Bagaimana sebenarnya lanskap pengguna internet di Indonesia? Laporan terbaru dari We Are Social ini mengungkapkan data terbaru aktivitas digital di Tanah Air.

 

ArenaLTE.com – Indonesia memang serba besar di ranah digital, sebut saja untuk pengguna Facebook, Indonesia berada diurutan tiga besar setelah Amerika Serikat dan India. Begitu pun dengan pertumbuhan pengguna ponsel di Indonesia (281 juta) yang telah melebihi jumlah populasi penduduk (251 juta). Dan masih ada sederet predikat fantastis lain yang disematkan pada perilaku berinternet orang Indonesia. Tapi bagaimanana perbandingan pengguna internet dan social media di Indonesia bila dibandingkan dengan rata-rata global?

Lembaga marketing dan digital PR We Are Social telah merilis hasil risetnya yang menarik untuk dicermati. Selain memotret pergerakan tren digital global. We Are Social yang bermarkas di Singapura secara khusus juga merekam aktivitas penggunaan internet dan social media di Asia Tenggara selama periode Q4 2015, dan pasti di dalamnya tercantum nama Indonesia.

digital-indonesiaDisebutkan dalam paparannya di wearesocial.sg (23/11/2015), bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai level 34 persen, ini dibandingkan dengan jumlah total populasi penduduk. Masih lebih rendah dari Filipina dan Vietnam yang masing-masing 46 persen dan 50 persen. Sementara posisi Indonesia berada satu level diatas Kamboja yang ada di level 32 persen. Sedangkan untuk rata-rata global ada di level 45 persen. Parameter ini kerap disebut sebagai tingkat penetrasi.
Baca juga: Menurut Data Akamai, Koneksi Internet Indonesia Ranking 116 dengan Kecepatan Rata-rata 2,4Mbps

Lantas untuk tren social media, posisi Indonesia pas dibawah level rata-rata yang 31 persen. Lagi-lagi penetrasi social media di Vietnam dan Filipina masih jauh lebih besar, yakni masing-masing 47 persen dan 40 persen.  Rata-rata untuk di Asia Tenggara ada di level 37 persen. Yang menarik dari ulasan We Are Social, tersebut jumlah pengguna Facebook di seluruh Asia Tenggara mencapai 230 juta, dengan 200 juta diantara pengguna yang mengakses lewat ponsel.

Secara khusus lagi, We Are Social merangkum hasil temuannya tentang Indonesia, dimana sampai Q 2015 jumlah total penduduk disebut mencapai 255,5 juta, untuk pengguna internet aktif ada 88,1 juta, pengguna aktif social media total ada 79 juta, sedangkan pengguna aktif social media lewat jalur ponsel mencapai angka 67 juta. Secara keseluruhan, jumlah pengguna layanan seluler di Indonesia sudah mencapai 318,5 juta.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai lanskap digital di Asia Tenggara, simak materi di bawah ini: