XL dan Dekranas Kerjasama Bangun Toko Online Produk Kerajinan Nasional

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com – Operator berbasis GSM, XL Axiata, jalin kerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) mengenalkan sekaligus mengembangkan kerajinan hasil usaha para perajin Indonesia melalui layanan internet dan digital. Menurut kedua perusahaan layanan tersebut bisa dimanfaatkan XL dan Dekranas sebagai sarana yang strategis untuk promosi produk kerajinan nasional agar bisa lebih dikenal oleh pasar yang lebih luas, termasuk secara global.

“Pada era saat ini, pemanfaatan internet sangat diperlukan, karena dengan internet dan telekomunikasi digital para perajin dapat langsung mempromosikan dan memasarkan produk kerajinannya, tidak hanya dalam negeri tetapi juga ke luar negeri.” Ujar Hj. Mufidah Jusuf Kalla, Ketua Umum Dekranas, pada keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu (24/10/2015).

Menurutnya, kerja sama ini adalah sebagai apresiasi untuk pembelajaran, promosi dan pemasaran e-commerce bagi para perajin, dengan memanfaatkan internet dan teknologi bergerak (internet & mobile technology) dari mitra Sisternet dan Elevenia.

Sementara itu, Dian siswarini menandaskan, dengan visi pemerintah ke depan, XL telah berkomitmen kuat untuk ikut menyiapkan masyarakat menuju era digital. Kerjasama ini merupakan salah satu implementasi dari visi tersebut, di mana XL dan Elevenia siap untuk memfasilitasi para perajin di berbagai wilayah Nusantara dalam mengenalkan produknya ke pasar yang lebih luas, termasuk agar dikenal hingga ke manca negara.” Tambahnya.

Disela penandatanganan nota kesepahaman yang diselenggarakan di Jakarta, oleh Ketua Harian Dekranas, Hj. dr. Erni Tjahjo Kumolo dan Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, menjelaskan secara lebih detail, kerjasama ini mencakup penyediaan website www.dekranas.id , sosialisasi dan edukasi mengenai e-commerce atau pemasaran secara digital, pemasaran produk kerajinan melalui Elevenia, serta promosi melalui layanan mobile advertising dari XL.

Dengan adanya website yang lengkap dari sisi informasi, maka masyarakat luas Indonesia dan internasional akan bisa dengan mudah mendapatkan rujukan yang memadai mengenai produk kerajinan asli Indonesia yang berasal dari berbagai daerah. Situs juga diungkapkan sudah bisa dimanfaatkan mulai saat ini dalam versi desktop dan mobile.

Selain sebagai wadah informasi, pada website tersebut perajin akan mendapatkan akses untuk mendaftarkan diri dan memamerkan produknya dalam halaman profil para perajin. Halaman ini dapat selalu di-update dan menjadi semacam etalase bagi masing-masing perajin. Dengan demikian, masyarakat akan mendapat informasi mengenai produk kerajinan sekaligus pembuatnya. Selain itu, akan tersedia pula  daftar pemasok bahan sehingga memudahkan perajin menghubungi pemasok bahan bakunya.

Sementara itu, program sosialisasi dan edukasi pemasaran digital akan mendapatkan dukungan dari Elevenia dan Sisternet. Agenda dan materi pelatihan yang juga akan bisa diakses di website . Dengan demiakian, perajin dari berbagai pelosok daerah akan tetap bisa mendapatkan manfaat edukasi melalui website ini.

Rencana untuk program sosialisasi dan edukasi dimulai di tahun 2016 mengikuti program kerja Dekranas/ Dekranas Daerah yang disinkronisasi dengan agenda Elevenia dan program Sisternet. Elevenia akan ikut memberikan pelatihan mengenai pemanfaatan e-commerce sebagai wadah berjualan. Bahkan, perajin sudah bisa mendaftarkan diri menjadi penjual di Elevenia dengan mendaftar melalui situs www.elevenia.co.id.

Leave a Comment