ArenaLTE.com – Di era perkembangan teknologi yang semakin maju pesat, anak-anak pada masa sekarang sudah mulai memiliki gadget mereka sendiri walaupun masih dalam pengawasan orang tua. Gadget yang terkoneksi internet memiliki beragam informasi dan konten yang dapat memberikan efek negatif atau positif. Oleh karena itu sebagai orang tua, kita harus berhati-hati dan selalu mengawasi aplikasi apa saja yang diunduh dan dimainkan oleh anak-anak kita.

Baru-baru ini, Qajoo studio, developer lokal aplikasi dan games meluncurkan aplikasi dan games anak melalui mini games CERI (Cerita Rakyat Indonesia) “Let’s Play bersama Tupai” yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store. Games anak ini dikemas menjadi sebuah permainan yang menyenangkan dan sederhana yang dapat membantu si anak belajar sambil bermain. Sehingga kita sebagai orang tua dapat memberikan pembelajaran dan juga dapat membangun interaksi personal dengan anak-anak sambil mengamati mereka bermain.

games anak CERI

Games Anak CERI Berisi Lima Games

“Let’s Play bersama Tupai” merupakan mini games anak Cerita Rakyat Indonesia yang menyuguhkan lima permainan sederhana yang akan membuat kegiatan belajar sambil bermain menjadi semakin menyenangkan. Lima permainan yang ada di dalam game ini terdiri dari permainan menghubungkan titik berwarna, memasukan buah kelapa ke dalam keranjang, berlayar dengan perahu kelapa, menyingkirkan benda-benda untuk dapat melanjutkan perjalanan, dan membantu ikan-ikan lucu untuk mencari makan.

Mini games anak ini membantu anak-anak melatih ketajaman visualisasi dalam mengenal warna dan melatih gerakan kinetis tangan anak. Dengan desain yang colorful diiringi latar musik yang menyenangkan, anak-anak tidak akan mudah bosan sehingga dapat bermain sekaligus belajar. Ditambah dengan adanya pilihan dua bahasa yang disediakan, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, anak-anak dapat sekaligus mempelajari bahasa baru.

games anak CERIMini games anak “Let’s Play bersama Tupai” ini juga dapat membantu merangsang perkembangan otak anak baik secara verbal, seperti mengikuti Tupai berbicara, maupun non verbal seperti menggerakan jari tangan saat bermain. Dalam setiap permainan, karakter lucu si Tupai akan memberikan petunjuk dan instruksi untuk anak agar dapat menyelesaikan game ini dan mendapatkan bintang ajaib. Misalnya, si anak harus menghubungkan titik-titik berwarna untuk dapat membentuk suatu benda sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh si Tupai.

Ariel Widjaja, CCO (Chief Creative Officer) Qajoo studio melalui keterangan tertulis yang diterima ArenaLTE.com mengungkapkan bahwa aplikasi mini games anak Cerita Rakyat Indonesia ini dapat membantu melatih cara berpikir si anak sehingga menjadi lebih cepat tangkap. Beberapa karakter yang ada di dalam buku cerita digital CERI sebelumnya ‘Kancil dan Buaya’, juga akan ditampilkan di dalam aplikasi ini.

games anak CERISebelumnya Qajoo Studio juga meluncurkan empat aplikasi mobile buku cerita digital CERI (Cerita Rakyat Indonesia) yaitu Kancil dan Buaya, Bawang Putih dan Merah, Lutung Kasarung juga Tupai dan Ikan Gabus. Karakter Tupai sendiri dibuat sama dengan karakter dalam buku cerita digital CERI yang berjudul Tupai dan Ikan Gabus.”Aplikasi dan Games Anak ini sangat cocok dimainkan oleh anak-anak berusia 4 – 7 tahun dan dapat menjadi bagian dalam proses perkembangan anak-anak dan memudahkan para orang tua dalam memberikan pembelajaran”, pungkas Ariel.