ArenaLTE.com – YouTube telah mengumumkan hadirnya fitur virtual reality (VR) lewat perangkat Google Cardboard untuk OS Android. Konten video yang ada di dalamnya kini bisa ditonton menggunakan headset virtual reality Cardboard. Video tersebut dapat dinikmati dengan pengalaman seperti melihat video 360 derajat apabila pengguna memakai Google Cardboard.

Namun, tidak semua video dapat dilihat sebagai video virtual reality. Hanya video tertentu seperti Hunger Games Experience atau TOMS Shoes Giving Trip yang bisa dinikmati ke dalam video 360 derajat. Selain dua video tersebut, terdapat beberapa pilihan video lain yang juga mendukung tayangan video virtual reality.

Dikutip dari Reuters.com, pengguna disebut dapat merasakan pengalaman menonton video virtual reality dengan cara menekan ikon Cardboard pada tombol tiga titik. Setelah itu, tampilan video akan terpecah menjadi dua. Namun, ketika disaksikan dengan Google Cardboard, video tersebut akan terlihat menyatu dan memperlihatkan tayangan video yang luar biasa seperti sedang menyaksikan video 360 derajat dari perangkat VR.
Baca: YouTube Red, Sajian Premium Nonton Video Bebas Iklan

Tak hanya itu, pembaruan aplikasi YouTube ini juga memungkinkan pengguna dapat menonton virtual movie apapun di YouTube, tapi syaratnya kembali lagi, harus mengenakan Google Cardboard terlebih dahulu. Fitur VR video ini memberikan sensasi tersendiri, sehingga apa yang disaksikan seolah menjadi hidup.