ArenaLTE.com – Ponsel dengan kemampuan unik kerap menarik perhatian meskipun produsennya tidak begitu familiar di industri mobile. Nah, CAT yang lebih dikenal sebagai produsen peralatan konstruksi dan pertambangan baru saja merilis sebuah smartphone terbaru bernama CAT S60. Hebatnya, smartphone ini adalah pertama di dunia yang sudah mengadopsi thermal camera.

CAT S60 bisa dibilang lebih dari sekedar smartphone karena sudah mendukung professional tool berupa thermal camera terintegrasi. Kamera ini mampu mengukur temperatur sebuah obyek dari jarak hingga 15-30m. Bahkan, kamera pada handset ini sanggup mendeteksi panas meskipun tertutup asap. Contoh paling gampang, CAT S60 dipakai anggota pemadam kebakaran untuk mencari korban yang tersembunyi di balik kepulan asap.

cat s60 2Thermal camera ini merupakan produk besutan Flir, sebuah modul Lepton yagn bisa menampilkan thermal video pada 80x60px. Lebih jauh lagi, S60 memiliki ketangguhan lebih dari smartphone biasa.  Jika pelindung berwarna kuning ditutupkan pada beberapa bagian maka, produk ini bisa dipakai menyelam dalam air hingga 5 meter.

Dalam pengujiannya, CAT S60 sudah dijatuhkan sebanyak 26 kali  dari ketinggian 1,8 meter untuk menjamin daya tahannya. Sektor display pada ponsel ini sudah dilindungi kaca Gorilla Glass 4 dengan ketebalan 1mm. Smartphone biasa normalnya hanya dilapisi Gorilla Glass setebal 0,4mm. Layar sentuhnya tentu saja tetap bisa dipakai meski kita menggunakan sarung tangan.

cat s60 3Soal daya, S60 sudah menanamkan baterai berkapasitas 3800 mAh yang mampu bertahan seharian penuh. Tak ketinggalan sebuah loudspeaker dengan pancaran output hingga 105dB. Pada area display ditanamkan layar 4,7 inci dengan resolusi 720p. Oh ya, kameranya mengandalkan sensor 13MP dan kamera selfie 5MP.

Dapur pacunya mengadopsi chipset Qualcomm Snapdragon 617 dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB. CAT S60 mengandalkan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dan sudah menawarkan konektivitas 4G LTE.  CAT S60 akan dipajang pada perhelatan MWC 2016 dengan harga ritel 600 dolar AS. Hanya saja Flir One-nya (thermal camera add-on) dibanderol 250 dolar AS.