ArenaLTE.com – Seperti halnya Piagio yang merilis Vespa dalam bentuk sepeda pintar, maka pabrikan mobil mewah asal Jerman Audi pun mencoba terjun ke pangsa sepeda pintar. Debut Audi pun sudah ditunaikan dengan diluncurkannya Audi e-Bike di Wörthersee, Carinthia, Austria. Audi menjanjikan sepeda ini akan menjadi e-bike yang sangat canggih dan sangat gesit.

Untuk membuktikan bahwa sepeda ini sesuai yang diklaim oleh Audi, biker Julien Dupont dan spesialis sepeda downhill akan mendemonstrasikan sepeda ini dan akan mengulas performanya minggu depan. Audi e-Bike memiliki bobot 12 kg dengan bahan dasar serat karbon dengan polymer yang telah diperkuat. Serat karbon ini juga digunakan Audi untuk velg 26 inch sepeda ini dengan desain “Audi Ultra Blade”, desain ini diklaim mampu mengoptimalkan kekuatan kayuh.

Karena ini Audi e-Bike, maka sudah pasti ada motor elektriknya. Dengan kekuatan 2.3 KW motor elektrik ini sudah bisa digunakan untuk ‘ngebut’, untuk mengisi ulangnya hanya butuh waktu 2,5 jam saja. Audi juga mengklaim sepeda cocok juga untuk perjalanan jauh karena baterai sepeda ini bisa digonta-ganti.

Tapi yang menarik adalah untuk mengatur sistem elektronik sepeda ini menggunakan smartphone. Ada 5 mode kayuhan di sepeda ini: Pure, Pedelec, eGrip, Power Wheelie, dan Balanced Wheelie, untuk menggantinya tinggal pakai smartphone saja.

Bila dibandingkan dengan desain sepeda buatan perusahaan lainnya, sekilas Audi e-Bike sama dengan prototipe yang sudah dikembangkan sebelumnya. Audi e-Bike dibekali dengan penggerak elektrik berkekuatan 23 kW yang berguna membantu pengendara saat kelelahan. Audie e-bike dapat melaju dengan kecepatan 50 mph saat disetel secara otomatis.

Dilansir dari Gizmag.com (20/5/2015), sumber listrik sepeda ini adalah baterei Li-Ion. Mau tahu harga sepeda canggih keluaran Audi ini? Harganya memang dahsyat, tak kalah mahal dari mobil mewah, yakni per unitnya dibandrol US$19.450. Penasaran dengan Audi e-Bike, simak videonya dibawah ini.