ArenaLTE.com – Hampir lima tahun silam, tepatnya pada 11 Oktober 2011 industri telekomunikasi Indonesia mengalami goncangan besar. Musababnya adalah peraturan pemerintah lewat BRTI yang berisi larangan penawaran SMS konten premium. Larangan tersebut keluar setelah banyaknya keluhan dari masyarakat yang merasa pulsa tersedot karena ring back tone (RBT).

Semenjak itu, perusahaan penyedia konten (content provider) seperti mati kutu. Banyak yang berguguran dan hanya menyisakan sedikit saja pemainnya. Kontribusi pemasukan operator dari bisnis VAS (value added service)-pun merosot drastis. Hingga bertahun-tahun kemudian upaya menghidupkan kembali nada sambung atau RBT ini terus digalakkan. Namun popularitasnya seolah kian tenggelam. Terlebih dengan hadirnya berbagai layanan music streaming dan full digital dowload serta masih maraknya pembajakan, RBT kian hilang pamornya.

Namun upaya itu seolah tak pernah padam. Seperti yang hari ini dilakukan oleh XL Axiata yang berupaya mengemas ring back tone dengan konsep baru. Layanan baru yang dibei nama “Mood Music” ini lahir karena masukan dari pelanggan dengan konsep nada tunggu baru, yang lebih unik dan fleksibel. Pelanggan XL sebenarnya sudah bisa menikmatinya sejak 1 Desember 2015 lalu, namun baru diumumkan secara resmi pada hari ini (12/1/2016).

Menurut Chief Revenue Management Officer XL, M. A. Ali, era digital telah melahirkan berbagai produk layanan digital yang bersifat entertainment. Namun pelanggan masih ada yag mencari RBT sebagai ‘status’ pada penanda nada tunggu telponnya. Ia mengungkapkan hingga saat inipun, ring back tone masih saja sebagai layanan VAS yang banyak diminati. “Berdasarkan usulan dan ide para pelanggan pula layanan inovatif ini bisa kami hadirkan,” ujarnya.

MoodMusic_4XL MoodMusic adalah layanan nada tunggu di mana pelanggan dapat mengekspresikan mood atau perasaannya melalui musik nada tunggu langsung di ponselnya. MoodMusic mempunyai fitur unggulan, antara lain pelanggan dengan bebas bisa mengganti sendiri lagu-lagu sesuai dengan mood-nya. Sehingga penelpon bisa mendengar dan ikut merasakan mood yang dimaksud. Berbeda dengan nada tunggu lainnya, pelanggan bisa mengganti-ganti atau update lagu nada tunggu mereka tanpa biaya tambahan selama masa langganan.

Tersedia ratusan lagu pilihan yang sudah disesuaikan dengan berbagai macam mood pada layanan ini. Tidak ketinggalan, XL memberikan jaminan keamanan dengan Informasi yang jelas untuk tarif, periode dan benefit berlangganan di awal. Juga menerapkan kebijakan double confirmation serta memberikan informasi berkala melalui notifikasi mengenai cara penggunaan dan status layanan MoodMusic yang aktif.

Pilihan lagu yang tersedia dalam MoodMusic di kelompokan dalam 11 jenis mood. Untuk setiap mood tersedia ratusan pilihan  lagu yang sesuai yang akan dibaharui setiap pekannya. Jenis mood yang tersedia adalah Happy, Asik, Romantis, Semangat, Galau, Groovy, Bete, Hitz, Stress, Santai, Cool.

Layanan ini ditawarkan dengan mekanisme berlangganan. Selama masa promo berlaku gratis 30 hari pertama untuk pelanggan MoodMusic baru. Setelah masa promo berakhir, pelanggan bisa memilih tarif bulanan Rp 11.000/ 30 hari atau minggu Rp 5500/7 hari. Semua pelanggan XL, pra-bayar dan pasca bayar bisa mendapatkan layanan baru ini, begitu juga pelanggan AXIS. Untuk mengatur lagu yang diinginkan sesuai mood, bisa dilakukan melalui *123*555#

Dalam menyelenggarakan layanan MoodMusic ini, XL bekerjasama dengan Real Network Indonesia dan sejumlah perusahaan Label Musik sebagai penyedia konten. XL bekerjasama  dengan 18 partner Label Musik. Mereka antara lain adalah Musica, Trinity Optima, Sani Music, Universal Musik Indonesia, Aquarius, Warner Music Indonesia, GP Records, Pelangi, Ascada, juga Alfa Records.

Nah, apakah dengan diluncurkannya konsep baru ini bisa mengembalikan kejayaan ring back tone? XL tidak berupaya muluk-muluk untuk mengembalikan kejayaan RBT seperti dulu karena kondisinya sudah beda. Tapi menurut mereka, RBT ini tetap tahan banting dan memiliki basis pengguna setia.

“Hingga saat ini pelanggan RBT XL ada sekitar 2,5 juta pelanggan, dari total sekitar 9 juta pelanggan layanan VAS. RBT masih menjadi layanan VAS yang paling diminati dengan kontribusi sekitar 30-40%,” ujar Riza Rachmadsyah, VP Brand Management XL Axiata. Sebagai informasi pada kuartal ketiga 2015, pendapatan untuk layanan VAS mencapai Rp 700 Miliar.

Ia menambahkan, dengan moodmusic ini diharapkan XL bisa menambah pelanggan layanan VAS berbasis musik. Pihaknya optimis bisa mendongkrak 20-30 % pelanggan RBT untuk tahun ini. “Dengan diluncurkannya layanan MoodMusic ini, masih ada potensi untuk pertumbuhan itu,” pungkasnya.