ArenaLTE.com – Asus resmi mengungkap jajaran smartphone terbarunya di Taipei, Taiwan pada perhelatan Computex 2016. Adalah Asus ZenFone 3, ZenFone 3 Deluxe dan ZenFone 3 Ultra yang dipamerkan oleh Jonney Shih, Chairman Asus. Rangkaian perangkat tersebut adalah generasi ketiga dari portofolio smartphone Asus yang siap bertarung di 2016.

Keluarga Zenfone 3 ini mengedepankan Zenfone 3 Deluxe, flagship terbaru sang vendor yang mengandalkan keunggulan teknologi kameranya. Lalu ada Zenfone 3 mengemas desain premium dan memberikan performa terbaik buat konsumennya. Serta Zenfone 3 Ultra, smartphone yang diklaim powerful dengan dukungan layar 6,8 inci.

Asus ZenFone 3 Deluxe

asus zenfone 3 basic asus zenfone 3 deluxe front aAsus mengklaim seri ini sebagai smartphone full logam pertama yang menggunakan desain antena tak terlihat. Zenfone 3 Deluxe yang merupakan flagship keluarga Zenfone 3 ini memiliki konstruksi unibodi dari bahan aluminium alloy ringan. Memiliki penampang belakang yang ‘bebas’ dari garis antena serta punya tepian dengan ketebalan hanya 4,2mm.

ZenFone 3 Deluxe mengusung layar Super AMOLED seluas 5,7 inci pada resolusi Full HD (1920×1080 piksel). Sedikit disayangkan, karena flagship lain cenderung mulai menggunakan resolusi QHD. Tapi layarnya tampil maksimal berkat bezel ultra tipis yang menciptakan screen-to-body ratio 79%.

Di bagian jeroan, smartphone ini membenamkan chipset besutan Qualcomm paling mutakhir saat ini Snapdragon 820. Didukung dengan berbagai fasilitas terkini seperti pengolah grafis Adreno 530, modem LTE X12 terintegrasi dan dukungan RAM 6GB yang mampu menyuguhkan performa terbaik dan konektivitas ngebut. Tentunya nyaman buat membuka aplikasi, bermain game dan menikmati multimedia.

Sektor fotografi menjadi andalan smartphone ini berkat kamera dengan image sensor Sony IMX318 yang berkekuatan 23MP. Disokong lensa aperture besar f/2.0 dan optical image stabilization 4-axis. Asus mengklaim kameranya bisa memproduksi gambar resolusi tinggi, tanpa blur dan minim noise dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Tak hanya itu, Asus menyebutkan jika kameranya mendukung 3-axis electronic image stabilization untuk rekam video 4K UHD. Disandingkan teknologi PixelMaster 3.0 dan Asus TriTech autofocus system yang secara otomatis memilih laser generasi kedua, phase detection atau continuous autofocus sehingga menghasilkan foto akurat dengan kecepatan fokus hanya 0,03 detik.

Asus ZenFone 3 Deluxe punya sensor sidik jari yang diposisikan di belakang bodi. Lantas ada teknologi Quick Charge 3.0 yang bisa mempercepat waktu pengecasan. Tak ketinggalan port USB 3.0 Type-C, speaker dengan lima magnet, NXP smart amplifier serta dukungan Hi-Res Audio (HRA) untuk kualitas audio terbaik via headset.

Asus ZenFone 3

asus zenfone 3 basic 0 asus zenfone 3 basic blue
Perusahaan mengklaim ZenFone 3 sebagai smartphone yang mengemas spesifikasi terbaik di harga terjangkau. Didesain premium serta didukung performa papan atas, Zenzfone 3 mengantongi layar Super IPS+ 5,5 inci Full HD (resolusi 1920×1080 piksel). Bezelnya pun dibuat tipis dengan secren-to-body ratio 77%. Bodi depan dan belakang dilapisi kaca cembung 2.5D Corning Gorilla Glass.

Soal kamera, ZenFone 3 dibenami sensor 16MP disokong Asus TriTech autofocus yang mengkombinasikan laser generasi kedua, phase detection dan continuous auto focus. Seri ini adalah smartphone pertama di dunia yang dibenami dengan prosesor octa core Qualcomm Snapdragon 625. Keluarga Snapdragon 600 Series pertama yang dibuat dengan teknologi pemrosesan 14nm FinFET.

Chipset ini mengintegrasikan modem X9 LTE dan konektitvitas 802.11ac MU-MIMO Wi-Fi, grafis sekelas PC dan RAM 4GB yang mampu memberikan performa mobile cepat dengan efisiensi baterai nan optimal. Oh ya, Asus ZenFone 3 juga punya sensor sidik jari yang diposisikan di bodi belakangnya.

Asus ZenFone 3 Ultra

asus zenfone 3 ultraSmartphone ini didesain buat penggila multimedia mengemas layar seluas 6,8 inci pada resolusi Full HD (1920×1080 piksel). Asus ZenFone 3 Ultra adalah seri pertama yang didukung teknologi eksklusif Asus Tru2Life+ Video. ZenFone 3 Ultra juga dibenami dua speaker stereo bertenaga dengan lima magnet serta menyisipkan sebuah NXP smart amplifier. Jadi kualitas audionya tak diragukan lagi.

Jika kalian kerap memakai headset, seri ini didukung Hi-Res Audio (HRA) untuk pancaran suara optimal. Tak hanya itu, Asus ZenFone 3 Ultra adalah smartphone pertama di dunia yang mendukung virtual 7.1-channel surround sound dengan DTS Headphone:X.

Seperti ZenFone 3 Deluxe, smartphone ini dirancang sangat tipis dengan sasis unibodi full metal. Pada bagian layar, bezelnya memiliki rasio 79% terhadap bodi. Soal kamera, ZenFone 3 Ultra disuntik sensor 23MP dengan Asus TriTech autofocus system seperti ZenFone 3 Deluxe.

Dapur pacunya dibenami dengan prosesor octa core Qualcomm Snapdragon 652, GPU Adreno 510 dan RAM 4GB. Agak berbeda dengan kedua saudaranya, smartphone ini menanamkan sensor sidik jari di bodi depan. ZenFone 3 Ultra disutik baterai berkapasitas besar 4600mAh yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna multimedia. Sebagai pelengkap seri yang bisa mengecas cepat dengan teknologi Quick Charge 3.0 ini juga bisa berfungsi sebagai powerbank dengan output 1.5A.

Harga jual ketiga smartphone ini bisa dibilang kompetitif dengan Asus ZenFone 3 pada 249 dolar AS setara IDR 3.486.000 (kurs 14000) , Asus ZenFone 3 Deluxe seharga 499 dolar AS atau IDR 6.9896.000 dan Asus ZenFone Ultra dibanderol 479 dolar AS atau IDR 6.706.000.