksesoris kulit asli yang membuatnya terlihat seperti kamera klasik. Bodi belakangnya pun dibungkus sentuhanbernuansa kulit dengan desain seperti kamera analog jadulnya Kodak.

kodak ektra 5Bagian sisi dari smartphone ini terbuat dari plastik tapi dirancang supaya tampak seperti logam. Kodak Ektra sendiri bukanlah perangkat yang berukuran besar, hanya mengusung layar seluas 5 inci dengan resolusi full HD 1080p dilapisi panel anti gores Gorilla Glass.

Pada bagian dapur pacunya, smartphone ini mengadopsi chipset deca core Helio X20 yang ditandem dengan RAM 3GB serta memori internal berkapasitas 32GB. Juga dijejali kartu grafis Mali-T880 MP4. Disediakan pula slot kartu memori microSD sehingga pemilik tak perlu kuatir kekurangan ruang penyimpanan.

Buat menunjang dayanya, Kodak Ektra memiliki baterai berkapasitas 3000mAh yang mampu mengakomodasi aktivitas harian pemiliknya. Sayangnya, sistem operasi yang ditanamkan hanya berbasis Android 6.0 Marshmallow. Sementara untuk konektivitas, telah disiapkan USB Type-C yang mendukung fast charging.

Oh ya, smartphone ini juga mendukung jalur data standar 3G/HSDPA serta dilengkapi dengan 4G LTE. Kodak Ektra kabarnya dibanderol sekitar 550 dolar atau sekitar 7.150.000 (kurs 13000) di AS dan Kanada.