ArenaLTE.com – Sistem operasi (OS) Android kini sudah masuk dalam tahap pembaharuan, OS mobile yang dikembangkan Google tersebut kini sudah resmi berjuluk Android Nougat atau Android 7.0. Meski datang dengan beragam pembaharuan, namun sebenarnya ada beberapa kendala yang masih dirasakan pengguna dalam OS versi terbaru ini. Untuk itu, sebelum melakukan upgrade sistem pada perangkat Android sebaiknya pengguna perhatian hal berikut ini.

Dilansir dari laman Phonearena, sebuah postingan dalam laman Android Developers Blog seorang software engineer Google yang bernama Sami Tolvanen, mengungkapkan bahwa perangkat yang akan dijual dengan bundling langsung OS Android 7.0 Nougat akan memiliki sedikit kesulitan untuk melakukan booting karena harus melakukan verifikasi dengan ketat.

Sistem verifikasi yang dilakukan saat pertama kali booting tersebut, kerap disebut memang akan menimbulkan masalah seperti salah satunya membuat sistem menjadi lama untuk dioperasikan. Sejak Android 4.4 KitKat, verifikasi dalam OS ini memang sudah didukung dengan sistem verifikasi meskipun hal tersebut opsional dilakukan. Pasalnya, kernel dalam sistem operasi diungkapkan harus melalui verifikasi untuk memastikan rookit tidak berpotensi membahayakan keamanan perangkat.

Selain Android KitKat, pada seri Marshmallow sebenarnya juga telah mengintegrasikan sistem verifikasi ini, namun tidak berlebihan.  Tetapi, pada Android 7.0 Nougat integritas boot system check diinformasikan semain ketat, bahkan memungkinkan perangkat tidak akan melakukan boot jika dalam keadaan hang atau file sistem terjadi korup.

Disisi lain verified boot disebut para developer memang merupakan langkah yang tepat, karena bisa menjadi langkah besar perihal keamanan perangkat Android. Namun sayang, ada sisi negatif dari penerapan tersebut karena kemungkinan file corrupt akan terjadi, atau hal lainnya seperti hardware yang kemungkinan akan mengalami crash namun produk tidak bisa lagi melakukan booting di Android N.

Selain hal tersebut, Android Nougat juga disebut akan sulit untuk menambah atau meng-install ROM kustom di dalam perangkat.